Resensi buku PoF: Cinta 25 plus (25+)

kelas menulis PoF
Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum, salam hari buku sedunia…! 

Mumpung masih di bulan yang sama, jadi saya sempatkan menoreh ucapan untuk tanggal 23 April dimana itu adalah moment hari buku sedunia:)Kolaborasi artikel kali ini dengan mbak Dwi blogger pemilik blog www.duniaibuibu.com yang sedang mengusung tema resensi buku.

Judul: Cinta 25+

Penulis: Penulis dari kelas menulis PoF, mentor Oksand.

Pimpinan Project: Dena Ibrahim-PoF Project

Penerbit: Azkiya Publishing

Tahun terbit: 2019

Ketebalan buku: 190 halaman

Nomor edisi: 978-623-7021-23-0

Harga: 75,000

View this post on Instagram

– CINTA 25+ ========= Buat Karya lagi di Antologi😍 Kolaborasi luar biasa, yang saya rasakan dari seorang CEO kece, Penulis handal yang tampil beda dan Lifestyle Blogger. Semoga bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang ya…! Terimakasih kak @dhenaibrahim (CEO POF) yang telah mempercayakan saya menjadi Editor first layer di dalamnya. Terimakasih juga pada kak @oksand_penulis (Penulis Novel Tuing) yang sudah menjadi mentor dan Editor pada buku ini. Dari pengalaman saya mengedit naskah dari penulis, isi naskahnya semua pada “Gila” cakep banget, dan semua original. Mereka punya berbagai sudut pandang yang luar biasa. Sstt.. Ini genre Dewasa ya, makanya di sebut 25+ artinya yang baca harus diatas usia 25 tahun. Isinya penuh inspriratif. Di buku ini saya enggak hanya jadi editor first layer, tapi juga menghasilkan karya 25+ juga, penasaran enggak sih gimana saya bercerita? SINOPSIS : Ini bukan kisah cinta biasa. Apalagi cinta monyet. Tokoh-tokoh di dalamnya mempunyai cerita yang mungkin hanya dialami sebagian orang. Di buku antologi ini ada cerita cinta ibu pada putrinya, yang barangkali cemburu, karena ada ‘makhluk’ lain yang mungkin mencintainya juga. Ada juga cerita cinta wanita penghibur. Memangnya kalau gadis malam tidak boleh memiliki cinta? Hanya boleh satu malam saja? Dan ada juga tentang cinta… pada kekasih orang lain. Diteruskan atau jangan? Karena cinta tak bisa dibendung. Masih banyak kisah cinta lainnya. Bukan picisan. Ini adalah cinta dewasa. Cinta 25+. Miliki bukunya sekarang juga, bisa pesan dari sekarang😊 Cinta 25+ bisa untuk koleksi bacaan, bahkan untuk hadiah. Salam, Dewi adikara www.sahabatblogger.com #novel #cinta #novelcinta #cinta25+ #kolaborasi #penulis #blogger #ceo

A post shared by dewi_adikara (@melani_pryta_dewi) on

Buku Antologi ini adalah buku perdana dari kelas menulis PoF. Dengan mentor kak Oksand, seorang penulis yang sudah pengalaman meluncurkan buku solo berjudul “Tuing!” CEO PoF kak Dena Ibrahim, tidak ragu lagi untuk membuat komunitas kelas menulis agar menghasilkan karya yang bisa membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Alhamdulillah pada kelas menulis ini, pemilik tunggal sahabatblogger.com di percaya menjadi Editor First Layer, selain saya menghasilkan karya tulisan dalam buku ini, saya diberikan tanggung jawab untuk mengkoordinasi pengumpulan naskah dan melakukan proses editing tahap pertama.

Melakukan proses editing tentu tidaklah mudah, apalagi pada tahapan pertama. Apa sih tahap pertama itu?

Tahap pertama adalah naskah yang masih fresh. biasanya untuk penulis pemula, seringkali isi naskah masih jauh dari sempurna, misalnya belum ada konflik dalam cerita, ending yang masih tanggung, masih banyak kesalahan dalam teknik penulisan, penggunaan tanda baca, elipsis yang terlalu banyak, bahkan cara penulisan dialog.

Walaupun demikian saya pantang menyerah untuk menerima tanggungjawab ini sebagai tantangan, dan Alhamdulillah kak Oksand, kak Dena dan penulis di dalamnya merasa puas dengan hasil kerja saya.

Dari pengalaman ini saya merasa amazing banget, dari membaca naskah per naskah yang memiliki berbagai sudut pandang, bahkan kisah-kisah tersebut terkadang menggetarkan hati dalam kisah cinta, membuat dada ini membuncah.

Dari perasaan gundah gulana, geram, menyakitkan, menyesakkan, menyesali dan segala kisah yang tidak ada yang sama di setiap cerita.

Buku Antologi ini, berisi kisah cinta yang cenderung dewasa karena itu judul yang disertakan adalah cinta 25 plus. Arti dari judul tersebut, pembacanya harus diatas 25 tahun. Buku ini adalah fiksi semata, dimana setiap kisah bisa jadi pengalaman penulis, orang lain bahkan imajinasi dari penulis.

Setiap tulisan yang ada dalam buku selalu diakhiri dengan profil penulis dengan berbagai media sosial yang dimilikinya, sehingga para pembaca tidak perlu khawatir bila ingin mengenal lebih lanjut bisa melakukan kontak langsung pada penulis yang bersangkutan.

Beberapa kisah cinta yang ada di dalam buku ini diantaranya adalah kisah cinta bertepuk sebelah tangan yang masih terus diperjuangkan, kisah cinta seorang ibu kepada anaknya namun harus terusik dengan makhluk dari dimensi lain, kisah cinta seorang pekerja seks komersial, kisah cinta seorang istri yang menemukan suaminya ternyata penyuka sesama jenis, dan banyak kisah cinta menarik lainnya.

Cerita cinta memang harus diperjuangkan, harus dirawat dan terkadang tidak mudah ditebak. Dari berbagai kisah orang lain, kita berharap bisa menciptakan kisah cinta yang bisa menginspirasi dan membuat orang yang kita cintai dapat merasakan sebesar-besarnya cinta yang kita miliki.

Kalau sahabat, sudah memaksimalkan rasa cinta kalian?

Berikan cinta sewajarnya, berikan besarnya cinta tepat pada waktunya. Dan yang pasti bila cinta pada pasangan, berikan setelah kalian sah dalam ikatan suci perkawinan sebagai suami-istri dan secara hukum di negara Indonesia.

Bagaimana sudah siap membaca?


View this post on Instagram

– MaasyaAllah, saya tidak pernah mengira dipercaya menjadi editor first layer, memang banyak menyita waktu dan menemukan pengalaman luar biasa di sini. . Tapi ikut andil dalam pembuatan buku “Cinta 25+” membuat saya makin semangat untuk belajar dan berkarya. . Alhamdulillah mereka sang penulis pada senang naskahnya saya bantu edit, alias saya bantai. . Terimakasih ya Allah, dan terimakasih atas kepercayaan teman-teman semua😘 . Karya Antologi saya kedua ada di buku ini. . Abaikan wajah saya yang keliatan seperti emak-emak, biar dianggap pantas baca Novel genre Dewasa, hahahah… *emang udah emak kalik😂 . Mau punya juga? . Edisi terbatas loh! . #bukuantologi #cinta25+ #editor

A post shared by dewi_adikara (@melani_pryta_dewi) on

Salam,

Dewi Adikara 

10 Comments on “Resensi buku PoF: Cinta 25 plus (25+)”

  1. Oh ternyata selain dirimu nulis dirimu juga ngedit ya mbak? Pasti buku ini istimewa banget yaaa 😀
    Jd penasraan pengen baca. Sukses ya buat penjualan bukunya 😀

  2. jadi penasaran nih pengen baca juga, covernya aja udah cantik gitu.
    bisa beli di Gramed gak nih Mbak? atau harus pesan khusus ya?

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"