5 Jajanan rumahan yang mudah dibuat

Ketemu lagi di menu selanjutnya, kali ini saya mau berbagi 5 Jajanan rumahan yang mudah dibuat. Kalau pas liburan, pinginnya istirahat santai dirumah, atau beres-beres setumpuk barang yang udah lama tidak tersentuh karena rutinitas kita diluar rumah. Nah, kalau lagi senggang dan keinginan produktif muncul, rasanya perlu deh beri bookmark catatan ini. Sekali-kali manjakan keluarga dengan jajanan hasil tangan sendiri tuh menyenangkan loh. Kita bisa menghasilkan porsi yang lebih besar dan rasa yang sesuai selera lidah kita.  Berikut Jajanan  yang mudah dibuat:

1.Donat

Resep donut mungkin butuh proses agak panjang jadi saya bagikan dari link artikel Donat anti gagal berikut.Donat enak

2.Pudding

Bahan yang dipersiapkan: 1 sachet bubuk puding warna coklat, 1 sachet susu kental manis, 120 gr Gula pasir, 600 ml Air, 3 sdm Misis Coklat

Puding misis coklat susu

Caranya: Tips agar puding tidak menggumpal, Bubuk puding, susu kental manis dan gula pasir dijadikan satu sebelum dimasak diatas kompor. Setelah tercampur baru masak diatas api, sambil diaduk. Setelah mendidih, matikan api, diamkan sekitar 10-15 menit baru pindahkan pada cetakan puding. Masukkan Misis Coklat secara merata tanpa mengaduk puding.

3.Terang bulan Mini / kue cubit

Bahan yang dipersiapkan: 125gr Margarin yang dicairkan, 200gr tepung terigu, 100gr gula pasir, 1 sachet susu kental manis, 1/4 sdt vanili bubuk, 1/2 sdt baking soda, 3 butir telur.

Terang bulan mini homemade

Pilihan Topping: Misis, Keju parut, choco chip, potongan pisang, selai stroberi, atau lainnya sesuai selera.

Caranya: campurkan semua bahan, kecuali tepung terigu. Aduk dengan mixer manual. Setelah tercampur rata, masukkan tepung sedikit demi sedikit. Panaskan cetakan atau loyang kue cubit, olesi margarin agar tidak lengket. Masukkan adonan.

Tutup loyang agar bisa matang sampai kebagian tengah adonan. Saat adonan setengah matang masukkan topping. Tutup lagi. Tusuk adonan dengan lidi sate. Bila bekas tusukan tersebut kering berarti adonan matang. Bila masih agak basah, berarti tengah adonan blm matang sempurna. Cek kematangan, bila sudah matang sempurna, angkat.

4.Pisang Bakar / Panggang

Bahan yang dipersiapkan: 5 potong pisang raja, 2 sdm gula pasir, 2 sdm margarin.

Caranya: Bakar pisang diatas wajan yang sudah diolesi margarin. Bakar hingga ada sedikit warna kecoklatan. Angkat. Taburi gula diatas pisang, lalu serut keju diatasnya.

Pisang bakar

5.Roti Bakar Kekinian ala Roti John

Bahan yang dipersiapkan: 2 lembar roti tawar, 1 telur, 2 sdm margarin Blueband, daun Nori bubuk.

Roti John yang lagi Viral

Caranya: Telur dikocok lepas bersama daun Nori bubuk, lalu masukkan roti, rendam bolak-balik. Siapkan wajan yang sudah dioles margarin, bakar dengan api kecil. Balik roti setelah kuning kecoklatan. Isian roti bakar bisa dengan sosis, daging, keju, potongan tomat, timun yang di parut, atau lainnya sesuai selera. Tambahkan saos tomat, mayonaise ataupun saos sambal. Tutup roti dengan bagian Roti yang Sdh diproses yang sama sebelumnya.

Kelima jajanan diatas sudah bikin anak-anak makin suka makan dan sambil belajar bersama kelas memasak dirumah. Hihihi.. Semoga bermanfaat ya, Resep Kue kering lebaran selanjutnya sudah menanti. Update makanan terus nih, enaknya minuman dulu atau kue kering ya?

 

Salam nikmat😋

 

Dewi Adikara.

 

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.