Resep Krang Binaci Madura dan Menu Sedap Lainnya

Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum sahabat, pernah dengar masakan bernama Krang binaci atau Karabinaci? Kalau pernah dengar, apalagi merasakannya, kamu beruntung banget deh. Makanan ini agak susah ditemui, kalau bukan berasal dari pintu rumah orang Madura. Hihihi…. Saya coba bagikan Resep Krang Binaci Madura dan Menu sedap lainnya ya.

Jelas resep ini original, karena berasal dari Mama yang asli dari Madura, siapkan sutil bulpoin atau beri bookmark dulu ya.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang disiapkan:

Bumbu:

6 butir Bawang putih,

1 sdt Lada bubuk (sesuai selera),

1 ruas sebesar ibu jari untuk Jahe,

1/2 sdt Pala bubuk.

Bahan:

500gr Daging yang sudah dipotong-potong dan sudah dicuci bersih.

Bahan tambahan:

3 ruas sebesar telunjuk untuk Keningar,

1 sdm Garam,

3 sdm Kecap,

1/4 sdt penyedap (disesuaikan ya, karena kaldu daging rasa dasarnya sudah sedap),

1000 ml Air matang.

Caranya:

Blend atau ulek semua bumbu sampai halus. Rebus bumbu tersebut dengan daging dan bahan tambahan diatas. Rebus dengan api sedang selama 30-60 menit. Tambahkan  air bila perlu. Bila menggunakan Presto pastikan air sesuai takaran kapasitas Presto, yaitu kurang lebih 10-15 cm dari tinggi bahan. Panaskan selama 20 menit. Coba diintip dari luar untuk mengecek kembali air yang telah menyusut.

Perlu diingat bahwa Presto tidak boleh langsung dibuka saat panas, karena bertekanan tinggi. Jangan sampai terlalu asat ya, karena masakan ini jenis masakan berkuah.  Tapi kalau favorit saya sebenarnya sih, kuahnya yang nyemek-nyemek gitu, hihihi… rasanya lebih greget.

Kalau sudah matang, baru dicicip kira-kira asin dan manisnya sudah cukup atau belum?

Kalau belum, silahkan ditambah sesuai selera. Mudah banget kan?
.
Kemarin saya sempet pernah ngerasain eneg ngliatin masakan Daging, gara-gara keseringan masak daging horang kayah! Halah.. bukan beli sendiri kok. Alhamdulillah melimpah ruah rejeki saat Idul Qurban. Banyak yang ngasih daging ke saya cuma-cuma. Mulai dari tetangga, para mama dan dapat bagian dari qurban.

Nah teman-teman yang pernah senasib dengan saya, alias masih bosan dengan Daging, yuk mari memasak yang lain.

Kita berkreasi dengan telur rebus. Enaknya diapain hayo? Kalau resep dari Madura nih ada makanan telur rebus yang namanya “Telur Petis”. Jadi telur rebusnya di goreng dulu biar lebih eksotis, ada item-itemnya. hihihi… Mau tahu resepnya?

telur petis masdura
ini hasil akhir yang telah matang

Baca saja selengkapnya dengan Klik “Resep Telur Petis Madura”

Jangan Kawatir, saya juga masih berbagi Resep lainnya.

Siapa yang suka Kepiting?

Kare Kepiting.

Kalau resep ini saya belum tahu asalnya dari mana.

Karena Mama saya masak kare kepiting ini rasanya mirip dengan Mama Mertua, yang berasal dari Madiun blesteran Surabaya *aiiih bahasa mana blestaran. Hahahaha…. Saya padukan resep kedua para mama menjadi.. jreng.. jreng..:

kare kepiting

Mau resepnya? Coba aja di klik disini “Resep Kare Kepiting Curhat”

Kenapa namanya jadi Curhat ya?

Apa karena sering curhat sama mama mertua?

Atau karena punya kepiting yang suka curhat? hihihi..

Alasannya ga ada yang benar semua.

Jadi sebenarnya karena kare kepiting ini ada di blog saya yang sebelumnya bernama curhatanaksekarang.

Kepoin aja kalau mau tahu dulu saya disana bagaimana?

Banyak cerita personalnya sih tambah bikin kepo.  Hahahah..

Yaudah deh saya makan dulu ya, udah matang nih Krang Binacinya…

 

Salam Lapeeeer,

 

Dewi Adikara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.