Kastengel Keju Edam resep Leluhur

Selamat Siang, khusus Senin kali ini penulis tamu hadir di minggu depan ya, karena saya mau berbagi resep Kastengel Keju Edam resep leluhur. Nyummy, teman-teman apa udah buat kue? Aroma kue semerbak disetiap pintu rumah, kapan lagi fenomena ini terjadi kalau bukan saat puasa mendekati hari raya. Apalagi zaman now, update melalui YouTube dan Instagram sangat cepat sekali. Tampilan menu takjil, kue-kue dari yang kering, sampai yang basah bertebaran menggoda selera. Dan menurut teman-teman apa kue wajib yang selalu ada disetiap lebaran?

Lalu kita bikinnya maksimal banget supaya bisa dinikmati keluarga, bahan-bahan terpilih dan kebersihan jelas terjaga. Itulah HOMEMADE. Resep leluhur ini selalu jadi favorit bagi anak cucu. Beruntungnya saya sebagai anak, suka nimbrung kalau mama buat Kue, dari tanya-tanya seperti investigasi, sampai nyatet resep seperti jurnalis (bantu juga kali, heheheh). Kepikirannya sih resep masakan mama yang enak dan favorit jangan sampai terlupakan, dan saya ingin sekali belajar dan memasakkan keluarga. Begitu ceritanya, sampai makin kesini jadi Blogger ingin berbagi informasi begini rasanya seneng, dan semoga bisa jadi manfaat buat yang baca😊 Mulai yuk mulai.. yang sering gagal buat kue kastengel, atau masih kurang greget, cobain deh resep ini:

Hasil akhir 2 toples lebaran.

Bahan:

200gr Margarin Blueband

100gr Roombotter

1 bungkus susu bubuk Dancow

1 sdt garam, 1 sdt penyedap rasa

250gr keju parut (sesuai selera) kalau saya anjurkan Kraft atau Megcheddar ((bukan Endorse ya😂))

60gr keju Edam/keju Apel parut

200-300kg Tepung terigu (saya pakai tepung Cakra yang sudah disangrai lebih dahulu).

Olesan:

2 butir merah telur

2 sdm margarin

Caranya:

Mixer pelan margarin, roombotter, garam dan penyedap, dan susu bubuk. Setelah tercampur rata, matikan mixer, masukkan kedua keju parut tersebut, aduk menggunakan spatula. Perlahan ya agar keju tidak terlalu hancur. Lalu masukkan tepung sedikit demi sedikit. Aduk menggunakan tangan, tekstur adonan tidak perlu sampai padat, yang penting sudah tidak lengket ditangan.

Baca juga: 5 Jajanan rumahan yang mudah dibuat

 

Bentuk bulat adonan, bungkus dengan plastik lalu Gilas sampai ketebalan kurang lebih 7mm atau sesuai selera. Cetak adonan. Olesi loyang dengan margarin, agar saat dioven kastengel tidak lengket, dan mudah saat diambil. Tata adonan berjajar dengan rapi. Olesi bagian atas kastengel dengan merah telur, lalu beri keju parut diatasnya.

Panaskan oven sekitar 10 menit dengan .Api kecil. Masukkan loyang-loyang yang sudah ditata adonan kastengel, masak hingga kuning kemerahan. Tips jangan membuka tutup oven agar bisa matang sempurna sampai kedalam. Intip saja dari luar menggunakan senter. Hihihii, serius.. paling inget mama nyuruh senterin ngelihat apa kabar kastengel😁

Setelah matang, biasanya sekitar 20 menit, keluarkan adonan, lalu segera olesi margarin dibagian atas agar tampilan makin cantik dan berkilau. Biarkan disuhu ruang sampai kue benar-benar dingin, baru masukkan toples. Setelah kue tertata cantik ditoples jangan lupa dibungkus rapi lalu kirim ke saya ya😀

Selamat Menikmati, dijamin uenak tenan.

Salam,

 

Dewi Adikara

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.