Cara menghilangkan ketombe

lidah buaya
Bagikan Artikel ini

Salah satu masalah rambut yang bikin harimu jadi bete itu adalah ketombe. Saya kalau kena masalah ketombe, bisa stress sampai berhari-hari. Nah gimana bisa heppi tiap sisir rambut ada putih-putih yang ikutan mampir di baju. Huwaaaa…..

Hampir semua orang berhadapan dengan masalah ini, adanya ketombe bisa membuat penampilan kurang maksimal dan pengaruh banget pada kepercayaan diri.

Ketombe terjadi karena adanya jamur melassezia yang terdapat di kulit kepala. Jamur ini memproduksi asam oleat yang dapat menyebabkan peradangan pada sel-sel kulit kepala. Sehingga sel kulit kepala menjadi tidak sehat. Sel kulit yang kemudian tidak sehat dan berangsur mati tersebut dapat menjadikan kulit epidermis pada kepala kering dan mengelupas.

Pengelupasan yang bercampur dengan minyak hasil produksi di kulit kepala bisa membentuk serpihan yang kita kenal dengan ketombe. Serpihan ini menimbulkan rasa gatal yang luar biasa apabila dibarengi dengan paparan sinar matahari secara langsung serta polusi.

Bisakah kita merawat rambut dirumah agar kembali sehat dan indah?

Bisa…!

Malah kita bisa lebih intens menanganinya. Kita dapat menggunakan dengan bahan-bahan alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah di rumah. Salah satunya adalah dengan lidah buaya.

Baca juga: Perlukah perempuan sekolah tinggi?

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk merawat kecantikan. Terutama bagi kesehatan dan keindahan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kelembutan rambut, menghilangkan ketombe, mengatasi rambut rontok,

Selain menghilangkan ketombe, juga bisa melembabkan kulit kepala.

Manfaat Lidah Buaya:

  1. Memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur.
  2. Membantu penyembuhan luka dan memiliki sifat antiseptik.
  3. Memiliki sifat melembabkan dan membantu mencegah kulit dari kekeringan.
  4. Mengurangi pigmentasi dan bekas luka dengan menghilangkan sel-sel kulit mati.
  5. Efektif membersihkan darah.
  6. Berguna meningkatkan produksi insulin oleh pankreas.

Menghilangkan ketombe bisa dengan memilih salah satu cara berikut ini, dan bisa dilakukan dengan rutin dua hari sekali, sampai ketombe hilang.

Jangan gunakan sampo untuk membersihkan rambut setelah menggunakan lidah buaya. Saat tidak melakukan terapi, keramaslah dengan shampo ringan, seperti shampo herbal.

Menggunakan Gel lidah buaya

Caranya: Ambil lidah buaya. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gel pada bagian dalamnya. Oleskan gel tersebut pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan, biarkan selama 45 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih tanpa menggunakan shampo. Perawatan dengan gel lidah buaya dengan teratur adalah cara menghilangkan ketombe:)

Lidah buaya dan minyak kayu putih

Gel lidah buaya bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Perpaduan kedua bahan ini dapat membunuh jamur penyebab ketombe. Caranya: Siapkan gel lidah buaya, kemudian campur gel tersebut dengan 1 sdm minyak kayu putih. Setelah tercampur rata, oleskan pada rambut dan kulit kepala. Sensasi awal akan terasa pedas dan perih, akibat minyak kayu putih yang sedang bekerja untuk membunuh kuman dan jamur. Biarkan selama satu jam sambil memijatnya sesekali, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

cara menghilangkan ketombe

Masker rambut: Lidah buaya, minyak zaitun dan lemon

Perasan air lemon dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala. Caranya: Siapkan perasan lemon setengah cangkir kecil dari tiga buah lemon ukuran sedang. Campurkan perasan lemon, minyak zaitun dengan gel lidah buaya hingga berbentuk pasta. Jadikan campuran ini sebagai masker. Aplikasikan masker ini pada rambut dan kulit kepala, pijat perlahan dan diamkan selama satu jam. Setelah hampir mengering bilas dengan air hangat kemudian air dingin hingga bersih.

Masker rambut: Lidah buaya dan Yogurt

Apa itu yogurt? Klik disini ya, arti Yogurt. Yoghurt juga termasuk bahan yang diyakini mampu menjadikan rambut anda semakin lembut dan  berkilau. Caranya: Campurkan gel lidah buaya dengan yogurt dan minyak zaitun. Kandungan protein di dalam yogurt dapat menutrisi sel kulit kepala dan rambut. Bahan-bahan tersebut dapat melembabkan kulit kepala secara optimal. Kulit kepala bisa lebih lembab dan tidak kering. Pijat kulit kepala secara perlahan, dan tunggu hingga lebih kurang 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Teman-teman juga dapat mencucinya dengan shampo ringan.

Cukup mudah bukan?

Cara diatas juga mampu mencegah masalah ketombe, yuk rawat rambut dari sekarang:)

Salam,

Dewi Adikara.

Sumber gambar: pixabay.com

Sumber tambahan informasi:

https://www.liputan6.com/health/read/3678888/10-cara-menghilangkan-ketombe-dengan-lidah-buaya-yang-ampuh

https://www.amazine.co/22907/4-ramuan-lidahbuaya-untuk-menghilangkan-ketombe/

https://klinikkecantikan.co.id/perawatanrambutcara-menghilangkan-ketombe-dengan-lidah-buaya

One Comment on “Cara menghilangkan ketombe”

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"