#21dayshealthylifestyle

Bagikan Artikel ini

Di Instagram pada sliweran hastag #21dayshealthylifestyle pada bingung ga sih? Apaan itu? Kalau dari artinya sih Gaya hidup sehat selama 21 hari. Mau ikutan kasih hastag biar bikin badan sehat ah, lah ngapain aja ya bingung.. akhirnya malah ikut-ikutan doang, ambil foto dan ga jadi bentuk gaya hidup sehat apalagi Olahraga? Jadi disini saya berbagi apa saja yang akan dilakukan versi sahabatblogger.com

Sebenarnya kegiatan ini berawal dari misi beberapa kawan founder titik tengah yaitu mbak Novia dan mbak Nia, mereka berniat untuk mengajak teman-teman untuk lebih sadar kesehatan tubuh. “Karena kalau memulai sendirian pasti males banget, Tapi kalau ramai-ramai pasti deh semangat. Dan supaya menginspirasi banyak orang bahwa proses itu perlu. Dengan adanya proses pasti kita akan mendapatkan hasil yg sempurna” begitulah kata Mbk Novia cewek cantik Blogger asal Semarang. Berawal dari panduan ini, maka kita nanti bisa kembangkan sendiri:

– #21harimenujusehat #21dayshealthylifestylechallenges #21harijadisehat Cek link aktif di Bio ya…?

A post shared by dewi_adikara (@melani_pryta_dewi) on


jangan lupa follow itu akun Instagram saya.

Terus terang saya ikutan agar termotivasi membuat gaya hidup sehat, minimal dengan menambah pertemanan dalam misi yang sama, bisa menambah support, bahasa psikologinya bisa disebut “Support Group” heheh.. maap nyeleneh ke psikologi maklum jebolan dari sana?. Dan karena baru berenti menyusu jadi nafsu makan masih sulit dikontrol, dulu larinya ke ASI dan jadi nutrisi si kecil, sekarang jadi lemak, Kyaa…

Baca Juga: Cara Menyapih anak tanpa paksaan

Pengikut kegiatan #21dayshealthylifestyle berasal dari seluruh nusantara ada yang dari Jawa, Jakarta, sumatra barat sampai papua, bahkan yang tinggal di Dubai kebangsaan WNI pun ada disana, colek mbak Ayu ?. Lah dari tadi nyengir aja neng, iya seneng sih. Alhamdulillah kok ya kebetulan banget bisa terjerumus di group ini, salam kenal ya semua kalau kalian lagi baca ini *eh kok GR. Tapi doaku semoga kita semua Istiqomah menjalankan dan berhasil, hehe..

Nah, pastinya saya juga punya rencana pribadi, gaya hidup sehat yang bagaimana yang mau saya terapkan. Mungkin beberapa ulasan saya bisa berguna bagi kawan-kawan, yuk disimak:

1. Merubah kapasitas makan.

Jumlah makan yang baik sebenarnya seperti Sunnah Rasul yang pernah saya pelajari yaitu, berhenti makan sebelum kenyang. Jadi teorinya kita umpamakan porsi perut dibagi 3 yaitu: untuk makanan, untuk minuman dan untuk bernafas. Jadi dengan menyadari ini, kita kalau makan ga berlebihan, apalagi kita nemu Menu yang kita suka, misal ikan asin atau sambelnya yang bisa bikin nambah nasi terus *kita? Saya kali, hahahaha..

2. Merubah menu makanan.

Menu makanan sebenarnya kalau bagi kita yang sudah diatas 25 tahun itu lebih baik yang bernutrisi, balik lagi jadi anak bayi yah. Biasa kalu udah jadi orangtau sering ngalah-ngalah, yang seringkali berlaku juga di makanan. Ga cuma memperhatikan anak bayi kita juga harus mulai memperhatikan apa yang kita makan, acuannya kita kudu sehat, agar bisa memperpanjang usia dan bahagia sama mereka. Kita makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan, hahaha.. Merubah menu makanan bisa dengan pembiasaan. Karena sebaik-baiknya makanan adalah yang bersahabat dengan Tubuh kita. Jadi dengan sadar untuk kebaikan tubuh,, maka kita bisa berusaha memasak makanan yang bisa buat kita bertahan hidup lebih lama  Sehat. Seringkali habis makan kepiting kolestrol meningkat, makan kripik melinjo lalu asam urat kambuh, makan Mente langsung darah tinggi naik. Bueeeh.. makin pusing aja. Mau makan sehat ati mau makan enak?

– Alhamdulillah? ternyata mencapai 50 like, ga duga sahabat IG saya penggemar kepiting..?? (cek di postingan sebelumnya☺) Mari saya berbagi Resep.. Bisa klik di bio atau lihat di link berikut ya.. https://curhatanaksekarang.wordpress.com/2017/10/06/resep-kare-kepiting/?preview=true #karekepiting #kuliner #foodie #masak #lezat #mantab #gagaldiet #mommybloggers #blogger #sahabat #deliciousfood #crabs #photografy #photoshoot

A post shared by dewi_adikara (@melani_pryta_dewi) on


Apalagi diluar sekarang sekali orang berjualan makanan yang bisa bebas kita pilih. Coba deh sekarang lebih ketat memilih, junk food atau sayur? Berlemak atau Jus buah? Beli buah atau beli Snack?

3. Menyukai buah dan sayur.

Ga ada nih ya Buah dan Sayur bikin gendut. Sudah terbukti anak saya, suka makan buah eh ga gendut-gendut. Sampe maminya stress kalau timbangan posyandu bulanan diinjak dikakinya. Heheh.. stress tapi Heppi soalnya anaknya sehat, tapi ya gitu makannya dibuat dobel, makan karbohidrat diusianya penting untuk pertumbuhan nya. Lah kalau buat kita yang udah diatas usia 25 tahun wajib hukumnya buah dan sayur. Karena mereka memiliki vitamin dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Kenapa sih dari tadi bilang diatas 25 tahun.

#kuliner #foodie #photoshoot #mommybloggers #bloggerperempuan #makanannusantara #makananindonesia #sehat #anak #lezat #buah #banana #pisang #yellow

A post shared by dewi_adikara (@melani_pryta_dewi) on


Karena menurut ilmu yang saya pelajari, usia 25 tahun itu titik balik manusia. Perkembangan selnya sudah mulai melambat, bukan berhenti ya. Jadi contoh mudahnya, kalau anak kecil luka bisa cepet sembuh, nah kalau usia diatas 25 tahun lebih lama dibandingkan anak kecil (Diluar faktor perawatan luka dan pola hidup orang tersebut ya). Karena itu juga diusia 25 tahun keatas orang sudah mulai berkeriput, rambut beruban, daya ingat menurun. Jadi produksi sel-sel baru sudah menurun, nah kalau pola makannya asal kenyang saja, bagaimana tubuh kita bisa sehat? Noted ya buah dan sayur.

4. Memperhatikan Fisik

Memperhatikan badan kita, sama saja kita merawat bagian-bagian badan kita. Masak cuma isi dompet aja yang diperhatikan, hahahaha… Jadi kita merawat tubuh dengan mandi rajin 2x sehari, bisa mengganti sel-sel kulit mati dan menyingkirkan bakteri dari tubuh kita. Kalau dikepercayaan saya, berwudlu itu bagus banget loh, apalagi paling sedikit dalam sehari wajib dilakukan 5x untuk sholat fardlu. Bisa kinclong dan sehat, karena semua pori-pori bagian tubuh segar kena air. Nah selain itu kita perlu sadar bahwa bagian tubuh kita banyak engselnya, kayak pintu kalau jarang dibuka dan ga dirawat engselnya bisa karatan. Nah, kita perlu menggerakkan engsel-engsel tubuh kita, tidak perlu gerakan yang kuat, pergerakan ringan saja sudah bagus untuk tubuh kita. Jadi secara ga langsung kita jadi rutin berolahraga ringan. Selain itu perlu kita perhatikan apa pembuluh darah kita lancar? Bisa kita lakukan pijat akupreser dengan rutin, kebetulan ayahanda Master Akupreser, beruntunglah diriku. Kamu mau? Beliau berpengalaman pengobatan di Masyarakat loh, silahkan email untuk info lebih lanjut ya. Kok jadi promosi? biarin lah memang berbakat kok, hehe.

Baca Juga : Bagaimana dunia menjadi milikmu

5. Memperhatikan Psikis.

Badan udah sehat, makanan udah dijaga, eh pikiran Stress melulu. Bukannya aku ga pernah stress, tapi dengan pernah ngalamin jadinya bisa sadar bahwa kondisi itu bisa mengacaukan aktifitas fisik kita, metabolisme badan jugdia terganggu. Kalau faktor luar, misalnya kita stress jadi banyak makan, semua dimakan. Atau kebalikannya, kita jadi males makan, eh Mag kumat. Padahal ada yang lebih berbahaya lagi, kalau kita stress hormon kortisol kita naik, dan hormon itu tidak baik untuk tubuh. Malah bisa menaikkan gula darah. Duh, kalau stress tensipun bisa ikut naik kelas, ada yang nyenggol dikit, Macannya keluar. Hooaaar…!! Ga jadi sehat deh… Dengan kita mengenali kondisi psikis kita, bisa membuat kita menyadari bahwa semua masalah bisa diselesaikan. Tuhan pasti memberi masalah agar kita bisa menyelesaikannya, dan bisa naik level menjadi manusia yang lebih baik. Itu cara jalan berpikir agar kita mampu mengahadapi segala kondisi yang menyebabkan stress. Kalau diam tidak menyelesaikan masalah, ayo bergerak mencari cara positif untuk menyelesaikan, kalau bingung ya minta tolong orang yang bisa dipercaya, tapi bukan jadi pelakor ya?. Huft… Paling baik berdoa keatas, liat langit-langit maksudnya berdoa pada Tuhan YME.

 

Nah, itu sekumpulan ulasan yang menurut saya bisa mengubah pola hidupmu menjadi lebih sehat.

Kalau kamu gimana?

 

Salam sehat,

Dewi Adikara.

6 thoughts on “#21dayshealthylifestyle”

Dengan meninggalkan komentar positif akan menjadi perkenalan untuk saya bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete". Terimakasih.