7 Tips awet muda di usia 25 tahun keatas

tips sehat
Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum sahabat,

Wah, kenapa nih dengan usia 25 tahun?

Awet muda, selalu jadi keinginan setiap orang khususnya para wanita yang menginjakkan usianya di 30 tahun keatas. Kenapa sih kok pakai rentang 25 atau 30?

Kalau saya sih simple aja angkanya gampang diingat dan ditulis, hahahahah… bercanda kok.

Sebenarnya sih ya, teman-teman tahu enggak?

Di usia 25 tahun itu kita mulai mengalami perlambatan reproduksi sel-sel baru. Itulah mengapa pada umumnya usia ini mulai rentan mengalami masalah penuaan pada kulit.

Kalau kita tidak pintar-pintar merawat kulit, maka efek samping dari kebiasaan hidup kita akan makin terlihat saat usia 30 tahun keatas.

Jangan dong.

Jangan sampai usia wajah mengalahkan usia kronologis kita, hayyah…!

Kalian mau tahu kan tips sederhana ini?

Tips yang bisa membuat garis-garis wajah datang lebih lambat bahkan membuat wajah lebih bersinar?

Jawab “iya” dulu ya, hahaha… *banyak basa-basi, minta ditimpuk bantal nih.

MENGENAL HORMON TUBUH

Sebelum memulai tips sederhana di atas, ada satu hormon penting di dalam tubuh kita, yang menurut saya tuh perlu kalian ketahui.

Hormon Stress?

Bukan. ini sudah pernah saya bahas, kali ini pakai hormon lain ya.

Baca juga: “Depresi dan cara menanganinya”

Hormon yang saya angkat kali ini adalah Hormon melantonin, yaitu hormon yang diproduksi di kelenjar pineal, sebuah kelenjar endokrin kecil yang terletak di pusat otak, dan berperan dalam regulasi fungsi biologis tubuh atau ritme sirkadian (http://lagizi.com/ritme-sirkadian-penentu-jam-biologis-tubuh/).

Hormon Melatonin dan Fungsinya

Hormon melantonin merupakan turunan dari asam amino triptrofan, yang diproduksi pada manusia, mamalia, reptile, burung dan amfibi. Pada manusia, hormon melantonin ini berperan penting dalam mengatur regulasi siklus tidur.  Adapun produksinya sendiri dipengaruhi oleh deteksi cahaya dan gelap dengan retina mata.

Hormon ini diproduksi secara alami dalam tubuh dan bisa mengalami kelebihan maupun kekurangan yang dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Kelebihan hormon melatonin dapat menyebabkan lesu, gangguan hati, gangguan mata, kelelahan, disorientasi, pikiran dan perilaku psikotik, kebingungan, mengantuk, gangguan berbicara, gemetar, sakit kepala, dan pusing. Sedangkan, kekurangan hormon melatonin akan menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia, tidur menjadi tidak nyenyak, pembesaran prostat, depresi, kelelahan, siklus haid tidak teratur, gelisah, sindrom premenstruasi (PMS), katarak, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan gangguan irama jantung (aritmia).

Fungsi hormon ini:

Regulator hormon lain, berperan dalam meregulasi hormon lain, sehingga hormon ini dinamakan sistem regulator pusat tubuh manusia.

Menjaga keteraturan dan stabilitas metabolisme sel, berperan dalam menjaga keteraturan dan stabilitas metabolisme tubuh. Tekadang metabolise tubuh tidak berjalan sesuai dengan yang seharusnya. Untuk mengembalikan hal tersebut, diperlukan hormon melatonin untuk menstabilkan kinerja sel dalam metabolisme.

Mempertahankan fungsi efisiensi dan efektivitas sel, hormon melatonin mampu mengatur kinerja sel yang ada dalam tubuh sehingga setiap sel memiliki tugas yang sesuai dengan kemampuannya. Selain fungsi efisiensi, hormon melatonin juga membantu menjaga efektivitas sel yang ada di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan sel, fungsi ini baik untuk membuat sel tubuh tetap sehat. Sel tubuh yang sehat akan mendukung kualitas hidup yang lebih baik.

Membantu memperlancar aliran darah, fungsi utama hormon melatonin yang lain adalah mampu bekerja untuk membantu memperlancar aliran darah. Hormon ini membantu memperlancar sistem peredaran darah, termasuk peredaran darah ke otak. Peredaran darah ke otak yang lancar akan membantu mencegah risiko penyakit stroke.

Membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, Melatonin juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh sehingga dapat mencegah risiko berbagai penyakit degeneratif.

Sumber Alami Melatonin

Biasanya melatonin diperlukan untuk mengatasi susah tidur. Terdapat beberapa bahan makanan yang ternyata mengandung melatonin alami, yaitu:

Cherry, salah satu buah yang mengandung melatonin alami. Buah ini akan membantu mengembalikan tidur nyenyak seseorang. Jika mengalami masalah tidur, cobalah untuk mengonsumsi cherry satu jam sebelum tidur.

Pisang, Potassium dan magnesium dalam pisang dapat membantu merilekskan otot tubuh. Ketika tubuh merasa rileks, tidur akan lebih nyenyak. Selain itu, pisang juga mengandung amino acid L-tryptophan, sebuah bahan yang akan menghasilkan 5-HTP di otak. 5 HTP akan diubah menjadi hormon serotonin dan melatonin secara alami.

Susu hangat, membantu mengatasi tidur dan merilekskan tubuh sebelum tidur. Kombinasi susu putih dan buah pisang akan membantu meningkatkan produksi 5 HTP yang pada akhirnya akan menghasilkan melatonin di dalam tubuh.

Oatmeal, sarapan pagi dengan oatmeal dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan jarang mengalami insomnia.

Roti tawar, kandungan karbohidrat dalam makanan dapat memicu produksi hormon insulin dalam tubuh. Insulin penting dalam produksi melatonin karena memungkinkan triptophan untuk lebih mudah mencapai otak dan menghambat produksi asam amino tirosin yang mengirimkan sinyal “bangun” ke otak. Pastikan Anda tidur dengan kondisi kenyang sehingga tubuh tidak resah dan terganggu saat tidur.

Almond, kaya akan magnesium yang diperlukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tubuh dengan kandungan magnesium yang terlalu rendah akan lebih sulit tertidur.

Kacang Kenari, merupakan sumber triptofan alami, yaitu asam amino yang membantu produksi serotonin dan melatonin dalam tubuh.

Kale, sayuran berdaun hijau seperti kale yang kaya akan kalsium membantu otak menggunakan triptofan untuk memproduksi melatonin. Bayam dan sawi hijau juga dapat menjadi pilihan yang sama baiknya.

Tuna, ikan seperti tuna, salmon, halibut kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi melatonin dan seratonin. Bawang putih dan kacang pistachio juga tinggi kandungan vitamin B6 nya.

7 TIPS AWET MUDA DI USIA 25 TAHUN KEATAS

Dari pembahasan panjang lebardi atas, sebenarnya saya mau menekankan bahwa “Tidur itu penting! Ia adalah salah satu cara agar kita bisa awet muda”

Maka saya tuliskan di urutan teratas.

1. Tidur cukup.

Posisi tidur terbaik untuk kecantikan kulit wajah adalah berbaring telentang. Posisi ini akan membuat lapisan atas kulit dalam keadaan rileks karena tidak mendapatkan tekanan dalam jangka waktu lama. Kebayangkan kalau tidur miring, muka ketekan bantal terlalu lama, alhasil saat bangun tidur wajah jadi nge-cap sarung bantal.

Gimana kalau itu terjadi setiap hari dan sampai usia kita menua?

Lapisan kulit teratas kita juga perlu dirawat dari sekarang.

Selain posisi tidur, dengan tidur yang cukup maka metabolisme tubuh akan bekerja lebih maksimal. Untuk itu mengapa hormon diatas saya ulas secara ekstra.

Teman-teman kalau mengalami susah tidur, bisa langsung cari bahan alami di atas ya.

sleep

2. Memulai tidur dengan Maksimal.

Tidur lagi nih yang di bahas. Benar kok, kalau kalian sulit tidur atau sering begadang, di jamin kalian akan berteman dengan si mata panda, pusing, lemas dan  kurang bersemangat. Hali ini bisa membuat wajah teman-teman jadi lebih tua loh.

Memulai tidur dengan maksimal, adalah dengan tidur lebih awal. Beberapa orang sering dengan alasan, karena kesibukannya tidak bisa segera tidur.

Bila kita berusaha tidur lebih cepat tiga atau empat kali dalam sepekan, kita akan mendapatkan manfaat signifikan. “Fase tidur 90 menit sebelum tengah malam merupakan tahap yang sangat penting. Dalam fase tersebut tubuh memperbaiki diri di setiap level, fisik, mental, emosional dan juga spiritual.”

Coba selesaikan tugas sebelum jam tidur, lalu singkirkan ponsel.

Seberapa penting bermain ponsel sebelum tidur?

Biasanya tidak terlalu penting karena kita hanya memeriksa media sosial, eh kepincut dengan apa yang kita lihat jadi bisa berlama-lama seliweran di media sosial.

Untuk mendapatkan malam yang berkualitas, kita perlu berhenti melihat ke layar, termasuk TV, laptop, dan tablet.  Matikan gadget satu jam sebelum tidur untuk membantu otak kita memasuki suasana istirahat. Buatlah kamar tidur teman-teman terbebas dari teknologi. sehingga saat kita terbangun, kita bisa fakus pada reaksi tubuh alamai dan berdoa *tidak perlu memeriksa ponsel dulu euy….

3. Sarapan pagi.

Salah satu pakar kesehatan: Dr Nerina menyampaikan bahwa, “Sarapan sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu 30 menit setelah bangun, bukan saat berangkat kerja atau terjebak dalam kemacetan. Sarapan 30 menit setelah bangun itu menstabilkan kadar gula darah.”

Selain itu, sarapan di pagi hari juga memberi sinyal pada tubuh bahwa seseorang tidak dalam kondisi kelaparan, sehingga pada malam berikutnya kita akan memproduksi melatonin, hormon tidur. Menurut Dr, Nerina melatonin hanya diproduksi saat kita merasa aman, sehingga ketika seseorang segera sarapan setelah bangun, maka ia akan mengirimkan pesan ke tubuh bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.  Sarapan di Jam Ini Jauhkan Anda dari Stres.

Selain membiasakan diri kita untuk sarapan, kita sebaiknya tidak mengonsumsi kafein (misal kopi) sebelum makan. Karena kafein menaruh stimulan ke tubuh yang akan menghentikan produksi melatonin. Dan jangan menggunakan kafein sebagai pengganti makanan setelah pukul tiga sore. Efeknya akan membuat teman-teman susah tidur nyenyak.

4. Konsumsi Air Putih.

Minum air putih Air diperlukan oleh tubuh. Minum air putih yang banyak memiliki manfaat baik, terutama untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tubuh manusia terdiri dari 70 hingga 80 persen air. Jadi agar biokimia tidur kita berfungsi optimal dan agar otak kita memproses hormon yang mengatur kita tidur, tubuh perlu terhidrasi. Oleh karena itu, minumlah dua liter air dalam sehari.

5. Menggunakan dan melakukan perawatan dasar.

Terapkan perawatan kulit paling dasar jika teman-teman benar-benar ingin memiliki kulit sehat dan terlihat awet muda, Mulailah dengan melakukan pembiasaan untuk perawatan kulit, seperti:  menghindari paparan sinar matahari langsung. Apabila diharuskan untuk pergi ke luar rumah, pakailah pakaian yang bisa melindungi diri Anda dari sinar matahari, misalnya baju dan celana panjang. Pakai tabir surya SPF 30 atau menyesuaikan jenis kulit. Gunakan pelembab untuk menghindari kulit kering, terutama bagian wajah dan punggung tangan.skin care

Dan ada satu lagi nih yang penting, jangan keseringan cuci muka ya. Kebanyakan orang seringnya berpikir kalau semakin sering cuci muka pakai facial wash akan membuat wajah menjadi lebih bersih. Padahal, semakin sering mencuci muka, justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih.

Sebenarnya teman-teman cukup mencuci muka dua kali sehari: pagi dan malam hari. Jika Anda hanya beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai make-up, dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bilas muka dengan air hangat (suam-suam kuku) di malam hari.

6. Konsumsi makanan dan minuman bergizi.

Banyak kok makanan bergizi, seperti sayuran dan buah. Ada lagi loh selain itu, coba deh konsumsi Salmon (dan beberapa jenis ikan air dingin lainnya). Karena ikan ini adalah sumber protein dan asam omega-3 terbaik, yang berfungsi untuk meregenerasi sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Para ahli mengatakan bahwa kandungan asam lemak esensial dalam salmon merupakan nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan kulit, yang bisa membantu mengurangi garis-garis halus penyebab keriput di wajah. Jika rutin makan salmon bisa membuat kulit tetap kencang dan awet muda.

Nah kalau minuman memang paling baik konsumsi air putih, ada juga yang bisa di coba loh.

Apa tuh?

Minum cokelat hangat. Suatu penelitian menunjukkan bahwa kakao mengandung dua antioksidan (epicatechin dan catechin) yang memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke sel kulit, menjaga kelembapan, dan membuat kulit terlihat dan terasa lebih halus.

Tapi ingat ya jangan makan dan minum secara berlebihan, bisa jadi buat tambah berat badan nanti.

7. Kebiasaan Hidup

Buatlah kebiasaan hidup sehat. Seperti mengatur pola di atas. Dan menjaga kebugaran tubuh dengan rutin berolah raga. Pentingnya adalah RUTIN, jadi bukan di forsir ya, seperti enggal pernah olahraga lalu tiba-tiba olah raga berat. Bisa- bisa tubuh mengalami kram dan kaget.

Kebiasaan lain yang perlu di hindari adalah memicingkan mata. Kebiasaan ini dapat menyebabkan kerutan yang menetap diantara alis kita. Setiap ekspresi wajah yang dilakukan berulang-ulang, seperti memicingkan mata saat kesilauan atau mencoba membaca teks jarak jauh atau yang terlalu kecil, tanpa disadari bisa menyebabkan lipatan dan garis-garis halus di kulit sekitar mata.

Lalu, yang terakhir adalah Hindari Merokok dan Minum minuman keras ya!

no smoke

Karena ini bukan hanya bisa mempercepat kerutan wajah, tapi juga mempercepat usia. Bukannya mau mendahului takdir Allah, tapi memang kandungan dari kedua benda ini enggak perlu deh untuk merawat tubuh.

Oke, teman-teman semoga tujuh tips sederhana diatas bisa membantu ya, mulai membiasakan hidup sehat yuk!

Bonusnya awet muda loh…!

 

Salam.

Dewi Adikara.

Tulisan ini merupakan kolaborasi blog bersama teman – teman Joeragan artikel minggu pertama. Mau baca tips lainnnya seputar Anti aging? Coba deh intip ke blog temanku bunda Hani.

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/26/094842920/5-cara-agar-bangun-tidur-dengan-kondisi-segar.
https://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/24/071200220/8-cara-sederhana-mencegah-keriput-di-wajah.
https://dosenbiologi.com/manusia/hormon.n-melatonin
http://lagizi.com/melatonin-hormon-pemicu-.kantuk/
pixabay.com

10 Comments on “7 Tips awet muda di usia 25 tahun keatas”

  1. nah kalau saya paling sulit itu memiliki kualitas tidur yang cukup 🙁 tidur 8 jam sehari itu mewah bagi saya. Tapi sekarang sudah mulai mengurangi pekerjaan biar bisa menambah waktu tidur 😀 biar bisa awet muda hihihi

    1. hihihi… iya mbak, saat aku coba ternyata ya makannya bikin nyenengin kok, saat lupa soal harga, wkwkwk… apalagi almond sering jadi moodbooster saat menyusui dulu. Nabung lagi buat beli yang mahil hihihi…

  2. Menjaga makan, olah raga dan selalu happy termasuk kunci awet muda juga ya mbak. Kadang seperti saya sendiri yang sudah 35 tahun tapi suka masih dikira lajang atau masih kuliah dan bahkan ada blogger yang mengira saya belum 30 tahun. Hahahahaaa

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"