Sahabat Blogger

Temanmu akan menggambarkan siapa kamu, maka pilihlah teman yang baik dan mari saling berbagi kebaikan.
Bagikan Artikel ini

Dulu Dewi sering dengerin lagunya Alexa berjudul “jangan kau lepas,” tapi kali ini yang Dewi bahas bukan tentang lagu ini. Hihihi, bisa bikin baper dong.

Dimulai dari pembicaraan bergizi tentang blog pagi ini, maka Dewi persembahkan untuk sahabat yang masih baru belajar blogging tentang pengetahuan Dewi, tentang apa sih itu Alexa?

Alexa adalah situs yang menyediakan sarana, untuk mendapatkan informasi tentang peringkat suatu situs. Alexa termasuk anak perusahaan dari Amazon.com. Ia mengetahui apapun tentang data pencarian, yang biasa nya di search oleh para peselancar internet, dan semua itu akan dikirimkan dan diterima oleh Alexa.

Alexa sendiri awalnya merupakan perusahaan di California yang didirikan pada tahun 1996 kemudian diambil alih oleh Amazon pada tahun 1999. Alexa fokus di bidang pengumpulan data traffic website. 

Pada awalnya, sahabat membutuhkan toolbars dan extension browser untuk mengumpulkan data. Dengan data-data ini, Alexa membantu berbagai bisnis untuk berkembang. Salah satunya adalah Wayback Machine, sebuah arsip Internet. 

Produk mereka yang paling terkenal adalah Alexa Rank – sebuah metric yang menyusun ranking website sesuai dengan popularitasnya atau berapa banyak orang yang mengakses dan menggunakan website itu dalam tiga bulan terakhir.

Tujuan utama saat didirikan adalah untuk menjadikannya sebuah penyimpanan data, seperti sebuah perpustakaan, karena itu mereka bisa tahu persis trafic web perusahaan beserta ranking mereka, baik dalam suatu negara atau global. Dan pada tahun 2014, alexa mulai memberikan data trafic dan rangking tersebut kepada pelanggannya yang ingin tahu tentang perkembangan mereka.

Alexa Rank banyak digunakan oleh bisnis untuk menganalisa kompetisi. Ranking Alexa ditentukan dengan menggabungkan data estimasi jumlah pengunjung website dan berapa banyak halaman yang dikunjungi pengunjung website.

Bagaimana cara Cek Alexa Rank?

Bagi sahabat yang ingin mengecek ranking Alexa untuk sebuah website, caranya sendiri sangat mudah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Sahabat tidak perlu menginstall extensions atau widget untuk melihat ranking sebuah website di Alexa. Anda hanya perlu mengunjungi website resmi Alexa.

Kalau Dewi, sebenarnya cek Alexa sekalian cek DA PA dan mengaksesnya bisa di sini websiteseochecker.com

Apa sih Manfaat lainnya dari Alexa?

Alexa masih dipercaya sebagai standar peringkat blog maupun website. Manfaat lainnya yang bisa sahabat dapatkan dari Alexa, antara lain:

  • Alexa dapat digunakan sebagai alat intelejen untuk melakukan pengecekan terhadap blog/website,
  • Melihat kompetitor mengenai kepopulerannya di dunia maya,
  • Sebagai pembanding dari Google PageRank, semakin rendah nomor peringkat sahabat, maka semakin baik,
  • Membantu Anda sebagai owner dan webmaster meningkatkan kinerja dan potensi dari blog,
  • Dari hasil analisa alexa, blog sahabat besar kemungkinan dilirik oleh para pengiklan. Semakin bagus rangking nya, semakin tinggi tawaran untuk membeli ruang pada blog sahabat.

Jadi bagaimana cara untuk meningkatkan alexa rank sebuah situs? 

Ada tips nih bagaimana menaikkan rangking Alexa:

  1. Install Alexa toolbar pada browser sahabat, semua aktifitas yang dilakukan pada website atau blog akan lebih baik dilakukan menggunakan alexa toolbar. Cara ini lebih mudah karena tinggal klik dibagian atas kanan browser tanpa harus masuk ke situs Alexa.
  2. Seringlah menulis artikel di blog dan gunakan konten yang baru karena sama seperti google alexa menyukai original konten, oleh karena itu hindarilah copy paste artikel lain.
  3. Alexa Rank sangat ditentukan oleh Traffic dan Backlink berkualitas, oleh karena itu memulailah mendapatkan banyak backlink  atau tingkatkan traffic ke situs sahabat dengan  metode SEO untuk membantu situs sahabat muncul di search engine.

Ini contoh tampilan Alexa toolbar dari www.sahabatblogger.com:

Yuk, kejar Alexa Rank bareng Dewi ….

Salam,

Dewi Adikara

Sumber referensi:

Nextdigital. 2015. Tips cara untuk meningkatkan alexa rank. https://nextdigital.co.id/tips-cara-untuk-meningkatkan-alexa-rank/  diakses pada 12 desember 2019

Rhiel ID. 2017. Mengenal Alexa, Apa Fungsi dan Manfaatnya?. https://rhiel.id/mengenal-alexa-apa-fungsi-dan-manfaatnya/ diakses pada 12 desember 2019

Sifa ash shudur. 2017. Mengenal Alexa yang Bisa Dijadikan Asisten Virtual Rumah Tangga.  https://www.kompasiana.com/sifaassudhur/5992c9250f0bba27526eb354/mengenal-alexa-yang-bisa-dijadikan-asisten-virtual-rumah-tangga diakses 12 desember 2019

team Dewaweb. 2018. Alexa Rank: Tools SEO dari Amazon. https://www.dewaweb.com/blog/alexa-rank/ diakses 12 desember 2019.

%d blogger menyukai ini: