Sahabat Blogger

Temanmu akan menggambarkan siapa kamu, maka pilihlah teman yang baik dan mari saling berbagi kebaikan.
Bagikan Artikel ini

Media Sosial sudah hal yang umum digunakan oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga seseorang yang sudah memiliki cucu pun bisa menggunakan media ini. Pertanyaan yang mendasar bagi para penggunanya saat ini adalah: Perlukah Personal Branding di Media Sosial?

Sebelum kita membahas perlu tidaknya Personal Branding di media sosial, kita perlu mengerti dahulu apa makna dari Personal Branding.

Personal Branding

Personal Branding adalah bagaimana kita membangun dan mempromosikan diri atau brand yang kita miliki. Banyak cara untuk membangun personal branding, khususnya di era digital seperti sekarang. Salah satunya dengan menggunakan media sosial atau juga blog.

Media Sosial

Saat ini kita sudah terbiasa menggunakan media sosial. Sehingga secara tidak langsung sebenarnya kita sudah memiliki branding diri di media sosial. Kita tinggal memilih, mau membuatnya tampil apa adanya tanpa filter, atau dikelola dengan baik.

Mengelola Personal Branding di Media Sosial sangatlah penting, karena akan merepresentasikan diri anda secara daring

Dewi Adikara

Dengan mengelola personal branding bisa membuat tampilan kita lebih baik dan sesuai tujuan yang ingin kita capai.

Tentu, bagi pelaku usaha atau seorang yang berkarir membutuhkan sebuah personal branding yang baik.

Blog

Mengelola personal branding tidak hanya melalui media sosial. Saat ini bisa kita maksimalkan juga dengan blog. Dengan melebarkan sayap menggunakan blog akan memperlihatkan seberapa profesional kita pada produk. Hal ini akan membangun kepercayaan pada customer kita. Tak jarang pula orang menanyakan website dari sebuah produk yang ditawarkan.

Blog sebenarnya bagian dari website. Hanya saja, blog lebih memiliki sifat yang dinamis karena dimaksimalkan dengan cara update konten yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Sebenarnya, apa saja sih manfaat Personal Branding? Yuk kita tengok.

5 Manfaat Personal Branding

Membuat profil diri yang lebih nampak dibanding yang lain

Bisa jadi profesi kita banyak dimiliki oleh orang lain. Namun, saat seseorang ingin mengenal kita lebih banyak, mereka akan mencari kita melalui person to person atau menggunakan googling. Sudah bukan rahasia lagi, saat sebuah perusahaan mencari tahu lebih banyak pada calon karyawannya saat akan menentukan diterima atau tidak.

Sama halnya dengan kita sebagai customer, tentu akan mencari tahu lebih banyak mengenal produk atau jasa yang akan kita gunakan. Saat kita memiliki referensi personal branding yang baik, maka kita lebih unggul dibanding kompetitor.

Baca juga: Tips membangun Personal Branding dengan Profesional

Membangun Kredibilitas

Saat kita membangun personal branding. Secara tidak langsung kita membangun kepercayaan pada orang lain atas keberadaan diri kita. Jika kita memiliki sebuah produk dan membangun bisnis branding baik di dunia daring, tentu akan mempermudah calon customer kita mengenal lebih dekat dengan detail kelebihan produk yang kita miliki.

Bisa jadi produk kita memiliki kelebihan yang sama dengan produk kompetitor. Namun, saat kita berani mempromosikan dengan kekuatan branding, maka kita selangkah lebih maju dalam mendapatkan perhatian calon customer.

Menunjukkan kelebihan

Saat kita membangun personal branding, kita membangun kelebihan apa saja yang dimiliki. Dengan memiliki personal branding kita bisa menunjukkan berbagai keunggulan yang dimiliki. Saat teman-teman mempromosikan diri, akan lebih terlihat keahlian yang kita miliki.

Membuat jaringan yang lebih luas

Saat mereka mengetahui personal branding kita. Mereka pun akan melihat kelebihan yang kita miliki. Tidak hanya di dunia daring, dalam luring pun kita bisa menjadi referensi orang lain saat kita mampu membangun personal branding yang kita bangun.

Hal ini tentu akan memperluas jaringan kita pada kemampuan yang kita miliki. Selain itu juga kita bisa tergabung dalam komunitas yang serupa dengan branding yang kita miliki. Misalnya kita sebagai pengusaha, sedikt banyak akan tergabung dalam komunitas yang selaras dengan profesi kita.

Mempermudah mengenalkan diri

Saat kita mengenalkan diri dengan menunjukkan profil kita di media sosial atau blog akan mempermudah kita untuk membuat orang lain mengenal kita. Sehingga waktu kita lebih produktif untuk mengerjakan pekerjaan yang lain, bahkan berinovasi.

Begitulah makna personal branding dan juga manfaatnya, teman-teman sudah mengelola Personal Branding di Media Sosial?

Salam,

Dewi Adikara.

%d blogger menyukai ini: