Liburanku saat ini bersama STT BANDUNG

Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum sahabat! Liburanku saat ini bersama STT BANDUNG,

Wah bagaimana ceritanya? Sebagai orang tua Millennial, tentu saya harus update informasi terkini ya. Kita lihat kecanggihan teknologi yang luar biasa meroket. Segala informasi dengan mudah bisa di akses, sehingga mau update informasi terkini juga pasti banyak sumber. Bisa dari dunia musik, liburan, film, artis, agama, pemerintahan, pekerjaan, pendidikan dan banyak pilihan lainnya.

Semua informasi terkini semakin bisa kita pilih sesuai dengan apa yang kita sukai. Liburan saya kali ini melihat pergelaran wisuda STT Bandung secara online. Saya saja yang melihat dari jauh terkesima, apalagi teman saya yang menghadiri langsung di lokasi. Seru, mendebarkan, dan membanggakan.

STT Bandung adalah singkatan dari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Sekolah ini resmi berdiri pada tanggal 05 Oktober 1991 dengan Nomor SK Dirjen DIKTI No: 197/DIKTI/Kep/1992. Saat itu jurusan yang dibuka adalah Teknik Industri jenjang S1 yang beraktifitas di kampus STTB di Jalan Kartini No. 10 Bandung Jawa Barat. Meskipun usia STTB baru dua puluh empat tahun, akan tetapi Jurusan Teknik Industri STT Bandung ini memiliki sejarah yang cukup panjang di bidang pendidikan dan ilmu teknik industri di Indonesia khususnya di Jawa Barat.

STTB

Acara wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) ke XIII dilaksanakan di Hotel Harris and Convention Festival Citylink, Bandung. Acara ini di gelar pada hari Sabtu tanggal  08 Desember 2018. Acara di buka langsung oleh ketua STT Bandung bernama Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M.T., Beliau menyampaikan bahwa STTB merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berstandard internasional.

Wisudawan kali ini sebanyak 183 orang sarjana yang terdiri atas 106 Sarjana Teknik Industri dan 77 orang Sarjana Teknik Informatika. Sampai saat ini STT Bandung telah meluluskan 1.355 sarjana. Dan sebanyak 120 jumlah dosen, 96% diantaranya sudah S2., mereka memiliki target di tahun 2019 adalah 70% sebagai lulusan S3.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pada tahun 2018, STT Bandung menerima 1250 mahasiswa, 75% mahasiswanya dari Jawa Barat sedang 25% sisanya berasal dari Pulau Jawa lainnya, Sumatera, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan luar negeri seperti Malaysia, Qatar, dan Timor Leste.

Wisuda kali ini memiliki susunan acara sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Lagu Indonesia Raya
  3. Laporam Ketua STT Bandung
  4. Sambutan-sambutan
  5. Orasi Ilmiah
  6. Pembacaan SK Ketua STT Bandung
  7. Pelantikan Wisudawan
  8. Penandatanganan MoU
  9. Penyampaian Kesan dan Janji Wisudawan
  10. Pembacaan Doa
  11. Penutupan Sidang Senat Terbuka
  12. Ramah Tamah

Orasi ilmiahnya dipimpin oleh  Dr Cyrille SCHWOB, APAC Head of Research & Technology Development at Airbus, yang berkantor di Singapura. Dia datang ke Bandung khusus untuk berbicara di depan para wisudawan STT Bandung. Lalu pembicara mewakili para wisudawan adalah Tina Sri Handayani S.Kom, yang meraih tiga medali sekaligis dalam event Paralimpik Daerah (PEPARDA) V 2018 di Bogor.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ia berhasil mempersembahkan medali emas di cabang olahraga lari 200 meter, medali perak di cabang olah raga lompat jauh, serta medali perunggu pada cabang olahraga lari 100 meter dalam event tersebut.

Wisudawan dari STT Bandung umumnya hanya butuh waktu 45 hari bagi alumni untuk produktif setelah lulus.  STT Bandung didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang kompeten di bidangnya, dan mampu menghadapi tantangan global, mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada di sekelilingnya, dan memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi dengan harapan dapat menjadi seorang pengusaha sukses serta dapat menciptakan kesempatan kerja bagi lingkungannya.

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung telah berhasil menerapkan pola dan metode yang tepat kepada lebih dari 400 lulusan sehingga dapat diserap oleh berbagai perusahaan, industri maupun wirausaha. Saat ini lulusan STT Bandung banyak yang sudah menempati posisi penting di berbagai instansi dan perusahaan seperti di:

  1. PT. DI
  2. PT. LEN
  3. PT. TELKOM
  4. PT. PINDAD
  5. PT. PANASIA
  6. LIPI
  7. Instansi/perusahaan/BUMN lainnya.

Saat acara wisuda 8 Desember 2018 tersebut, dilakukan MoU dengan PT POS, Bank Sampah Bersinar, Universitas Nasional PASIM, PT SLU, CMYK, dan HUNGCHI TAIWAN. Tidak dipungkiri lulusan STT Bandung menghasilkan lulusan yang kreatif, salah satunya membuat games berbasis android untuk pencegahan penyalahgunaan napza. Ada pula yang membuat semacam smarthome dengan studi kasusnya ruang kelas di STT Bandung. Dengan Lampu serta AC akan menyala dan mengatur dirinya sendiri sesuai dengan jumlah orang yang hadir di ruangan. Semakin panas suhu ruanganmaka AC akan semakin mendinginkan ruangan.

Para Wisudawan yang memiliki skripsi terbaik, dan juga wisudawan yang difable berprestasi diberikan penghargaan pada acara wisuda kali ini. Wisudawan terbaik dari program studi Informatika diraih oleh Iin Indrayani, S.Kom. Sedangkan wisudawan terbaik dari program Studi Teknik Industri dipegang oleh Srikanti Astuti, S.T.

Kemudian sebelum penutupan ada sajian paduan suara dan angklung.

Bagaimana ya jadi orang tua mereka, kebayang kan? Betapa bangganya bisa hadir dan berdiri didepan disambut dan diberikan penghargaan karena prestasi anak bangsa.

Semoga anak-anak kita bisa kreatif dan inovatif sepeti mereka ya.

 

Salam,

Dewi Adikara.

 

Sumber foto dan bahan:

Liputan Blogger offline Wisuda STT Bandung

https://sttbandung.ac.id/.sejarah

 

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"