Opor Ayam Kuning Si Mbok

Maaf lahir batin ya semua! Alhamdulillah kita sudah melewati kebersamaan dalam lebaran dan liburan yang panjang. Sekarang kembali beraktivitas. Sudah puas belum menikmati masakan ibu? Bisa-bisa belum puas, udah keburu pergi ke sanak saudara dan para kerabat. Lalu pergi traveling, dan makannya jadi segala macam diluar, bebas pilih mau yang suguhan selama jadi tamu atau dari depot, resto, kaki lima, dan semua. Gagal diet deh! Huahahhaha… Yang belum puas masakan lebaran, ini ada salah satu menu masakan lebaran nusantara, resep Opor Ayam Kuning Si Mbok. Selain mudah dan enak, menu ini juga ramah di kantong 😁 ((modus kehabisan amunisi setelah lebaran, huahahaha))

Tapi tenang deh. Walaupun kedengarannya hanya Opor Ayam Kuning , resep ini dari si Mbok yang pinter masak yang terdampar di Abu dhabi, nah Lo.. gimana ya nyari bumbu rempah-rempah kalau masak? Ada sih secuil pengalaman dari si Mbok, simak ya:

Rempah-rempah abu dhabi
Sumber: Instagram pojok simbok

Sebenarnya di negara ini simbok tidak perlu khawatir kekurangan rempah-rempah untuk memasak makanan Indonesia. Mulai cengkeh, ketumbar, kapulaga, pala semuanya lengkap ada disini. Namun setiap ada saudara yang datang dari Indonesia, simbok selalu minta tolong dibawakan rempah-rempah dari pasar.

Percayalah! Kualitas rempah-rempah Indonesia jauh lebih bagus dari rempah-rempah yang ada disini. Aroma dan rasa yang dihasilkan lebih kuat dan wangi. Pernah suatu ketika simbok masak sup buntut dengan menggunakan pala produksi negara tetangga karena kebetulan stok pala dari kampung halaman sedang habis. Sudah 5 butir pala yang masuk ke panci tapi rasa palanya tidak kunjung keluar 😣 Pada titik inilah, simbok menjadi rindu tanah air

((jeng..jeng..))

Masaknya si mbok itu ga asal-asalan. Dia perhatian banget sama sentuhan rasa. Pakai Pala aja ga terasa di lidah, gimana kalau pakai Mulut? Lah itu Pala bukan kepala😂

Ayok intip resepnya:

Opor ayam

Opor Ayam Kuning

Bahan:
1 kg ayam, potong dan cuci bersih
500 ml air
100 ml santan

Bumbu:
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 butir kemiri
3 ruas jahe
3 ruas kunyit
5 lembar daun jeruk purut, remas
1 batang sereh, geprek
1/2 sdm merica halus
1/2 sdm garam halus
1/2 sdm garam

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan kunyit.
2. Panaskan minyak, tumis daun jeruk dan sereh hingga harum.
3. Masukkan bumbu halus, tumis hingga matang.
4. Tambahkan ayam, setelah ayam berubah warna, masukkan air dan didihkan.
5. Masukkan santan, tambahkan garam dan lada bubuk, koreksi rasa.
6. Tunggu hingga kuah mengental dan siap disajikan.

Penasaran si mbok cakepnya kalau ambil foto dan masak makanan kayak gimana? Follow aja akunnya disini. Ada banyak  menu Nusantara, seperti ini juga Rendang daging.

Menu langganan tiap ramadhan 🕌. Cocok disajikan saat simbok ga sempat (baca: males) masak buat sahur hahaha. Walaupun membuatnya mudah, memasaknya membutuhkan waktu lama. Jadi klo mau masak rendang, saran simbok sih sekalian yang banyak. Trus klo udah matang, bisa dibungkus per porsi dan dimasukin freezer. Anytime mau makan tinggal dikukus sekalian saat masak nasi 🤗😆 . Rendang Daging . Bahan: 1 kg daging sapi, potong kotak 1000cc santan kental . Bumbu: 15 siung bawang merah 8 siung bawang putih 10 buah cabai rawit 5 buah kemiri 1 sdt kunyit bubuk 3 cm jahe 3 cm lengkuas 5 lembar daun jeruk, remas 1 lembar daun kunyit, rajang halus 2 batang sereh yang sudah dimemarkan 2 buah asam kandis . Cara Membuat 1. Haluskan bumbu rendang yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, kunyit bubuk, jahe dan lengkuas sisihkan. 2. Siapkan wajan, masukkan daging sapi, tuang santan, masukkan bumbu beserta asam kandis, daun kunyit, sereh, dan daun jeruk, aduk hingga merata. 3. Nyalakan api, masak rendang dalam api sedang sambil diaduk. 4. Apabila santan sudah mendidih, masukkan garam dan aduk kembali. 5. Masak rendang hingga santan meresap dan air menyusut. Koreksi rasanya. . #reseprendang #rendangpadang #beefrendang #masakanpadang #masakanrumahan #menuharian #kulinerindonesia #indonesianculinary #indonesiancuisine #indonesianfood #indonesianfoodlegacy #foodphotography #indonesianfoodblogger #foodblogger #indonesianfoodies #pojoksimbok #resepsimbok

Sebuah kiriman dibagikan oleh Monggo Disekecaaken 👍🏻 (@pojoksimbok) pada

Ayok eksekusi.

 

Salam,

Dewi Adikara
Sumber foto tampilan halaman depan: bawang goreng dari Instagram si mbok.

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.