Resep Telur Petis Madura

Bagikan Artikel ini
Resep Telur Petis Madura kali ini adalah resep turun temurun dari nenek Moyang saya.
Dulu sering ada jargon “Resep rahasia keluarga” tapi kalau Zaman Now, bisa berbagi resep tuh Alhamdulillah.
Siapa tahu berguna bagi orang lain, apalagi buat teman-teman yang merantau jauh dari sana-sini.
Lalu, Googling jadi andalan utama bagi mereka.
Semoga bermanfaat ya….

Tidak semua orang pernah makan resep telur petis ini.

Bisa jadi teman-teman pernah karena dapat anter-anter dari tetangga yang turunan Madura.

Kok pede bener sih?

Iya yakin bener.

Karena rahasia bumbu dari masakan ini adalah dari Petis Madura.

Petis ikan, yang nendang banget! Duh saya sampe ngiler-ngiler nih nulisnya. Wkwkwk… maap jangan dibayangkan ya.😂

Cukup bayangkan saja Petis Madura itu seperti apa.

Ini dia warnanya, stok wajib yang harus ada di lemari dapur saya.

Petis Madura
Petis Madura warnanya kemerahan

Sebenarnya Petis ini tidak hanya untuk resep telur Petis.

Petis ini bisa juga dijadikan modifikasi masakan lain. Yang perlu diingat Petis ini rasanya asin dan gurih.

Jadi, kalau masak pakai Petis ini, si Garam sebaiknya dimasukkan terakhir ya.

Supaya hasilnya enggak keasinan.

Selain itu, kalau teman-teman punya kerupuk singkong, coba buat Petis ini dengan cabe dan air hangat.

Mmm… enak banget. Itu namanya rujakan kerupuk singkong dengan petis madura.

Duh… balik lagi ya ke Resep Utama, hahaha…

Telur Petis Madura

Bahan Bumbu diulek:

7 Bawang putih

4 Bawang Merah

2 ujung jempol Kunci (bahan rempah-rempah ya, bukan kunci rumah😀)

1 ujung kelingking Kunyit (di bakar dulu ya, supaya enggak pahit)

1/2 kelingking Jahe

Bahan direbus:

10 Butir Telur (tergantung selera ya).

Kalau saya sepanci masak agak banyak karena suami saya suka banget masakan ini.

Setelah telur direbus, diangkat, didinginkan dan dikupas.

Ingat didinginkan dulu ya, kalau masih panas dikupas nanti bisa-bisa si mulut Hahuhahu.. coba deh buktikan 😀

Salah satu Rahasia dari masakan ini adalah, Habis dikupas digoreng dengan sedikit minyak.

Rasa gurih telur yang ada bekas gorengan ini, seringkali yang bikin kangen untuk makan masakan ini.

Berikan irisan tipis pada permukaan telur, agar tidak meletup-letup saat digoreng.

Telur goreng
Telur digoreng
Bahan Pelengkap:

*2 batang sereh

*2 lembar daun jeruk

*Air sepertiga panci masak

*Santan. Bedakan hasil perasan jadi dua, encer dan kental.

*Petis Madura 1/2 kaleng.

*Garam dan sedikit penyedap.

Cara memasak:

Tumis bumbu yang sudah diulek dengan sedikit minyak, bersamaan dengan 2 batang sereh, dan 2 lembar daun jeruk.

Tumis
Mis.. Tumis..

Setelah wangi, masukkan air dan telur yang sudah digoreng.

Masukkan santan yang encer terlebih dahulu sambil diaduk, masukkan Petis Madura.

Didihkan.

Terakhir, masukkan Santan kental, aduk terus sampai kembali mendidih.

Matikan api, masukkan bawang goreng dan garam sesuai selera.

 

Resep telur Petis madura
Hasil akhir
Perjalanan panjang untuk memasak, saya seperti sedang menyebrang ke pulau garam.
Tapi begitu merasakan makanannya, terbayar sudah keringat ini.
So, Nyummy!

Baca Juga : Resep Lobster Telur Asin

 

Salam semangat,
Dewi Adikara.

2 Comments on “Resep Telur Petis Madura”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.