6 Benda ajaib untuk memutihkan Gigi

banana
Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum,

Siapa sih yang enggak mau giginya putih?

Pastinya gigi putih membuat penampilan kita makin cakep dan menawan, hush… sudah menikah mau menarik perhatian siapa?

Ya tetap saja lah, walau sudah menikah kita perlu merawat diri.

Bukan berarti, seperti istilah jaman now dengan tagline:

“Sudah laku, gendut enggak papa” atau membela diri yang penampilan kucel dengan kata “yang penting sudah laku”

Wait...! bisa-bisa orang kira kamu enggak bahagia sama pasangan, gara-gara enggak merawat diri.

Nah kalau soal merawat gigi, saya jadi ingat beberapa foto nenek di media yang rajin banget mengunyah-ngunyah sesuatu. Saya penasaran dari kecil, kira-kira apa sih yang di kunyah itu?

Mana mulut dan giginya jadi merah semua? ternyata itu proses merawat gigi, dan apakah kalian sadar efeknya?

Mereka memiliki gigi yang sehat dan putih walaupun sudah lanjut usia. Apa kita bisa telaten seperti itu ya?

Kalau mau yang instan dan mudah sih, tinggal pergi saja ke spesialis dokter gigi, minta gigi putih, hias dengan berlian, bahkan gigi diukir seperti gigi kelinci pun sekarang bisa dilakukan…? tapi ingat perawatan gigi secara medis itu butuh dana gede… hihihihi.

Kalau mau kembali ke zaman tradisional yang hemat dan mengintip isi di dapurmu yuk mari, kamu enggak salah tempat.

Penyebab Gigi Kuning

Kalau teman-teman mau memutihkan gigi, setidaknya harus tahu apa sih yang membuat gigi kuning?

Disaat kita merawat gigi eeeeh kebiasaan yan membuat gigi kuning masih dilakukan ya sama aja seperti mau keringkan air di dekat muara air dong…!

Sikat Gigi Upin-Ipin

Saya bukan mau nyuruh teman-teman beli sikat bergambar upin-ipin… Saya mau bilang kalau sikat dengerin kata Upin-ipin, heheheh… Gimana caranya? bulat-bulat… bulat… seperti sajak lagu yang dinyanyikan upin ipin. Jadi jangan sampai salah ya, karena sisa makanan yang masih ada akan menyebabkan gigi kuning.

Terburu-buru

Sikat gigi tuh enggak dikejar deadline kok, coba teman-teman menikmati sikat gigi dengan berfikir ini adalah ritual wajib untuk kebersihan dan kepercayaan diri kita saat berkomunikasi dengan orang lain. Kalau sikatnya sekedar rutinitas tanpa arti, bisa-bisa terburu-buru, bahkan tidak sikat sama sekali alias jarang-jarang. Wah, wah hasilnya enggak maksimal deh.

Kebiasaan Merokok

Nikotin tuh yang bisa buat teman-teman jadi kuning, eh maksudnya giginya…! Hahahah…

Ngopi

Saya sering dengar, kalau ngopi dengan kopi itu bisa bikin gigi kuning bahkan item kalau serbuknya tertinggal di gigi. Serius! Kandungan cafein yang meyebabkan hal ini.

Mengkonsumsi Alkohol

Kebiasaan ini mah enggak cuma bikin gigi kuning, tapi juga buat kesehatan kita jadi rambu-rambu kuning deh… segera tinggalkan ya, enggak baik untuk kehidupan teman-teman loh…!

Nah akhirnya di penghujung Tips. Apa saja menurut teman-teman, benda di dapur yang bisa memutihkan gigi?

Benda Ajaib si Pemutih Gigi

Siwak

Ini resep dari jaman leluhur loh, bagus banget untuk memutihkan gigi. Caranya gosokkan batang siwak dengan merata 2-3 kali sehari.

Larutan air garam

Siapa kira garam itu bisa memutihkan gigi? selain memutihkan, kandungan anti bakterinya dapat menghindarkan gigi kita dari masalah berlubang. Caranya, larutkan garam dan kumur-kumur. Dibuang ya jangan ditelan, ih jorok, hahahah….

Arang kayu

Haduh engga bisa bayangin ya ambil arang kayu, namun nyatanya ini mengandung alkali loh. Dan kandungan ini mampu mengikis gigi kuning. Caranya, ambil sedikit arang kayu, haluskan dan beri perasan air lemon, sikatkan pada bagian gigi yang kuning. Untuk tips yang satu ini sebaiknya jangan terlalu sering digunakan karena bisa menipiskan lapisan enamel gigi.

Daun Sirih

Yang satu ini nih resep leluhur juga. Cerita nenek-nenek yang sering saya lihat, mereka kunyah-kunyah sampe mulutnya merah. Selain membuat gigi putih, daun sirih mampu menguatkan gigi. Caranya, bersihkan daun sirih lalu di kunyah langsung, kalau direbus juga bisa digunakan sebagai pencuci mulut.

Kulit Buah

Enggak ngira ya, ada loh kulit buah yang bisa memutihkan gigi. Coba tebak?

Kulit jeruk dan kulit pisang…!

Kedua kulit ini mampu memutihkan gigi loh. Caranya, bersihkan kulit pisang/jeruk, dan gosokkan pada gigi secara rutin dan merata.

Buah

Nah enggak cuma kulit buah yang bermanfaat, ada juga buah yang mampu membuat gigi putih. Apakah itu?

Apel dan stroberi…! Nyummy, kalau lihat makanan ini bisa ludes deh tanpa ritual gosok menggosok. Tapi dengan kedua buah ini kita bisa merawat gigi dengan cara yang asik dan bikin ngiler. Hihihihi… Caranya, cukup di gosok-gosok pada gigi, diamkan sejenak, lalu berkumur. Lakukan lagi secara rutin.

 

 

 

 

 
 

 

 
View this post on Instagram
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

 

. . KARYA ====== Hasil karya Fotografi hari ini, Bermain sama si Sulung sambil ngemil stroberi. Nyummy… . Edisi mager sambil buka lappy di www.sahabatblogger.com . #food #strawberry #foodfotography

 

A post shared by dewi_adikara (@melani_pryta_dewi) on

 

Itulah resep dari dapur yang bisa membuat teman-teman memiliki gigi yang terawat dan putih. Selamat mencoba ya:)

 

Salam,

Dewi Adikara

sumber gambar: dokumen pribadi dan pixabay.com

 

One Comment on “6 Benda ajaib untuk memutihkan Gigi”

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"