Menu Lebaran “SIE REBOH” khas Aceh Besar

Sie REBOH sahabat blogger

Menu lebaran “Sie REBOH” khas Aceh besar kali ini mewarnai resep makanan di sahabat blogger. Siapa yang pernah ke Aceh? Kalau kita sebut kota Aceh suasana Islaminya yang melekat. Sekali-kali sebenarnya ingin merasakan kota yang satu ini. Apalagi waktu lebaran. Nuansanya bagaimana ya?

Ada seorang sahabat bernama Kak Ina. Ia memiliki segudang resep dari pengalamannya bertahun-tahun menjadi  seorang ibu, yang aktif memasak. Ia lahir dan menetap di kota Aceh. Ibu yang baik ini bersedia membagikan nikmatnya lebaran bersama menu Sie REBOH, apaan sih itu?

“Di Aceh khusus Aceh besar ada satu masakan wajib mereka”

Sie REBOH adalah masakan rebus dengan bahan dasar daging, yang diolah dengan rempah-rempah dan cuka ijuk. Sensasi nikmatnya makin sempurna, karena proses memasaknya menggunakan kuali tanah.

Kak Ina punya Instagram yang kece loh, dari hobi memasak dan hobi fotografinya nempel banget di tampilan Instagram miliknya. Klik Follow untuk lebih mengenal beliau.

Love being Pretty…😘😍❤❤

A post shared by @ inaaabdullah on

Nah, langsung seluncuran di Resep Sie REBOH ya. Nyummy….

Sie REBOH sahabat blogger

Bahan dasar:

Daging Sapi 2 kg, beserta lemak-lemaknya. Dipotong atau diiris sesuai selera.

Siapkan kunyit bubuk, Bawang putih 1 bongkol bulat, Jahe 2 ruas jari dan lengkuas 2-3 ruas jari digiling, Cabe merah giling 2 sdm, Cabe rawit 20 buah dibiarkan utuh. Cabe kering (cabe merah) yg dikeringkan biasa dijual dalam bentuk bubuk.

Terakhir adalah, rahasia dari resep masakan ini yaitu 4 sdm cuka ijuk. Cuka yang dihasilkan dari air ijuk (air Nira) yang di permentasi menjadi cuka. Sebagai informasi, di aceh Air Nira ada yang dijual dalam bentuk air nira aja untuk diminum, dan ada yang udah jadi cuka ijuk. Kalau kita tinggal di luar Aceh, rasanya bisa cek di toko online untuk melengkapi masakan ini😋 ingat ya Air ijuk, air Nira yang sudah diproses menjadi cuka.

Apakah Air Nira?

penyadapan air nira
sumber foto: wikipedia (proses penyadapan air Nira)

Nira adalah cairan yang manis yang diperoleh dari batang tanaman seperti tebu, bit, sorgum, mapel, atau getah tandan bunga dari keluarga palma seperti aren, kelapa, kurma, nipah, sagu, siwalan dan sebagainya. Nira palma (bahasa India: neera) secara umum dalam bahasa Jawa dikenal sebagai legen (Jw. legi, manis); namun nira kelapa juga dinamakan sajeng. Nira aren di Jawa Barat dikenal dengan sebutan tuak manis (Sumber informasi: Wikipedia)

Baca juga : Lobster telur asin

Kita lanjutkan memasak Sie Reboh ya.

Caranya: Rebus semua bumbu dan daging bersamaan sampai matang.

Mudah banget kan ya. Masakan ini bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Rasanya Asam-asam pedas dan gurih. Duh… pingin eksekusi masakan khas Aceh ini!

Pinternya sih kak Ina masak makanan. Semoga saya ketularan, heheheh….

Ayo coba ramaikan menu lebarannya, nanti jadi kejutan spesial menu Aceh buat keluarga.

Terimakasih kak Ina sudah berbagi resep yang Nyummy!

Semoga bisa menjadi inspirasi bagi ibu atau bapak, bahkan kawula muda yang gemar memasak dan mencoba resep-resep tanah air.

Salam hangat,

 

Dewi Adikara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.