Lobster telur asin

Resep Lobster Telur Asin

Bagikan Artikel ini

Ketemu weekend lagi.. Hore.. tapi rasanya kok cepet banget ya? Kayaknya baru aja saya masak dan berbagi (klik) Resep Telur Petis Madura. Mungkin sayanya yang berasa libur panjang ya, nah antara hobi dan pekerjaan waktunya sama setiap hari. Hehehehe.. Sudahlah, yang penting saya mau berbagi Resep Lobster Telur Asin yang rasanya bikin saya geregetan pingin buat lagi. Tapi berhubung sadar diri pada resiko kolestrol yang naik, cukup saya abadikan resepnya disini saja. Silahkan di subscribe atau diberi bookmark ya, supaya tidak kehilangan catatan resep nendang kali ini:

Lobster Telur Asin:

Lobster telur asin
Lobster ala sahabatblogger

Bahan :

1/2 kg Lobster, disini saya dapat isinya 4 ekor. Tidak terlalu besar sih, tapi lumayan buat manjain suami. Minimal kalau ditanya pernah makan Lobster? Jawabnya: “Pernah, istri saya yang masak..” Cieeeee,,, GR..

1, 1/2 butir telur asin matang, ambil bagian merahnya saja ya. Saya pernah bereksperimen dengan yang mentah eh gagal, saya nya mungkin yang kurang paham kalau ngolah mentah gimana caranya. Kalau cara saya yang kali ini sih sukses dan mudah. Eh tau tidak, kenapa kok merah telurnya 1, 1/2? kok nanggung ada setengah? Jawabannya sih bukan perkara ini komposisi yang pas. Jawabannya sederhana, 1/2 nya dimakan anak-anak. Hahahah.. Tapi hasil akhirnya pas kekentalannya, kata suami.

1 sdm daun Nori tabur, ini bisa kita gunting dari salah satu merk yang dijual dipasaran. tapi kalau ga mau ribet bisa langsung beli di online shop ada kok yang jual sudah berupa bubuk.

1 bungkus tepung krispi, pakai merk apa aja bisa kok. Fungsinya untuk sensasi telur asin yang menempel pada lobster.

2 sdm Margarin, yang ini wajib nih, bahan yang bikin gurih setengah mati.

 

Bahan dihaluskan:

7 Bawang merah

5 Bawang Putih

1 sdm garam

1/4 sdt penyedap

 

Lobster dicuci dengan cara disikat. Lalu badan lobster dibagi dua. Ada cerita lucu dibalik masak saya kali ini. Saya sudah paham teori mencuci dan membelah badan lobster. Dengan PDnya saya mau mengerjakan, tapi begitu melihat wujud lobsternya yang masih mentah saya TAKUUUUUT… panggil Suami, tolong..!! Serius deh.. padahal sekitar 10 menit sebelumnya saya berdialog dengan pak Suami, “Bunda beri kejutan masakan maknyus ya.. salah satu wujud bunda manjain Ayah..” *sambil flirting. Dan ternyata Balik Kucing.. buahahahah…

Lobster mentah
Udang raksasa
Lobster air laut
Belah jadi dua supaya bumbu meresap sempurna

Setelah itu saya cukup jadi fotografer, suami yang membersihkan, membelah badan lobster, hingga merebus dengan air dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah direbus matang tiriskan. Simpan air kaldu lobster. Putar-putar lobster pada tepung goreng krispi, lalu goreng dengan sedikit minyak. Karena lobster sudah matang, maka tidak perlu lama menggorengnya, hanya sampai menguning keemasan, angkat dan tiriskan.

Lobster goreng
Flatflay Lobster goreng

Tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan hingga wangi. Diwadah yang berbeda encerkan merah telur asin dengan kaldu lobster. Masukkan pada tumisan. Tambahkan air bila perlu, sesuai selera untuk tingkat kekentalannya. Masukkan Margarin hingga cair, kemudian masukkan lobster. Aduk hingga merata. Tambahkan garam bila perlu.

Matikan Api, pindahkan pada piring cantik dan Sajikan dengan ditaburi bubuk Nori dibagian atasnya.

Waduh, saya yang praktek pertama kali aja heboh banget bisa masak seenak ini. Padahal ya tidak pernah tahu resep ini. Saya buat bumbu-bumbu itu cuma pakai felling, karena saya penggemar makanan Seafood yang berbumbu telur Asin.

Mmmm… Menikmati sekali, walau terkadang menyingkirkan memori lobster yang mentah tadi. hihihi.. bentuknya cantik yang sekarang.

Lobster telur asin
Siap disantap Lo

Cara bikinnya mudah kan? Mau praktek juga? Cari Lobsternya dulu ya. Kalau saya kemarin kebetulan ada tetangga jual lobster segar, jadinya cheating. Alasan ya, padahal ya cheating yang direncanakan, hihihi.. Tapi memang kalau niat makan besar seperti ini, beberapa hari sebelumnya saya stop dulu makanan yang berkolestrol supaya tidak menumpuk dan malah jadi sakit. Lalu yang kedua karena saya suka berekperimen memasak membuat sesuatu yang baru bagi saya itu menarik dan menantang.

Mari memasak,

 

Dewi Adikara.

 

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.