Sahabat Blogger

Temanmu akan menggambarkan siapa kamu, maka pilihlah teman yang baik dan mari saling berbagi kebaikan.
Bagikan Artikel ini

Cara Optimasi Twitter mungkin tidak semenarik dengan optimasi media sosial lainnya. Namun, jangan salah. media sosial yang satu ini mulai banyak dilirik oleh sebuah brand. Bahkan tak jarang kita bisa mendapatkan cuan-cuan dari media sosial ini, dari pada menggunakannya hanya sebagai sambat atau nyampah (istilah beken zaman old).

Cara Optimasi Twitter sangat dibutuhkan interaksi antar penggunanya. Dimana ada tempat tersendiri bernama Optimasi Twitter. Jika mau, teman-teman bisa DM di twitter Dewi @pryta_dewi

Pada tempat ini, terdapat tim Optimasi Twitter yang memiliki nama panggung, agar semakin semangat bersinergi sesuai dengan namanya masing-masing.

Mereka adalah 4S dan GATOT yaitu:

  1. Syantikjudge yang bertugas menegakkan aturan, kedisiplinan,
  2. SyahriOptima yang bertugas mengawal droplink,
  3. SweetQoty yang bertugas dalam meramaikan Giveaway.
  4. Saya sendiri sebagai SangDewiCEO creative founder Optimasi Twitter.

Sedangkan, GATOT adalah GiveAway Talent Optimasi Twitter. Talent di sini adalah mereka yang sudah berpengalaman bahkan selebtweet twitter

Well, sebelum lanjut ke cara optimasi twitter, yuk kita tengok dulu sebenarnya apa sih tujuan adanya Optimasi twitter?

Tujuan adanya Optimasi Twitter

Membuka kebiasaan baru bagi para penggerak media sosial.

Twitter mulai dilihat oleh brand untuk mempromosikan produk mereka, bahkan menjadikannya trending topic di twitter. Sebuah pintu rezeki baru nih bagi banyak kalangan khususnya blogger.

Twitter tidak seperti media sosial lainnya yang bisa dengan mudah melakukan serangan like, komen atau follow puluhan akun. Namun harus dengan trik dan pergerakan yang tidak terbaca spam. Tentu kami lakukan agar “bersinergi dalam twitter” di Optimasi Twitter.

Apa saja sih yang dilakukan untuk Optimasi Twitter?

1.Melakukan aktivitas cuitan.

Cuitan ini tidak harus melulu dengan materi yang berat-berat. Asalkan teman-teman rajin update status secara manual, twitter teman-teman bakal disukai oleh media sosial ini.

Cuitan kita sebaiknya dilakukan dengan statement yang baik. Karena bagaimanapun semua cuitan kita menggambarkan diri kita di kalayak umum. Kalau brand memandang kita kurang baik, bagaimana mungkin mau bekerjasama?

Cuitan ini disebut juga UTAS.
Buatlah utas yang menarik Misalnya kita bagai jurnalis amatir yang membagikan hal-hal menarik yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa juga dengan lawakan-lawakan receh, atau membuat thread. Kedua hal ini masih menjadi cuitan yang paling seru untuk menarik perhatian warga Twitter.

2.Berkunjung ke akun warga tweeps lainnya.

Media sosial sekarang sudah menjadi salah satu cara untuk bersilaturahmi. Apalagi zaman pandemic yang membuat kita terbatas untuk bepergian bahkan untuk sekadar meet up. Berkunjung ke akun warga tweeps lainnya dengan cara membuat like, RT atau membalas komentar sangat disukai oleh twitter.

Enggak hanya twitter sih yang suka, pemilik akun pun dijamin senang mendapatkan silaturahmi.

Nah, jadi netizen yang baik ya!
Saling ReTweet merupakan bentuk kolaborasi yang baik untuk menaikkan engagement satu sama lain.

Selain Follow dan Retweet, kita juga bisa mention akun Twitter lain dan menggunakan hashtag yang relevan.

Bisa juga kita menggunakan hastag Trending untuk menaikkan nilai engagement.

3.Tidak melakukan aktivitas yang seperti robot atau spam.

Bersilaturahmi sangat baik dilakukan, tapi bukan berarti bisa langsung like dua puluh akun sekaligus. Aktivitas yang seperti ini malah bisa jadi spam. Twitter bakalan memandang kita sebagai akun yang harus dipantau nih!

Kalau keseringan melakukan aktivitas layaknya robot, seperti follow puluhan akun, like puluhan akun. Alhasil, bakalan di-suspend deh!

Boleh melakukan aktivitas ini tapi dengan jeda waktu, dan biasakan akun twittermu aktif dengan cuitan setiap hari.

4.Cuit otomatis.

System otomatis itu apaan sih? Itu loh, yang biasanya digunakan seseorang untuk menjembatani rasa “lupa” atau “sibuk” hihihi …
Ada sih, yang system otomatis cuit berasal dari blog. Jadi biar sekali kerja posting artikel, juga bisa langsung disebarkan ke media social. Aplikasi ini sebenarnya sangat membantu sekali, namun jangan sampai cuitan otomatis itu merajai aktivitas cuitan teman-teman di twitter ya.

Memang tujuan cuitan otomatis itu agar mempermudah kita dalam melakukan update status saat sedang berhalangan, namun itu bukanlah kegiatan update status yang utama.

Bagaimana pun system robot akan terbaca oleh twitter. Kita perlu menyeimbangkannya dengan cuitan di luar cuitan otomatis tersebut.

Sahabat, juga bisa menggunakan cuit terjadwal yang disediakan oleh twitter. Rasanya ini akan lebih aman.

5.Upload foto 4 buah dalam 1 tweet.

Setiap tweet kita bisa mengupload hingga 4 foto seperti album. Fitur ini sangat membantu kita yang ingin menginformasikan beberapa foto dalam sekali tweet.

Untuk kita yang berjualan online dengan twitter, manfaatkanlah fitur ini sehingga tidak perlu lagi kerepotan upload foto satu per satu di twitter.

6. Buat Thread

Saat membuat thread di Twitter, gunakan kata-kata yang mengundang orang untuk ingin melanjutkan membaca.

Memberikan foto di awal cuitan dapat menarik secara visual seperti memberi cover pada sebuah buku.

Selain kita membuat thread, kita pun aktif membalas komen pada thread orang lain.

Maksimalkan juga fitur Retweet with comment untuk membangun interaksi sehingga terasa dekat dengan pembuat thread.

7.Adakan GA atau menjadi sponsor

Siapa yang tidak suka hadiah GA?
Kalau kalian tidak mau ribet dengan ongkir atas hadiah GA, coba deh dengan hadiah GA saldo. Dewi lekatkan kebiasaan GA ini di Bio loh. Ini menjadi daya tarik sendiri bagi warga tweeps.

Di twitter dengan hadiah saldo digital cukup popular loh!

Dengan melakukan GA rutin berhadiah, membuka peluang bertambahnya followers baru. Mereka pun bisa betah untuk tetap follow akun kita.

Selain mengadakan GA, sesekali kita berkolaborasi dengan akun lain untuk menjadi sponsor.

Dua aktivitas ini sangat efektif untuk menaikkan followers.

Jangan lupa selalu buat konten menarik selama masa mengadakan GA dan sponsor.

8.Download superpower for twitter

Aplikasi ini untuk mendapatkan real followers. Jadi teman-teman bisa memfollow dengan cara otomatis.

Kita bisa memilih jeda waktu dan jumlah serta akun dengan kategori yang diinginkan lalu tunggu mereka follback (kalau akun kamu baru sebaiknya jangan langsung banyak, maksimal 50 perhari).

Kalau kalian aktif berinteraksi di twitter setiap hari. Kalian bisa melakukan follow hingga 100 akun perhari dengan per 20 detik.

Cara ini kita lakukan sebenarnya dengan harapan mereka akan follow kita. Jadi benarlah yang kita dapatkan nantinya adalah followers asli bukan robot.

Baca juga:

9.Upload foto klik bait dan Tag teman

Tweet dengan gambar klik bait cenderung lebih menaikkan engagement, karena secara visual lebih menarik dan bisa memancing audiens untuk memberikan respons.

Saat upload foto, kita juga bisa melakukan tag ke beberapa teman yang berbeda.

Kita bisa mengurangi jumlah karakter yang digunakan untuk mention seseorang dan cukup melakukan tag saja. Daripada mention orang satu per satu kan. Namun, pastikan teman tersebut tidak keberatan untuk di tag.

10. Mention

Lakukan Mention akun teman, selebtweet atau public figure.

Mention dengan kalimat positif atau pujian membuka peluang balasan like bahkan komen dari mereka.
(Eh tapi inget ya, jgn sampe bikin berabe dengan cuitan yang bikin pasangan jealous. Bisa-bisa abis cuit dikeplak pasangan😂).

Intinya kalau mention kalian kreatif dan positif pastinya akan mengundang engegament yang bagus.

11.Hastag

Untuk membuatnutas gunakan kata kunci yang sering dicari oleh orang-orang.
Kita juga bisa mengikuti hastag yang sedang trending.

Jangan lupa pastikan hastag itu memiliki kualitas makna yang baik, karena bagaimana pun cuitan kita akan memiliki makna sendiri pada followers kita.

12. Optimasi Twitter dengan sistem Affiliasi

Masih jarang yang mencoba twitter untuk bisnis affiliate.

Namun, menjalani bisnis ini di twitter tentu harus dengan trik yang tepat. Pastikan melakukan proses affiliasi dengan hardselling dan kontak langsung dengan pencari produk di kolom pencarian (misal looking for …).

13.Minimalis dalam menghapus cuit.

Tweet di Twitter tidak bisa diedit, namun hanya bisa dihapus.

Jadi, pastikan konten tweet sudah siap, gambar sudah menarik, ataupun link blogpost sudah oke sebelum diposting. Sebisa mungkin kita meminimalkan dalam menghapus cuitan, khususnya cuit yang bekerja sama dengan klien. Kalau pun mau dihapus, pastikan kembali pada klien kita.

Sebenarnya jejak cuit kita bisa jadi pengalaman berharga juga loh bahwa kita pernah bekerja sama dengan brand tertentu.

Pastikan pula cuitan kita yang terdahulu tidak berlawanan dengan cuitan kita yang sekarang. Misalkan kita bekerjasama dengan produk A, dua bulan lagi dengan kompetitor dari produk A. Kurang etis bukan untuk dilihat?

Materi Optimasi Twitter sudah siap, sekarang mari bersama teman-teman Optimasi Twitter yang bersinergi yuk!

optimasi akun twitter

Nantikan tulisan Dewi selanjutnya yaitu Personal Branding di twitter dan Manfaat Twitter bagi Blogger.

Salam,
Dewi Adikara

%d blogger menyukai ini: