Sahabat Blogger

Temanmu akan menggambarkan siapa kamu, maka pilihlah teman yang baik dan mari saling berbagi kebaikan.
Bagikan Artikel ini

Cara membuat Blog – Sahabat, sudah sering dengar kata blog? atau sahabat lebih familiar dengan kata website? memang ada bedanya enggak sih?

Sebelum Dewi ngobrol tentang cara membuat Blog, Dewi mau cerita dulu ya, apa sih bedanya Website dan Blog.

Website

Dari laman situs dewaweb, Website adalah kumpulan informasi yang biasa diakses melalui internet. Setiap orang di berbagai tempat dan segala waktu bisa menggunakannya selama terhubung secara online di jaringan internet. Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan filenya saling terkait antara satu dengan yang lainnya.

Website tergabung dalam suatu domain atau subdomain tertentu. Website-website tergabung dalam World Wide Web (WWW) internet. Website memiiliki berbagai fungsi mulai dari sarana Informasi, sarana hiburan, jual-beli, dan juga untuk blog.

blog

Blog

Blog adalah bagian dari fungsi dari website. Blog berisi tentang konten-konten yang selalu update dalam rentang waktu tertentu. Sifat dari blog lebih dinamis karena selalu update. Konten yang berada dalam blog biasanya tentang artikel menarik, bermanfaat, bahkan sebagai opini atau catatan pribadi seseorang.

Meskipun demikian, banyak brand ternama yang mempunyai blog sendiri sebagai cara untuk membentuk brand perusahan dan juga mengarahkan pembaca ke pembelian produk.

Jika kita membuat blog selain membutuhkan keahlian mengolah blog dan konten, kita juga harus menyediakan budget khusus secara tahunan untuk mengelola blog. Namun jika brand tidak memiliki cukup waktu, lalu dana lebih banyak untuk proses bahan produksi, tak ada salahnya menggandeng blogger untuk menjadi tim ahli dalam meningkatkan promosi produk dan jasa, sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk.

Salah satu cara untuk mendapatkan pemasaran lebih hemat, para brand/seller/dropship/reseller bisa join di https://dewiadikara.com/

Blog dewiadikara.com dibentuk untuk memfasilitasi para pedagang untuk memasarkan produknya tanpa harus memikirkan bagaimana mengelola update konten. Mereka pun tidak perlu memikirkan biaya perawatan blog yang harus rutin dilakukan setiap tahun.

Klik di sini untuk lebih mendalam: Cara mendaftar produk dan jasa di dewiadikara.com

Tampilannya menarik banget!

Kita kembali ke topik utama dulu ya, yaitu: Cara membuat blog.

Jika sahabat memang sudah siap budget khusus dan siap belajar dunia blogging, yuk kita lanjutkan.

Ada tiga langkah untuk membuat blog.

Baca juga: Cara buat blog gratis dengan Platform Blogger

Tiga langkah cara membuat blog:

1.Memilih CMS

Ada berbagai CMS (Content Management System). CMS biasa dikenal dengan platform. Ada berbagai platform seperti WordPress, Joomla, Drupal dan Blogger. Namun, kali ini Dewi bahas yang paling populer di peringkat pertama yaitu WordPress.

Dewi sarankan sih kita memilih platform yang populer karena memiliki komunitas yang kuat dari seluruh dunia. Platform ini pun mudah digunakan oleh pemula, dan digemari semua kalangan karena kita sangat fleksibel dalam memodifikasi blog.

Baca juga: Perbandingan WordPress dan Blogspot

2.Menentukan Domain dan Hosting.

Nama domain sangat penting saat sahabat akan membuat website. Sebaiknya membuat nama yang unik dan sesuai dengan isi website. Biasanya domain dapat dibeli sepaket dengan jasa hosting, seperti .com .id.net dan lainnya.

Budget yang kita siapkan sekitar 300-400 ribu pertahun. Namun jika anda ingin lebih hemat, bisa membeli domain saja. Artinya hostingnya nisa menggunakan yang gratis seperti wordpress.com atau blogspot.

3. Konfigurasi Website

Pada umumnya provider hosting yang bagus sudah menyediakan username dan password. Sehingga kita bisa langsung masuk ke CMS dari website.

Kita dapat melakukan instal konfigurasi tambahan sesuai keperluan. Cobalah cari referensi plugin yang bagus buat CMS site Anda dan pilih theme yang responsif.

Nah ketiga hal itu yang perlu teman-teman ketahui untuk membuat blog. Bagaimana kalau mau posting artikel? Simak di tulisan Dewi lainnya di kategori blogging ya.

Salam,

Dewi Adikara

%d blogger menyukai ini: