Sahabat Blogger

Temanmu akan menggambarkan siapa kamu, maka pilihlah teman yang baik dan mari saling berbagi kebaikan.
Bagikan Artikel ini

Benar enggak sih, menulis menjadi hobi banyak orang? Apalagi kalau menulis buku diary? Kebanyakan mungkin perempuan ya yang punya buku diary di masa kecil? Lantas apa hanya kaum hawa yang tertarik untuk mengerti cara buat blog gratis dengan Blogger?

Jangan salah, ternyata laki-laki pun bisa tertarik, bahkan The founding Father of Personal Blogger adalah seorang laki-laki. Di Indonesia pun kak Endo dengan sebutan Bapak Blogger Indonesia, menjadi inspirasi dalam dunia blogging.

Awal mula punya blog, pada umumnya diisi dengan postingan curhatan yang mampu membuat pemiliknya mulai menikmati aktivitas menulis *ups ada proses healing kah di sini?

Lambat laun blog terbentuk bagaikan kebutuhan bagi para pemilik blog alias bloger. Nah sebelum lebih panjang berbicara soal blog, teman-teman apa sudah cukup paham apa itu blog dan bagaimana kita bisa memilikinya?

Apa itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi dari pemikiran satu atau beberapa penulis. Konten akan update berurutan dari terbaru hingga terlama. Awal mula blog di tahun 1994 oleh Justin Hall dengan jurnal pribadinya. Pada tahun 2004 ia dinobatkan sebagai The Founding Father of Personal Blogger oleh The New York Times Magazines, karena inisiatifnya dalam membuat jurnal online konten personal.

Di Indonesia blog mulai di populerkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001. Inisiatifnya dalam mengenalkan blog di Indonesia melalui artikel berjudul “Apa itu Blog” dan aktifnya Endo mensosialisasikan di media massa, membuatnya dikenal sebagai Bapak Blogger Indonesia di beberapa media massa, salah satunya adalah The Jakarta Post.

Endo memprakarsai pesta blogger di tanggal 27 Oktober 2007 yang juga di hadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh. Pada akhirnya Bapak Muhammad Nuh berinisiatif menyebut 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional di sambutan pembukaan acara. Hingga saat ini 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional dan dirayakan oleh para blogger di berbagai daerah.  

Menentukan Platform

Ada dua platform penyedia layanan blogging terbesar saat ini adalah Blogger dan WordPress. Kali ini Dewi akan menjelaskan cara buat blog gratis dengan Platform Blogger ya.

Baca juga yuk:

Blog gratis dari platform Blogger

Sebelum mendaftar di Blogger, pastikan sahabat telah memiliki akun google. Masuk ke halaman utama paltform blogger. Klik Masuk.

Kalau sahabat memiliki beberapa akun google silahkan dipilih salah satu. Akun google ini sebagai tempat untuk mengakses blog sahabat nantinya.

Kemudian teman-teman akan kembali ke menu awal, gambar utama. Klik Buat Blog.

Pada tahap pertama, sahabat akan diminta untuk melakukan konfirmasi profil. Setiap pengunjung datang ke blog sahabat, maka profil ini yang akan muncul, jadi tentukan profilmu sebaik-baiknya ya:)

Setelah mengisi profil, kita klik Lanjutkan ke Blogger. Dibagian kiri atas ada tulisan “buat blog baru.”

Tampilannya akan muncul seperti ini:

Bagian “Judul” silahkan teman-teman isi dengan kata atau kalimat singkat yang mearik, sebagai tema dari yang kalian inginkan. Judul ini menjadi niche sahabat setiap memposting artikel. Jika kalian menyukai menulis banyak hal, niche kalian bisa dikatakan lifestyle alias gado-gado, semua ada di blog sahabat. Beberapa bloger menyukai fokus pada satu niche misalnya: travelling, parenting, otomotif, dsb karena terlihat lebih memiliki segmen yang jelas.

Bagian “Alamat” ini adalah halaman yang akan diakses oleh pengunjung. Buat alamat yang sesuai dengan judul blog sahabat ya!

Seringkali saat kita memilih alamat akan muncul “maaf, alamat blog ini tidak tersedia” maka itu artinya, alamat blog yang sahabat tuliskan sudah dimiliki oleh banyak orang. Seperti contoh yang Dewi lakukan di atas tuh, alamat yang Dewi inginkan ternyata sudah ada yang punya. Lekas ganti ya, dan bersabarlah sampai menemukan alamat yang disetujui dengan kata “tersedia.” Dan pada akhirnya Dewi berhasil buat dengan nama unik naikturunkendaraan.blogspot.com klik langsung yuk untuk melihat tampilannya.

Horray …! Selamat ya teman-teman sudah punya blog baru nih dengan Platform Blogger!

Cara Posting Artikel

Sudah punya blog, jangan lupa isi postingan dengan artikel menarik ya. Caranya adalah sebagai berikut:

Klik Postingan di kiri atas menu. Lalu, klik tanda plus untuk postingan baru.

Mulailah menulis. Di bagian atas, yang Dewi tulis nomor satu adalah format teks dan pengaturan yang berhubungan dengan tulisan kita. Sedangkan dibagian kanan, yang Dewi tulis dengan nomor dua adalah format tampilan postingan dan pengaturan teknis dari artikel tersebut.

Label:

Label akan memudahkan kita untuk membuat keyword, sehingga artikel kita akan lebih mudah terbasa oleh google.

Permalink:

Permalink untuk mengaitkan web lain ke dalam postingan kita. Permalink ini yang sering diminta oleh klien dengan cara memberikan fee dari tulisan promosi yang kita buat.

Lokasi:

Jika sahabat ingin menampilkan lokasi kalian dalam menulis artikel. Kalau Dewi selama ini sih enggak munculin lokasi, supaya pembaca jadi penasaran lokasi Dewi dimana, hehehe….

Komentar pembaca:

Komentar bisa kalian setel nih postingan sahabat mau dikomentari pembaca atau enggak. Ada beberapa blogger yang menutup komentar ini loh. Mereka mungkin mau fokus menulis aja tanpa ada interaksi dua arah, ada juga ang bilang supaya blognya bebas dari julid netizen (bisa dipilih kok komentar yang diinginkan untuk terbit, dengan setelan komentar di moderasi terlebih dahulu). Ada pula yang dibuka untuk silaturahmi bahkan untuk melihatkan pada klien bahwa postingan tersebut aktif diakses oleh pembaca. Pilihan ada di teman-teman ya:)

Semua setelan di atas bisa di ubah di setiap artikel. Kalau sudah mulai menulis harus semangat untuk melakukan konsistensi menulis. Ada tipsnya di sini.

Tampilan Blog lebih Profesional

Sudah bisa menulis, sudah bisa posting artikel lalu bagaimana mau membuat blognya makin cantik?

Dari opsi sebelah kiri dashboard teman-teman bisa melihatnya satu-satu. Dewi ulas masing-masing ya.

Postingan:

Seperti yang sudah Dewi jelaskan di atas. Setiap kita menulis jangan lupa di simpan ya karena akan masuk ke draft. Jika tulisan telah tuntas, sahabat bisa langsung posting artikel dan akan masuk di bagian postingan diterbitkan.

Statistik:

Pada bagian ini untuk melihat pengunjung yang datang ke blog. Kita bisa melihat berapa jumlah pengunjung perhari, perbulan, bahkan rentang usia dan jenis kelaminnya.

Komentar:

Jika kita mengizinkan siapa saja boleh berkomentar pada artikel kita, maka pada kolom ini akan ada komentar yang sudah terbit dan juga komentar yang masih dimoderasi, kita pun bisa menghapus komentar. Namun sebaiknya jika komentar yang sudah terbit jangan dihapus ya karena akan mengganggu kesehatan blog kita.

Halaman:

Halaman adalah bagian dari suatu web/blog yang dibuat secara terpisah dan secara ketetapan, serta memiliki fungsi tersendiri, agar para pengunjung/pembaca dapat menelusuri bagian-bagian penting selain artikel dari blog tersebut.

Penghasilan:

Bagian menarik nih dari blog yang aktif dan banyak pengunjungnya akan memiliki penghasilan loh. Tentu blognya harus di daftarkan dahulu dengan Google adsense.

Tata Letak:

Sesuai dengan namanya, tata letak untuk mengatur posisi profil, arsip, komentar pengunjung dan sebagainya. Tata letak ini terbagi menjadi bilah sisi (atas, bawah), tajuk, halaman, tombol pencarian, dan sebagainya.

Tema:

Saat membuat blog pertama kali kita bisa memilih tema yang dinginkan. Tema ini kita umpamakan adalah baju dari blog kita. Kita bisa melihat berbagai macam tema, idealnya penggantian tema ini minimal dilakukan enam bulan sekali.

Setelan:

Setelan adalah tampilan awal saat kita membuat blog baru. Kita bisa mengeditnya kembali.

Review

Sahabat blogger … sudah semakin paham atau masih bingungkah?

Kalau sahabat masih pemula di dunia blogging enggak ada salahnya memulai buat blog dengan Platform Blogger, karena pada platform ini menurut Dewi lebih mudah digunakan.

buat-blog-gratis-platform-blogger

Kalau masih bingung email Dewi saja, karena Dewi buka kelas privat dan umum. Tenang harga bersahabat kok *khusus pembaca ya.

Nah sahabat, sudah semakin mengenal Blogger deh sekarang. Mau coba buat blog dengan Platform WordPress? Platform ini sedang naik daun loh!

Beberapa bloger migrasi ke wordpress katanya nih, karena secara tampilan bisa lebih wow. Beneran? kalau Dewi bilangnya sih yes, karena di wordpress kita bisa buat rangka sendiri dengan plug in gtertentu. Dengan demikian, kita bisa eksplor lebih jauh tampilan halaman atau artikel yang kita inginkan.

Nantikan Dewi ulas cara pembuatan blog gratis dengan WordPress ya sahabat!

Dengan blog kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan, misalnya menambah pertemanan, meningkatkan kemampuan menulis bahkan mendapatkan penghasilan.

Sebelum mendapat keuntungan pasti harus berusaha mencapai target blogging terlebih dahulu dong.

Kita perlu merawat blog kita salah satunya dengan memahami Bagaimana cara menaikkan DA blog kita. Semangat blogging di blog baru ya sahabat.

Salam,

Dewi Adikara.

Referensi:

Gambar: dokumentasi pribadi.

Google, Support. 2020. menambahkan halaman ke blog. https://support.google.com/blogger/answer/165955?hl=id diakses pada 30 mei 2020

Niaga hoster. 2018. Pengertian Blog Beserta Jenis, Fungsi, dan Contohnya. https://www.niagahoster.co.id/blog/blog-adalah/ diakses pada 30 mei 2020

%d blogger menyukai ini: