Sie REBOH sahabat blogger

Menu Lebaran “SIE REBOH” khas Aceh Besar

Menu lebaran “Sie REBOH” khas Aceh besar kali ini mewarnai resep makanan di sahabat blogger. Siapa yang pernah ke Aceh? Kalau kita sebut kota Aceh suasana Islaminya yang melekat. Sekali-kali sebenarnya ingin merasakan kota yang satu ini. Apalagi waktu lebaran. Nuansanya bagaimana ya?

Ada seorang sahabat bernama Kak Ina, ia memiliki segudang resep dari pengalamannya bertahun-tahun menjadi  seorang ibu yang aktif memasak. Ibu yang lahir dan menetap di kota Aceh, bersedia membagikan nikmatnya lebaran bersama menu Sie REBOH, apaan sih itu?

“Di Aceh khusus Aceh besar ada 1 masakan wajib mereka”

Sie REBOH adalah masakan rebus dengan bahan dasar daging yang diolah dengan rempah-rempah dan cuka ijuk. Dan sensasi nikmatnya makin sempurna karena proses memasaknya menggunakan kuali tanah.

Kak Ina punya Instagram yang kece loh, dari hobi memasak dan hobi fotografinya nempel banget ditampilan Instagram miliknya. Klik Follow untuk lebih mengenal beliau.

Love being Pretty…😘😍❤❤

A post shared by @ inaaabdullah on

Nah, langsung seluncuran di Resep Sie REBOH ya. Nyummy..

Sie REBOH sahabat blogger

Bahan dasar:

Daging Sapi 2 kg, beserta lemak-lemaknya, dipotong atau diiris sesuai selera, siapkan kunyit bubuk, Bawang putih 1 bongkol bulat, Jahe 2 ruas jari dan lengkuas 2-3 ruas jari digiling, Cabe merah giling 2 sdm, Cabe rawit 20 buah dibiarkan utuh. Lalu cabe kering (cabe merah) yg dikeringkan biasa dijual dalam bentuk bubuk.

Terakhir adalah rahasia dari resep masakan ini adalah 4 sdm cuka ijuk. Cuka yang dihasilkan dari air ijuk (air Nira) yg di permentasi menjadi cuka. Sebagai informasi, di aceh Air Nira ada yang dijual dalam bentuk air nira aja untuk diminum, Dan ada yang udah jadi cuka ijuk. Kalau kita tinggal di luar Aceh, rasanya bisa cek di toko online untuk melengkapi masakan ini😋 ingat ya Air ijuk, air Nira yang udah diproses menjadi cuka.

Apakah Air Nira?

penyadapan air nira
sumber foto: wikipedia (proses penyadapan air Nira)

Nira adalah cairan yang manis yang diperoleh dari batang tanaman seperti tebu, bit, sorgum, mapel, atau getah tandan bunga dari keluarga palma seperti aren, kelapa, kurma, nipah, sagu, siwalan dan sebagainya. Nira palma (bahasa India: neera) secara umum dalam bahasa Jawa dikenal sebagai legen (Jw. legi, manis); namun nira kelapa juga dinamakan sajeng. Nira aren di Jawa Barat dikenal dengan sebutan tuak manis (Sumber informasi: Wikipedia)

Baca juga : Lobster telur asin

Caranya: Rebus semua bumbu dan daging bersamaan sampai matang. Mudah banget ya. Masakan ini bisa bertahan sampai berbulan-bulan loh. Rasanya Asam-asam pedas gurih.

Rasanya udah pingin eksekusi deh, masakan khas Aceh ini, Ayuk coba ramaikan menu lebarannya, dan jadi kejutan spesial buat keluarga😘

Subscribe email kamu dihalaman depan untuk dapatkan notifikasi melalui email mengenai artikel terbaru sahabatblogger.com bakalan ada resep kue khas Aceh yang akan dibagikan oleh kak Ina. Kue ini wajib ada disetiap rumah di Aceh saat lebaran tiba. Pinternya sih kak Ina masak makanan dan masak kue😍 Semoga saya ketularan, heheheh..

Terimakasih kak Ina sudah berbagi resep yang mantap, semoga bisa menjadi inspirasi bagi ibu/bapak bahkan kawula muda yang gemar memasak dan mencoba resep-resep tanah air.

Salam persiapan lebaran,

 

Dewi Adikara.

 

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.