Sahabat Blogger

Temanmu akan menggambarkan siapa kamu, maka pilihlah teman yang baik dan mari saling berbagi kebaikan.
Bagikan Artikel ini

Memiliki sebuah rumah yang dibangun di atas tanah sendiri merupakan sebuah investasi menjanjikan untuk masa depan. Proyek yang berbentuk properti seperti rumah seakan tidak ada matinya. Harga rumah dan tanah tidak akan pernah (secara umum) mengalami penurunan, bahkan akan semakin meningkat di setiap periodenya. Mau bangun rumah sendiri? Berikut tips jitu mendapatkan tanah dengan mudah.

Sebelum Anda mendirikan bangunan rumah sendiri, tentunya Anda harus mencari tanah yang tepat terlebih dahulu untuk bisa membangunnya sebagai rumah.

Mendapatkan tanah di tempat-tempat yang strategis dengan harga yang miring memang semakin sulit. Apalagi pada jaman sekarang sudah banyak pihak yang membeli tanah untuk membangun gedung-gedung untuk investasi bisnis mereka. Tanah untuk pemukiman pun semakin sempit. Anda harus pintar-pintar mencari tempat yang tepat agar dapat pula membangun investasi masa depan Anda beserta keluarga.

Pixabay home
Untuk mendapatkan tanah agar bisa mendirikan bangunan rumah sendiri di atasnya, Anda perlu memperhatikan beberapa tips yang akan disampaikan di bawah ini. Anda harus menyadari bahwa harga tanah yang semakin melonjak, selain itu, perhatikan harga jual tanah pasaran ini, disana terlihat rentang harga dan spesifikasinya sangat beragam sehingga perlu dilakukan beberapa jurus untuk mengakalinya. Intinya, supaya kita bisa mendapatkan tanah dengan harga yang nyaman dihati.

Mari kita simak selengkapnya sebagai berikut :
Tips Untuk Mendapatkan Tanah Dengan Mudah Dan Murah
Tanah merupakan salah satu hal penting yang dapat digunakan sebagai investasi menjanjikan untuk kehidupan di masa yang akan datang. Banyak orang yang membeli tanah di tempat-tempat strategis untuk dibangun di atasnya sebuah toko, gedung apartemen, mall, hotel, maupun bisnis lainnya. Hal ini tentunya menyulitkan pihak yang ingin membeli tanah untuk dibangun sebagai tempat tinggal sendiri.

P
Banyak orang yang menyayangkan keberadaan tempat-tempat elit yang membeli tanah untuk dijadikan bisnis properti, karena orang biasa juga menginginkan investasi pembangunan rumah untuk masa depan keluarga mereka. Akibatnya, pencarian lahan pun semakin terasa susah. Bahkan jika ada pun harganya bisa melonjak dengan tinggi.
Bagi Anda yang bernasib demikian, tidak perlu merasa gusar. Ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tanah dengan mudah sekaligus harga murah. Apa saja caranya? Ini dia jawabannya :

1. Mencari Tahu Lokasi Yang Tepat
Hal pertama yang perlu Anda lakukan demi mendapatkan tanah yang diinginkan adalah dengan mencari lokasi yang tepat dan cocok bagi Anda. Carilah dengan jeli setiap tempat yang menjual tanah lapangnya. Anda tidak perlu terburu-buru dalam menentukan lokasi. Anda bisa melakukan survey di tempat-tempat yang memang Anda incar, dan menurut Anda cukup strategis untuk dibangun sebuah rumah.

Setelah menemukan lokasi yang cocok dengan kriteria Anda, cobalah bandingkan harga tanah tersebut dengan lokasi lain yang juga Anda rasa tepat. Periksa pula keadaan tanahnya apakah memang layak untuk didirikan sebuah bangunan yang bersifat aset tetap. Jangan sampai Anda memilih tanah dengan harga miring akan tetapi kualitas tanahnya tidak mumpuni untuk didirikan sebuah bangunan. Oleh karena itu, informasi yang detail merupakan kebutuhan bagi Anda.

Anda bisa mencari informasi tersebut melalui iklan-iklan di media atau Anda dapat mengunjungi langsung lokasinya. Jangan sampai Anda menyesal ketika sudah membeli tanah tersebut. Atau Anda dapat menanyakan seputar informasi penjualan tanah kepada para kerabat, sahabat, maupun keluarga. Sampaikan kepada mereka bahwa Anda ingin membeli tanah untuk dapat dibangun sebuah rumah.

2. Cek Masalah Legalitas Hukum Tanah Yang Dijual
Informasi yang tak kalah pentingnya ketika Anda ingin membeli tanah adalah dengan memeriksa informasi mengenai kelegalan dan keabsahan hukum dari tanah tersebut. Sebaiknya Anda memilih tanah yang memang memiliki sertifikat hak milik. Namun, apabila tanah tersebut memiliki sertifikat hak guna bangunan, maka Anda juga perlu mengecek kembali masa laku sertifikat tersebut.

Memeriksa keabsahan hukum dari tanah yang dijual merupakan hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai ketika membeli tanah, tanah tersebut merupakan tanah sewa atau bahkan tanah sengketa. Karena hal ini akan semakin merepotkan Anda. Sehingga informasi mengenai status dari tanah tersebut juga sangat berguna sebagai bahan acuan untuk Anda dapat membelinya.

3. Jangan Lupa Perhatikan Keadaan Dan Lingkungan Sekitar
Tips selanjutnya yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah mengenai lingkungan yang ada di sekitar lahan tanah yang ingin dibeli. Jangan sampai Anda mendapatkan lokasi lahan yang dekat dengan pabrik-pabrik maupun tempat umum lainnya. Karena dengan lingkungan tersebut dapat dipastikan kurang kondusif serta keamanannya pun juga kurang meyakinkan.

Selain itu, jangan pula memilih lahan tanah yang berada di dataran rendah. Jika Anda mendapatkan tanah di tempat tersebut, maka Anda harus siap-siap karena tempat dengan dataran rendah rawan akan terkena bencana banjir dan longsor. Sebisa mungkin pilihlah lokasi yang memang cukup strategis untuk didirikan sebuah bangunan rumah, jauh dari segala ancaman bahaya atau bencana alam yang dapat mengganggu kenyamanan hidup keluarga Anda.

Jika perlu, Anda dapat mengajak seseorang yang Anda percayai, misal seseorang yang memang mengerti masalah kondisi tanah, lingkungan, dan sebagainya. Karena orang tersebut tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan. Janganlah merasa segan untuk meminta bantuan dari orang lain.

4. Melakukan Kerja Sama Dengan Bank
Tips selanjutnya adalah berlaku bagi Anda yang ingin membeli tanah dengan mudah tanpa memerlukan modal yang begitu banyak. Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa harga tanah kian meningkat di setiap periodenya. Tentu saja hal ini membuat Anda harus mengeluarkan begitu banyak modal untuk bisa membeli sebuah tanah. Namun ada solusi jitu yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan modal sangat banyak.

Jurus terjitu tersebut adalah melakukan kerja sama dengan pihak bank. Karena pada bank tersebut akan mengajukan pembayaran kredit atas pembelian tanah dengan sistem yang diangsur secara berkala. Pada jaman sekarang, hampir setiap bank yang ada berlomba-lomba menawarkan pinjaman dengan berbagai persyaratan mudah dan bunga tertentu.

Sedangkan tips yang diberikan untuk memilih bank adalah pilihlah bank yang memang sudah memiliki standar nasional atau bahkan internasional untuk mendapatkan pinjaman tersebut. Karena bank-bank tersebut biasanya relatif lebih dapat dipercaya dan juga lebih aman.

Selain itu, karena sekarang sudah semakin banyak bank yang menawarkan jasa peminjaman, maka Anda harus jeli memilih bank yang tidak merugikan keuangan Anda. Pilihlah bank yang menawarkan bunga pengembalian dengan rendah serta waktu angsuran yang banyak, sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan membayar.

Setelah memperoleh pinjaman dari bank, Anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk bisa membeli tanah yang diinginkan. Anda hanya perlu membayar angsurannya per bulan selama waktu yang telah disepakati dengan pihak bank.

5. Ikuti Pula Program KPR
Jika memang Anda berniat melakukan pembelian tanah untuk tujuan dibangun rumah sendiri, tanah kavling atau perumahan memang merupakan sebuah pilihan yang tepat, meskipun harganya relatif lebih tinggi. Nah, bila Anda memang tertarik membeli tanah kavling atau perumahan, Anda bisa mengikuti sebuah program yang bernama KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Daerah perumahan seringkali menjadi pilihan karena ukuran tanah kavlingnya memang sesuai dengan dokumen yang tertera. Selain itu, Anda pun juga dapat membelinya tanpa mengeluarkan modal yang banyak. Di samping membeli dengan sistem kredit bank, program KPR ini juga bisa menjadi salah satu alternatif.

Program dalam KPR ini memiliki konsep bahwa pihak bank yang akan membeli tanah sekaligus perumahannya untuk Anda. Kemudian, Anda hanya perlu membayar biaya yang telah dibayarkan oleh bank dengan cara mengangsurnya dengan nominal tertentu dan tempo atau jangka waktu tertentu pula.

Sedangkan untuk persyaratan mengikuti program dari KPR ini tidaklah repot dan sulit. Program ini pun sangat cocok dan direkomendasikan bagi Anda yang ingin membeli tanah kavling, namun tidak memiliki modal yang besar untuk membelinya.

6. Melakukan Penawaran Harga Tinggi
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tanah dengan mudah dan murah adalah melakukan penawaran harga tinggi terhadap tanah yang ingin dibeli. Cara ini biasanya cukup ampuh dilakukan bagi sang penjual yang menginginkan pembayaran langsung secara cash dan tidak dijatuhi tempo tertentu.

Misalnya saja, seorang pemilik tanah menjual tanahnya seharga tujuh ratus ribu per meter persegi. Lalu sang pemilik tersebut menginginkan pembayaran cash dalam satu waktu. Nah, jika Anda tidak ingin mengeluarkan dana secara cash terlalu besar, solusinya adalah dengan menaikkan harga jual tanah tersebut. Jadi, solusinya adalah Anda bisa melakukan penawaran dengan membeli tanah tersebut seharga satu juta rupiah.

Setelah itu, sampaikan bahwa Anda akan membeli tanah dengan harga tinggi tersebut, akan tetapi, pembayaran yang akan dilakukan adalah secara bertahap. Jika sang pemilik sedang tidak sangat membutuhkan uang, maka biasanya pemilik tersebut akan setuju dengan penawaran Anda. Di sisi lain, alasan mengapa sang pemilik menerima tawaran Anda adalah karena sang pemilik sudah menilai bahwa Anda adalah orang yang dapat dipercaya.

Untuk tetap mendapatkan kepercayaan tersebut, Anda dan sang pemilik bisa membuat Akta Jual Beli yang berisi tentang kesepakatan aturan pembayaran bertahap dengan landasan hukum. Hal ini agar tidak timbul penyelewengan dari pihak pembeli tanah kepada pemilik tanah sehingga jalan yang dipilih memiliki kejelasan.

Pixabay homeland

Demikian beberapa tips yang bisa disampaikan agar dapat membeli tanah dengan mudah dan harga yang murah. Membeli tanah untuk membangun rumah memang bukan perkara yang mudah, jadi Anda tetap harus mempertimbangkan banyak hal. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Salam,

Dewi Adikara

Foto : www.pixabay.com

%d blogger menyukai ini: