Cara Mengatasi Bau Mulut

Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum sahabat…

Jumpa lagi dengan tips yang diangkut dari ramadhan challege dari BPN. Itulah mengapa saya tertarik ikutan, tema-tema yang mewakili cukup bermanfaat.

Enggak hanya buat teman-teman, saya pun bisa mengantongi tips itu di dalam blog ini, sehingga sewaktu-waktu bisa buka lagi deh untuk mencari solusi masalah kehidupan, salah satunya adalah Bau Mulut.

Siapa yang Mulutnya enggak pernah Bau???

Hayoooo jawab dalam hati aja ya… Aku yakin, para pembaca di sini pernah mengalaminya.

Apa sih penyebab bau Mulut?

Menurut Dr. Nicole Khalife, dokter gigi di New York, bau mulut itu bisa disebabkan oleh radang gusi, sakit gigi, dan penyakit dari lambung.

Nah kalau sudah tahu begini, siapapun yang terkena masalah bau mulut sebenarnya perlu kita perhatikan dan kita rawat, jangan asal jeplak bilang “ih… mulutmu bau…!”

Apa yang harus dilakukan bila kamu sahabat dari orang yang bau Mulut?

Yang jelas kalau kamu bukan dokter, kamu enggak bakalan bisa mengobatinya langsung saat sedang mengobrol dengan sahabat yang bau mulut. Walau kamu dokter juga enggak mungkin kan bawa peralatan dokter setiap saat, yang ada sih kamu bisa berbagi tips, tul enggak?

Nah kalau kamu bukan pakar mulut, minimal ada langkah berguna yang bisa kamu lakukan:

  1. Pertama, yang pasti kita menyampaikan dengan perlahan bahwa ada bau mulut yang berbeda dari dirinya, sampaikan kekhawatiran kita akan kesehatannya, dan sarankan ke dokter untuk pemeriksaan.
  2. Sampaikan dengan perlahan adalah dengan tidak meledeknya, apalagi mem-bully akibat bau mulutnya, misalkan “ih… mulutmu bau jengkol, sana ke dokter…” (bisa jadi dia habis makan jengkol ya, hihihi…).
  3. Sampaikan saat sedang berdua, jangan di depan forum, hindari saat di muka umum. Misalnya dia sedang kampanye, kamu ikut teriak “Bro, mulutmu bau…!” (bicara dari kejauhan) kejadian itu bisa bikin retak hubunganmu, karena kamu meretakkan kepercayaan dirinya dimuka umum.

Nah cara di atas ampuh untuk mengatasi bau mulut dari orang lain. Sekarang pertanyaannya,

Bagaimana bila bau mulut itu terjadi pada diri kita sendiri?

Sahabat ingin mencegah bau mulut atau mengatasi bau mulut nih?

Saya beri tips keduanya ya.

Cara mencegah dan mengatasi bau mulut.

  1. Sikat gigi  dua kali dalam sehari. Lakukan dengan baik dan benar, seperti upin dan ipin sarankan. Gerakan berputar.
  2. Gunakan pasta gigi dengan flouride. Sangat baik jika Anda juga menyikat gigi 15 – 20 menit setelah makan, khususnya jika banyak makanan yang terselip di sela-sela gigi. floride
  3. Menyikat lidah saat menggosok gigi. 
  4. Biasakan mengganti sikat gigi 3 bulan sekali. Setelah sembuh dari sakit, sebaiknya mengganti sikat gigi, untuk menghindari bila ada bakteri yang masih tertinggal.
  5. Rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan kondisi gigi dan mengantisipasi kemungkinan kerusakan gigi yang akan muncul.
  6. Makanlah makanan yang sehat dan alami untuk mengurangi risiko bau mulut. 
  7. Berhentilah merokok, karena produk-produk tembakau menyebabkan bau mulut tidak sedap. 

Baca juga: 6 Benda ajaib memutihkan gigi

Cara menghilangkan bau mulut dengan cepat

Bagaimana kalau kita sudah terkena bau mulut, namun belum sempat ke dokter?

Simak deh tips dibawah ini:)

1. Minum Banyak Air Putih

Air putih dapat menjaga kelembapan mulut tetap terjaga, karena saat mulut terlampau kering, bisa menyebabkan bau mukut. Minum banyak air putih setelah makan, untuk menghindari sisa-sisa makanan yang mungkin masih ada di mulut.

2. Berkumur dengan Mouthwash

Mouthwash atau cairan pencuci mulut didedikasikan untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap secara cepat. Berkumur kurang lebih selama 30 detik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Makan Permen atau Permen Karet 

Saat sahabat berbicara bertatap muka dengan jarak yang sangat dekat, permen karet menjadi solusi sebagai penyelamat yang dapat menyamarkan bau mulut tak sedap. Berbagai rasa permen karet bisa digunakan, namun aroma mint atau yang mengandung xylitol, dapat bekerja dengan lebih baik.

4. Kunyah Buah atau Sayur Penghilang Bau

Buah seperti apel, semangka, wortel, atau tomat memiliki kandungan air yang banyak bisa membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Ada pula trik jitu dengan mengunyah kulit jeruk, lemon, atau peterseli. Kulit jeruk atau lemon saat dikunyah, mampu merangsang keluarnya air liur di mulut. Hal ini membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap.bawang

Selain kulit jeruk atau lemon, kita bisa mengunyah peterseli yang memiliki zat penetralisir bau tak sedap, sehingga cocok untuk dijadikan quick-fix saat bau mulut terjadi pada kita. Dan satu lagi hindari makan bawang putih dan bawang merah mentah saat akan bertatap muka dengan orang ya.

Bagaimana sahabat, ingin mencegah atau menghilangkan bau mulut?

sumber:

gambar pixabay.com

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/18/130509320/bingung-menegur-suami-bau-badan-atau-bau-mulut-begini-caranya

https://www.tanyapepsodent.com/napas-segar/bau-mulut-inilah-penyebab-cara-mengatasi-dan-pencegahannya.html

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"