Cara menghilangkan Jerawat

cara mengatasi jerawat
Bagikan Artikel ini

Saya tuh dari dulu sering banget kena masalah ini. JERAWAT, menyebalkan sekali. Serius? 

Saya sampai sebel kalau udah dandan cantik, eh ada satu-dua jerawat mengganggu ulasan make up di wajah. Mana kalau jerawat itu meradang dan ada batunya, duh!

Saat saya mengalami jerawat yang kecil-kecil dan dalam jumlah cukup banyak pun itu mengganggu saya saat bermake up, sampai males pakai bedak. Serius deh!

Masalah kulit yang satu ini menjadi problem yang meresahkan dan dapat mengurangi rasa percaya diri.

Syukurlah masa-masa itu telah lewat, sekarang Alhamdulillah saya sudah bebas jerawat.

Apa sih Penyebab Jerawat?

Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat pada kulit. Berikut penyebab jerawat yang paling umum terjadi:

  • Perubahan hormon, bisa di masa pubertas, atau PMS.
  • Perawatan kulit yang salah, misalnya malas mencuci muka atau justru terlalu sering mencuci muka.
  • Faktor keturunan.
  • Penggunaan kosmetik yang salah.
  • Efek penggunaan obat-obatan.
  • Stres
  • Paparan debu dan polusi.

Adakah cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar?

Ada dong!

Teman-teman bisa lakukan sendiri di rumah, melakukannya kapan saja tanpa harus mengganggu waktu kita.

Ada bahan alami yang dapat kita gunakan untuk masalah jerawat pada kulit.

Apa sajakah bahan alami yang dapat menuntaskan masalah Jerawat?

1. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki kandungan Polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat. Caranya: Kita ambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih, untuk hasil yang makismal gunakan secara teratur.

2. Putih Telur
Putih telur memiliki kandungan enzim lysonzim yang mampu digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Caranya: Kita pisahkan putih telur dari kuningnya, tambahkan air perasan lemon, lalu oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan zat sulfur yang mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya: ambil 1 siung bawang putih, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Tunggu sampai 15 menit kemudian bersihkan.

4. Mentimun
Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, vitamin dan asam amino di dalamnya. Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat. Caranya: gunakan iris mentimun, letakkan pada kulit wajah berjerawat secara teratur.

Baca juga: Cara menghilangkan Ketombe

5. Air Lemon
Buah lemon memiliki kandungan asam askorbat dapat menghilangkan jerawat. Selain itu, buah ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Caranya, ambil peras 1 buah lemon. Kemudian airnya bisa langsung dioleskan pada muka yang berjerawat. Tunggu 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Madu
Madu banyak manfaatnya, salah satunya mampu mengatasi masalah jerawat. Kita bisa menggunakan madu sebagai masker jerawat setiap hari.

7. Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C, yang dapat menghilangkan jerawat. Caranya: ambil 1 buah tomat kemudian potong menjadi 2 bagian. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8. Pepaya
Pepaya memiliki kandungan enzim papain. Ia mampu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah berjerawat


9. Kulit Jeruk
Kulit jeruk yang memiliki kandungan vitamin A dan C serta flavonoid yang dipercaya mampu digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat pada kulit. Caranya: jemur kulit jeruk hingga kering. Setelah itu tumbuk hingga halus, tumbukan kulit jeruk tadi bisa Anda tambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada wajah seperti masker. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Saat kita melakukan perawatan dengan rutin, maka masalah seperti kulit berjerawat ataupun bekas jerawat dapat di atasi dengan mudah loh!

Baca juga: Kebiasaan mudah untuk menghilangkan jerawat

Salam,

Dewi Adikara.

Sumber foto: Pixabay.com

2 Comments on “Cara menghilangkan Jerawat”

  1. wah saya sejak sekolah di bangku sma sudah muncul jerawat kak, dan kulit wajah saya berminyak, bahkan sekarang juga kadang masih muncul jerawat, padahal juga sudah tuir hehehe 😀 bisa dicoba nih tips nya ya,

    salam kenal ya kak dan ijin follow blog nya ya 😉

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"