Revolusi Tahun Baru Blogging ala JungJawa

Bagikan Artikel ini

Revolusi tahun baru blogging ala JungJawa menjadi topik revolusi sahabat blogger. Mau tahu kenapa? 

Jujur sih, saya bukan blogger yang udah bisa jalan keluar negeri akibat punya blog ini, malah masih newbie banget? 

Jungjawa adalah salah satu sahabat blogger yang nge-hits di dunia blogging, coba langsung deh seluncur ke Katanium.com disana kamu bakal nemuin Jungjawa sebagai cofounder Katanium. Penikmat dunia desain yang memiliki beberapa projects desain ini mampu memberikan tulisan yang ringan dan ngalir seperti air. 

Baca tulisannya tuh ga bikin boring, malah pingin baca terus tulisan yang lainnya.

Sahabat blogger mempersembahkan tulisan JungJawa yang menjadi penulis tamu (Guestpost) disini: 

Hasil kreasi sahabat blogger

Ah, Ngapain Ngeblog? Cuman Bikin Capek

Saya memang bukanlah orang yang hebat dalam memilih kata untuk menjadikannya sebuah judul artikel. Sulit rasanya untuk membuat judul ‘Tiga Keuntungan Membuat Blog, No 2 Bisa Bikin Kamu Kaya Raya!’. Serius. Sulit sekali. 

Melakukan aktivitas blogging selama lebih dari 4 tahun, saya sudah berkali-kali diiming-imingi dengan imbalan yang katanya ngeblog itu bisa dapat duit. Ya, duit. Padahal, kerja apapun asal kita pintar cari peluang ya bisa dapat duit, got it?
Menariknya, impian bekerja sebagai full time blogger akan membuat banyak sekali harapan.

Menghindari rasa capek karena tidak ada pekerjaan fisik sebagai full time blogger adalah dambaan. Emmm… padahal apapun yang coba kalian lakukan, ngeblog tidak akan menghasilkan sesuatu yang sangat mewah seperti yang kalian kira. Sekeras apapun usaha yang kalian lakukan.

Ngapain ngeblog? Cuman bikin capek iya. Nggak percaya? Coba kita melakukan sedikit perhitungan matematis jika ingin menjadi seorang blogger. Pertama, kalian harus mempersiapkan perangkat keras untuk menulis. Entah itu berupa smartphone yang bisa dihubungkan dengan internet atau sebuah laptop.

sumber gambar: pixabay.com

Smartphone standar yang punya fitur ‘mencukupi’ untuk aktivitas blogging untuk saat ini ada di kisaran 1 juta rupiah.
Kedua, konektivitas internet. Urusan yang satu ini memang gampang-gampang susah. Kalau pun mau hemat, ya numpang wifi gratisan. 

sumber gambar: pixabay.com

Tapi yang namanya juga ingin jadi blogger profesional ya harus modal dikit dong. Ah elah, jangan pelit-pelit banget dehYa, paling enggak kita bisa berasumsi bahwa dengan modal 50 ribu rupiah per bulan sudah sangat mencukupi untuk mendukung aktivitas blogging saja selama satu bulan.

Hal-hal kecil seperti camilan menulis, nongkrong di kedai kopi, dan akomodasi meetup dengan komunitas blogger, kita kesampingkan dulu. Itu tidak masuk kebutuhan primer dalam aktivitas blogging loh ya.

Total pengeluaran bulan pertama sebagai seorang blogger adalah satu juta rupiah lebih lima puluh ribu. Mau lebih hemat lagi? Kalian bisa pinjam laptop teman atau IT center di kampus yang memiliki akses komputer gratis. Tapi, saya yakin kalian nggak mau repot-repot untuk itu semua.

Setelah membuat blog, kalian akan berhadapan dengan dilema. Mau bikin blog dengan gratis atau berbayar. Kalau gratis kok ya terlihat nggak serius. Kalo berbayar, kok ya mahal banget, nggak pas di kantong. Setelah itu kalian memutuskan untuk memberikan nama untuk blog, membuat konten, belajar menulis untuk tema yang lebih spesifik, cara mendapatkan traffic hingga belajar bagaimana sebuah artikel dapat didistribusikan dengan baik melalui media sosial.

Ribet? Ya. Tepat sekali. Belajar untuk memulai membuat blog sampai dengan sebuah artikel terbit itu nggak mudah. Serius. Buat kalian yang memang sudah paham dengan internet, istilah-istilah yang memusingkan, dan punya banyak kenalan yang siap membantu kapan saja, itu bukan masalah.

Sebentar, paragraf demi paragraf yang saya tulis di atas kok terkesan sangat skeptis dengan aktivitas blogging, iya enggak sih? Bagi kalian yang berpendapat bahwa saya sangat sok tahu, silakan saja. Saya tidak melarang. Tapi, semua argumen saya di atas akan sangat mudah dipatahkan. Bagaimana caranya?

Baca jugaMenjadi Sahabat Blogger

Ngapain sih ngeblog? Cuman bikin capek. Ah, enggak juga kok. Kalau kalian cuman ingin membagikan opini, menulis sebuah artikel, melakukan review dan belajar menulis dengan bebas dan gratis, aktivitas blogging bukan hal yang bikin kalian capek. Serius.
Bikin blog nggak bikin kalian capek kok. Asalkan bikin blognya for fun only. Fyi aja sih, kebiasaan orang Indonesia itu ya mudah untuk bersosialisasi dan berkumpul untuk bikin komunitas. Nah, yang namanya blogging kan berupa aktivitas online, tentu saja ada banyak orang yang memiliki minat yang sama. Kemudian muncul komunitas online. Eits, aktivitas yang ditunggu-tunggu dari blogging ya komunitas online ini. Inilah, bagian fun yang saya maksud tadi.

 sumber gambar: pixabay.com

Ya, namanya sebuah aktivitas. Pasti ada pasang surutnya kok. Begitu juga untuk memulai sebuah blog. Kadang kala kita seperti menatap sebuah ruang kosong. Nggak ada papan penunjuk arah agar kemana membawa blog kita.

Bagaimana jika blog yang kita tulis menghilang?

Lalu  bila ide menulis itu tidak kunjung muncul lagi?

Apabila blog yang kita kelola tidak dapat diakses lagi hingga kita harus membuat blog baru mulai dari nol?

Rasa frustasi karena harus mengulang dari awal.

Ngeblog adalah sebuah aktivitas kosong. Blog adalah sebuah ruang. Sedangkan kita beraktivitas di dalam sebuah ruang kosong yang tanpa ujung. Tidak jelas arahnya. Kalo boleh saya bilang, ngeblog bukan untuk semua orang. Nggak semua orang bisa jadi blogger. Nggak semua orang mau dibikin capek.

Olala…

Itulah tulisan Blogger Alumnus Teknik Mesin UNS, memang dia tuh ya bisa bikin kita angguk-angguk menyadari bahwa jadi blogger itu ga mudah.

Pertanyaannya sekarang..

Mau jadi Blogger?

Siap jalanin aktivitas sebagai Blogger?

 

Salam,

Sahabat blogger

7 thoughts on “Revolusi Tahun Baru Blogging ala JungJawa”

  1. Sykurlah masih bertahan untuk ngeblog.. sula banget, banyak pengalaman, banyak teman, banyak yang tidah tau jadi tau, bisa belajar dari pengalaman orng lain dari tulisan yang mereka buat.. banyak plus plus nya lah yang gak pernah kita dapatkan di sekolah ataupun kuliah.. jadi ngeblog kalau pengen tau arti enak yang sesungguhnya ??

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.