Donat goreng

Resep Donat Enak Anti Gagal

Bagikan Artikel ini

Resep Donat sudah banyak beredar ya, jadi kenapa repot baca tulisan ini? Pasti ada maksud lah, yaitu nemuin resep yang bener-bener asli tanpa ngurangin cara atau bahan. Karena memang saya sudah mempraktekkan sendiri dengan melihat berbagai resep dan memadukan yang paling praktis dan hasilnya saya mendapatkan resep Donat enak anti Gagal.

Kenapa saya bilang anti Gagal? Karena seringkali gagalnya buat donat adalah disaat adonan kita ternyata tidak mengembang. Tenang, kali ini pasti adonannya ngembang deh, apa aja yang harus disiapkan? Praktis dan mudah kok :

500gr tepung Cakra

100gr gula halus

11gr / 1 bungkus Fermipan

1 bungkus Dancow bubuk sachet

1 sdt garam

100gr Margarin Blue band

1/2 sdt soda kue

2 butir telur

Caranya :

Rahasianya adalah Fermipan diletakkan pada gelas, diaduk dan direndam air hangat 4-5 menit, tutup. Campur semua adonan, dan fermipan yang sudah dicairkan. Uleni dengan tangan. Setelah tercampur rata, banting-banting adonan. Sampai benar-benar Kalis. Setelah itu bentuk bulat adonan, lalu tutup menggunakan serbet.

Donat enak anti gagal
Bulatkan biar cantik dan mengembangnya rata

Setelah 40 menit, remas dan banting lagi adonan, lalu bentuk jadi bulat kecil-kecil.

Biarkan donat sampai mengembang, kurang lebih 30 menit.

Donat sahabat blogger
Dasar donat dikasi tepung ya supaya tidak lengket

Lalu lubangi donat, bisa dengan jari, atau dengan tutup botol. Tutup kembali adonan dan biarkan sampai donat mengembang sesuai yang diinginkan. Kebetulan saya biarkan sambil membuat kue Cookies jadi sekitar 2 jam dianggurin. Hiihihi..Donat enak

Panaskan minyak setinggi setengah donat, goreng donat tanpa di bolak balik, ini adalah Tips penting agar donat bisa matang sempurna sampai kedalam. Jadi membalik donat hanya satu kali untuk menggoreng sisi lainnya. Balik donat telah warna kuning kecoklatan (matang). Masak donat dengan api kecil.

Donat goreng
Yang kecil itu bagian tengah donut hasil dicetak pakai tutup botol😁

Mmmm… Baunya enak, rasanya juga enak. Persis buatan Mama saya, enak banget susu dan margarinnya terasa. Alhamdulillah berhasil buat donat yang semua suka. Suami, bapak, mama, mertua, saudara dan anak-anak suka. Hihihi, Alhamdulillah…

Resep diatas menghasilkan 20 buah donat ukuran sedang. Silahkan disesuaikan ya kalau mau nambah jumlahnya😊

 

Salam hangat kue donat,

 

Dewi Adikara

2 thoughts on “Resep Donat Enak Anti Gagal”

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.