healthy life style

7 Tips Sehat dari sahabat Healthy Lifestyle

Bagikan Artikel ini

Perlu baca cerita 7 Tips sehat dari sahabat Healthy Lifestyle? kalau saya bilang perlu, karena Mereka adalah orang-orang yang mengatur pola makan dan juga berusaha bertahan dalam pola hidup sehat. Mereka adalah saksi dari setiap makanan sehat yang mereka buat dengan tangan mereka sendiri, Masakan Rumahan.

Siapa yang ingin hidup Sehat? Yakin deh semua pada jawab “Saya…”. Dan seringkali kita mendoakan orang-orang tercinta kita selalu sehat. Hidup di Jaman Now mau jadi orang sehat itu susah-susah gampang, kenapa? Karena sekarang makanan apapun mudah didapat, tinggal pilih sesuai kebutuhan lidah dan tidak perlu menunggu musim. Apalagi yang hobi travelling, bisa jadi jarang makan masakan rumah. Lah boro-boro hobi travelling, yang kerja berangkat pagi pulang malam juga sering beli makanan diluar kan yah? kecuali yang bontot (seperti saya dulu dari kecil sampe kerja selalu bontot). Tapi memang cheating itu kerap kali terjadi disaat insting ingin makan ini itu melanda.

Baca Juga : 21 hari gaya hidup sehat

Kuliner makanan itu saya katakan susah-susah gampang karena kita harus pintar memilih tempat seperti apa yang bisa kita kunjungi, makanan seperti apa yang perlu kita makan. Bahkan minuman yang menjadi pendamping makanan perlu kita ketahui. Kebersihan pada makanan dan tempat makan perlu kita perhatikan agar kita bisa tetap sehat dijauhkan dari penyakit perut atau penyakit lainnya. Dalam rangka mengapresiasi teman-teman yang membuat Masakan rumahan, saya membuat challege foto masakan rumahan agar bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Kalau mau kepoin silahkan meluncur ke instagram lalu search hastag #fcmasakanrumahan

Saya ucapkan “Selamat bagi para pemenang kontes foto Masakan Rumahan” semoga fotonya bisa menginspirasi kawan-kawan lainnya, untuk hidup lebih sehat dengan memasak masakan rumahan.

Hello, Kali ini ada 2 tema foto yg diadakan. Yakni; . 1. Seluruh peserta Harus mencantumkan Caption: “Tema “Healthy Lifestyle” adalah salah satu Kumpulan Tips menarik di www.sahabatblogger.com” . . Tema: Masakan Rumahan, makanan yah, bukan minuman … . . Hadiah: pulsa gratis Harus follow @melani_pryta_dewi Mention 3 tmn, mention @fotocetar dan sponsor, hastag #fotocetarbingits #fcmasakanrumahan . . 2. Tema Foto Flatlay dg tema Bebas. . . Hadiah; pulsa total 100rb buat 3 pemenang (50rb buat pemenang utama, 25rb buat 2 pemenang hiburan) . . Harus follow; @therealnonik Mention 3 tmn, mention @fotocetar dan sponsor, hastag #fotocetarbingits #fcflatlayfree . SYARAT; . Foto jepretanmu sendiri, bukan kolase, tidak diberi frame, kcl warna putih polos, maksimal upload 3 foto . . . ✔ Ajak 3 temen IG kamuh tiap setor foto. ✔ Format foto BEBAS: mau square, endesbre endesbre …. Boleh aje seterah. En boleh ada penampakan makhluk hidup, patung, orang dsb, jangan upload foto yg pernah di grid di FC ✔ Waktu Upload; minimal upload sedetik setelah tema rilis, maksimal pk. 23.59 ✔ Akun jangan di privat . Dan foto peserta boleh digunakan pihak sponsor.Sebelum moto edit dulu rotasi/saturasi ampe bgs, baru setor ye.

A post shared by Upload Foto Tematik Berhadiah (@fotocetar) on

Ada banyak teman-teman yang memiliki pola hidup sehat, dan berusaha konsisten mempertahankannya. Ada pula yang menurut saya unik, karena kebiasaan ini baik dan tidak banyak dijumpai. Bahkan ada yang bilang dirinya berasa gila dan maniak. Masya Allah Maniak apa sih? Nanti saya ulas ya. Tips Sehat ini saya ambil dari hasil interview langsung dengan beberapa teman di komunitas kesehatan. Sebenarnya banyak banget yang perlu saya sampaikan, berhubung nanti jadi kepanjangan sehingga saya pilah dengan gaya hidup sehat perwakilan dari personil yang informatif dan rajin lapor update postingan pola hidup sehatnya di Instagram.

Coba deh simak 7 Tips Sehat dari Sahabat Healthy Life Style:

1.Mengurangi Fast Food.

fastfood
www.pixabay.com

Salah satu peserta ada yang bernama mbak Dian, ia suka mengikuti challege ini karena memberikan motivasi secara pribadi untuk komitmen dalam melaksanakan pola hidup sehat. Kita semakin menyadari untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, banyak makan sayur, buah dan mengurangi Fastfood. Selain itu kita jadi terbiasa untuk melakukan aktivitas fisik ringan secara rutin seperti berjalan kaki, naik turun tangga, senam dsb. Efeknya tubuh kita jauh lebih sehat, berat badan pun mulai terkontrol dan pikiran kita pun lebih fresh, karena tubuh yang sehat.

2.Sarapan dengan menu pagi overnight.

Ada pula mbak Dian Nafi yang  paling cepat kalau update info lewat Instagram, kalau saya tanya kesannya dalam group dia senang punya tambahan teman-teman baru. Bagi dia tidak ada pantangan dalam makanan asalkan, sehari dibatasi hanya 1200 kalori. Pola makan yang sudah dijalani beberapa tahun terakhir adalah dengan menu pagi overnight oatmeal, susu dan buah. Lalu Siang dan Malam ia tetap mengkonsumsi Nasi, lauk dan Sayur. Keunikannya adalah mengkonsumsi sarapan dengan menu pagi overnight yang terdiri dari oatmeal, susu dan buah lalu ditaruh dikaleng dan dimasukkan kulkas semalam. Mau tahu kenapa bisa begitu dan apa khasiatnya?

 

Overnight
iG: @diannafi
Jar overnight
iG: @diannafi

Bisa langsung ke Instagramnya :@diannafi . Yang jelas ia berhasil mengatur pola makannya, dan sangat aktif bertanya dalam komunitas healthy life style.

 

3.Mengurangi Nasi, perbanyak Buah, air putih 3 liter sehari.

Pemilik akun Instagram: @hidayah_art memiliki panggilan akrab mbak Wati, sudah 4 tahun terakhir mengurangi nasi dan setiap hari mengkonsumsi buah. Tahun lalu ia sempat drop karena kolestrol yang rendah. Akibat ia sama sekali tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng, dan protein yang didapat cuma boleh Dada Ayam, sama ikan, itupun dimasak dipepes, rica tanpa tumis, atau bakar tanpa mentega. Sehingga kadar kalium ikut drop dan harus masuk rumah sakit. Dan terapi yang dijalani adalah dengan mengkonsumsi 3 buah pisang dalam sehari. Selain itu tensinya yang rendah, membuatnya harus mengkonsumsi daging merah atau ati kambing, padahal ia tidak menyukainya. Namun demi kesehatan, tetap harus dijalani ia buat dengan grill.

Makanan sehat
iG: @hidayah_art

Jadi pada dasarnya menghilangkan nasi sama sekali cukup beresiko sehingga ia memutuskan mengurangi nasi dan memperbanyak konsumsi buah, seperti buah naga, apel, salak, nanas dan bengkuang. Ia pun mengimbangi dengan mengkonsumsi air putih 3 lt dalam sehari.

 

4.Mengkonsumsi Sayur, bila tidak menyukai buah.

Semenjak mengikuti komunitas ini, ia semakin semangat bahkan membeli treadmill untuk melengkapi pola hidup sehat dengan berolahraga.  Percaya nggak ada orang yang maniak Sayur? ini buktinya mbak Archa Bella salah satunya. Disisi lain ia merasa gila sendiri kalau lihat orang doyan buah. Karena pada dasarnya ia tidak suka buah, tapi sebagai pengganti nutrisi dan vitamin ia penuhi dari sayuran. Tidak dipungkiri, ia memiliki banyak cara untuk mengolah sayuran menjadi menu yang menyenangkan untuk dinikmati. Mbak Archa Bella penggemar Caesar Salad, bukan Caessar yang goyang caesar loh ya! hihihi..  Caesar Salad itu dressingnya beda dari salad yang umumnya pakai Mayonaise. Dressing caesar Salad yang ia suka Italian dressing yaitu pakai olive oil sama lemon honey.

5.Menggemari Smoothies.

Siapa yang penggemar Smoothies? Nah sama dengan mbak Lusi nih. Menurutnya harus istiqomah menjalani pola hidup sehat, sedangkan menjadi kurus itu adalah bonus. Ia membiasakan untuk makan sayur dan buah setiap hari. Saat sarapan sekarang ia lebih memilih buah potong ataupun smoothies dari sayur dan buah, “pokoknya yang tidak memberatkan pencernaan kita” ucapnya di Instagram miliknya. Sedangkan siang ia tetap makan nasi, sedangkan malam diusahakan tidak makan yang berat-berat lagi. Walau terkadang ia cheating dengan jajanan dan cemilan yang kurang sehat, ia berusaha memboosternya dengan sayuran dan buah. Pemilik akun Instagram: @lusigiovani_ ini terus belajar konsisten dan mengajak keluarga untuk sama-sama bisa mengikuti dan menjaga pola makan yang baik. Tujuannya agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari segala penyakit.

“Alhamdulillah syenengggg banget ikutan challenge kek gini.. jd tambah termotivasi lagi untuk hidup lebih sehat lagi mba.. apalagi bisa kenalan dengan teman-teman seperjuangan yg hebat-hebat & saling support utk sama-sama hidup lebih sehat lagi.. wahhh bersyukur banget deh aku bisa ikutan challenge sehat ini” kata mbak Lusi.

 

6.Olahraga rutin dan konsisten FC.

Pemilik akun instagram: @rosemeilia bisa memanjakan teman-teman dengan gaya-gaya yoganya yang luar biasa. Sebenarnya semuanya harus konsisten sih, dari pola makannya, olah raganya. Ia mampu konsisten berolahraga Yoga 3-4 kali dalam seminggu. Memang pantangannya disaat kita memiliki target, misalkan menurunkan berat badan, setelah target tercapai terkadang semangatnya jadi naik turun untuk menjalankan FC. Namun, itulah ia mencari penyemangat seperti mengikuti komunitas kesehatan sehingga bisa kembali lagi. Ia jalani dengan Food Combaining (FC) dengan beberapa kali mengikuti kelas pak Wied Harry. Walau terkadang kalau weekend sering jadi cheating, ia berusaha tetap konsisten. Hasil yang ia resakan adalah tidak mudah sakit, dan merasa lebih sehat.

Mau mengecilkan lingkar Perut? salah seorang yang berhasil mengecilkan lingkar perut di komunitas ini adalah mbak Stefanny Fausiek. Ia mengaku tambah semangat karena adanya komunitas ini, setiap pulang kerja ia rajin olahraga pilates sederhana selama 30 menit setiap hari. Berikut referensi pilates sederhana yang ia miliki:

7.Menghindari minuman bersoda dan membuat Pola makan yang Jelas untuk tubuh.

Tips dari mbak Elisa Koraag yang pernah mengalami lambung luka akibat tidak mengkonsumsi karbo selama 1 minggu adalah tidak menghilangkan karbo melainkan menguranginya. Ia mengurangi Nasi, dengan diganti jagung rebus. Buah sebagai menu utama sarapan. Sayuran sebagai menu utama di Siang hari. Dan Buah menjadi makan malamnya. Ia pun mengurangi gula, karena ia pernah mengalami vertigo karena gula darah tinggi. Sekarang saat ia mampu membuat pola makan sebagai pola hidupnya, vertigo tidak pernah datang lagi dan berat badan yang ia miliki relatif stabil. Berikut pola yang bersahabat bagi tubuhnya, berdasarkan trial and error.

pk.06.00 pisang/pepaya

pk.10.00 roti/biscuit

pk.12.00 gado-gado dan sejenisnya

pk.15.00 jagung rebus/singkong rebus atau terkadang manisan/asinan atau buah segar

pk.18.00 buah lagi atau semangkuk sayur berkuah.

Saya lihat rincian pola diatas langsung berpikir, apa saya kuat menahan lapar di setiap jeda waktu itu? Jawabannya adalah disetiap jeda lapar tersebut minum air putih 2 gelas atau 500 ml air. Bukan tidak mungkin bisa menurunkan gula darahnya yang sempat mencapi 400. Ia pun mampu menghilangkan kebiasaanya minum minuman bersoda, padalah ia pernah menjadi penggila minuman bersoda kemasan 1,5 liter dan menghabiskan 5 botol dalam seminggu.

Dari ke 7 hal diatas mana yang kamu setujui untuk dilakukan?

Mari hidup lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Salam,

Dewi Adikara.

 

12 thoughts on “7 Tips Sehat dari sahabat Healthy Lifestyle”

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.