Cerita Anak: Nabi Saleh a.s.

Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum sahabat, sudah pernah mendengar kisah nabi Saleh a.s. dan Unta Betina?

Terus terang dengan membacakan kisah Nabi dan Rasul kepada anak-anak Dewi menjadi makin mencintai dan berusaha mengamalkan sifat-sifat yang dimiliki beliau.

Sebuah Mukjizat, azab, keimanan, ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebuah cerita yang begitu mendebarkan saat kaum kafir melawan, dan mendinginkan hati atas kesabaran dan kegigihan para nabi.

Kisah Nabi Saleh a.s.:

Kaum Tsamud, mereka bertubuh tegap, kekar, dan kuat. Sayangnya keahlian dan kepandaian yang mereka miliki membuat mereka menjadi sombong. Mereka sering merendahkan kaum lain yang lebih lemah.

Kaum Tsamud juga gemar menghaburkan harta, berbuat maksiat dan mabuk-mabukan. Kemudian Allah mengangkat seorang nabi dari kaum Tsamud.

Nabi Saleh amat sedih melihat kelakuan kaum Tsamud yang menyembah berhala. Para penduduk pergi ke gunung begitu lama dan menyembah batu besar. Hal itu juga dilihat oleh anak cucu mereka dan akhirnya melakukan hal serupa; mereka mengelilingi batu besar kemudian menyembelih domba, berharap rahmat darinya.

Nabi Saleh tak tahan dan pergi menuju ke batu yang disucikan kaumnya. Kemudian beliau pun berkata, “Wahai kaumku, Sembahlah Allah. Tak ada Tuhan selain Dia.” Namun perkataan Nabi Saleh selalu ditentang oleh kaumnya.

Bahkan mereka mengatakan bahwa Nabi Saleh telah gila. Kemudian, salah satu diantara mereka berkata, “Jika kau adalah Rasul Allah, dapatkah kau mengelurakan seekor unta betina hamil dari batu ini?”

Mereka tak akan percaya atas apa yang dikatakan Nabi Saleh hingga apa yang mereka mau tercapai. Nabi Saleh berkata, “Aku akan memohonkan kepada Allah. Jika Dia mengabulkannya, maukah kalian percaya bahwa hanya ada satu Tuhan? Maukah kalian pecaya bahwa aku adalah Rasul Allah yang diutus untuk kalian?”

Mereka mengiyakan dan menunggu hingga hari besoknya sesuai janji Nabi Saleh.

Mukjizat Nabi Saleh

Esoknya, Nabi Saleh pergi ke gunung tempat batu itu berada, para kaumnya berkumpul di sekitaran batu itu. Mereka melihat Nabi Saleh mengucapkan beberapa patah kata sembari menengadahkan tanggannya di langit.

Tiba-tiba Nabi Saleh bangkit dan menunjuk ke arah batu. Terdengar suara keras dan batu itu pecah hingga keluarlah seekor unta betina indah sedang hamil.

Seluruh penduduk Tsamud tercengang. Mereka sangat terkejut ketika menyaksikan seekor unta betina keluar dari sebuah gunung batu yang terbelah.

Orang-orang begitu menyukainya. Mereka semua menundukkan kepala memuliakan Allah. Itulah yang menjadi simbol risalah kenabian dari Nabi Saleh.

Sebagian kecil dari penduduk kaum Tsamud langsung beriman kepada Allah, tetapi tidak sedikit yang tetap menentang dan memilih tidak beriman. Mereka menuduh Nabi Saleh menggunakan sihir.

Nabi Saleh lalu berkata, “Biarkanlah unta ini makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apa pun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat.”

Tiga hari berselang, unta betina itu melahirkan seekor unta jantan. Unta jantan pun selalu mengikuti induknya kemanpun perginya. Kedua unta itu merupakan simbol kasih sayang.

Keduanya hidup di sebuah lembah luas yang mana dari lembah tersebut keduanya makan tumbuh-tumbuhan serta minum dari mata air. Susu dari unta betina itu amatlah lezat untuk semua penduduk. Semua penduduk kaum Tsamud menikmati susu dari unta tersebut.

Kehadiran unta Nabi Saleh di tengah-tengah kaum Tsamud banyak membawa manfaat.

Namun, tidak semua orang senang dengan kehadiran unta Nabi Saleh. Ada juga yang merasa kesal. Mereka adalah para pembesar kaum Tsamud dan pengikutnya yang jahat. Gara-gara unta yang disebut mukjizat tersebut, pengikut Nabi Saleh bertambah banyak.

Perlahan, orang-orang mulai meninggalkan sesembahan nenek moyang dan beralih hanya menyembah Allah.

Diantara mereka mengingkari mukjizat tersebut bahkan merencanakan pembunuhan terhadap unta. Mereka adalah orang-orang kaya yang dzalim.  Mereka berunding bagaimana membunuh dan siapa yang akan membunuh unta Nabi Saleh.

Salah satu di antara mereka mengusulkan untuk memanggil Qaydar, seorang yang tak mengenal belas kasihan. Qaydar menghunuskan pedangnya namun unta itu berontak sehingga Qaydar memukulnya hingga roboh. Saat itulah Qaydar membunuhnya tanpa belas kasihan.  Tak puas dengan hanya unta betina, mereka pun mengejar anak unta betina.  Dan membunuhnya.

Ketika Nabi Saleh dan pengikutnya hendak melihat unta, mereka tak menemukannya kecuali tanah yang berlumuran darah. Seketika itu pula, awan hitam muncul di kaki langit. 

Nabi Saleh berkata, “Nikmatilah rumahmu selama tiga hari ini, karena Allah akan menimpa kalian. kalian telah menindas orang lain, mengingkari ajaran Allah, dan membunuh unta betina-Nya. Kalian juga tidak menyukai kebaikan.”

Kaum Tsamud tidak mau meminta maaf kepada Nabi Saleh. Mereka juga tak mau bertobat kepada Allah. Bahkan mereka mengadakan pertemuan lagi, berencana untuk membunuh Nabi Saleh dan keluarganya. 

Sebelum mereka melakukan pembunuhan lagi, peristiwa aneh terjadi. Awan hitam berkumpul di langit sehingga lembah dan pegunungan benar-benar gelap gulita.

Tak lama kemudian bumi berguncang dengan sangat kuat, menyebabkan seluruh bangunan roboh dan hancur berkeping-keping. Saat itu semua kamu Tsamud terlihat panik. Mereka berlarian mencari tempat untuk bersembunyi. Namun, usaha mereka sia-sia. Tidak ada tempat yang aman bagi mereka.

Azab Allah SWT telah datang. Inilah balasan bagi mereka yang durhaka kepada Allah SWT. Ketika tengah malam, petir manghantam sangat kuat dan menghancurkan kaum Tsamud tanpa tersisa, kecuali Nabi Saleh dan pengikutnya. Dan begitulah akhir dari kehidupan kaum Tsamud. 

MasyaAllah, Dewi sangat berdebar dan takjub membaca dan memahami cerita kisah Nabi Saleh a.s.

Unta, Mukjizat dari Nabi Saleh a.s. memiliki keistimewaan.

Unta dianugerahi keistimewaan. Selain sebagai binatang tunggangan yang digunakan untuk transportasi atau pengangkut barang, unta juga bisa menghasilkan daging dan susu yang berkhasiat bagi kesehatan manusia.  


Khasiat daging unta di antaranya:

1. Menghentikan Pendarahan

2. Melawan kanker

3. Menghambat diabetes

4. Memperkuat imunitas

5. Kaya protein dan nol kolesterol

6. Pengobatan batuk

7. Penghilang asma 

Sementara kandungan yang terdapat pada susu unta juga tak kalah istimewa, Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) dalam salah satu artikelnya menyebutkan susu unta adalah nektar murni, lebih asin dibandingkan susu sapi dan bagus untuk tubuh manusia, serta mengandung Vitamin C tiga kali lebih kaya dibandingkan susu sapi. Susu unta juga kaya zat besi, lemak tak jenuh dan Vitamin B. 

Selain langsung diminum, kini sudah banyak diperjualbelikan sabun susu unta yang kaya manfaat bagi kulit manusia.

MasyaAllah betapa istimewanya binatang ini ya. Sahabat, sudah pernah merasakan susu Unta?

Salam,

Dewi Adikara.

Daftar referensi:

Aqila, Irvan. 2019. Kisah Pengantar Tidur 25 Nabi & Rasul. Jakarta selatan: Penerbit Noura, PT.Mizan Publika (Angoota IKAPI)

Priyanto, Dedik. 2017. Kisah Nabi Saleh dan Unta Betina. https://www/islami.co/kisah-nabi-saleh-dan-unta-betina. Diceritakan ulang dari buku “The Greatest of Al-Qur’an” karya Syekh Kamal As Sayyid. diakses 17 Oktober 2019.  

Novi. 2019. Unta, dari Mukjizat Nabi Shaleh hingga karakteristik dan keistimewaannya yang termaktub dalam Al quran. https://www.gomuslim.co.id/read/khazanah/2019/07/13/13339/-p-unta-dari-mukjizat-nabi-shaleh-hingga-karakteristik-dan-keistimewaannya-yang-termaktub-dalam-alquran-p-.html diakses tanggal 17 oktober 2019.

Sumber gambar: pixabay.com

2 Comments on “Cerita Anak: Nabi Saleh a.s.”

  1. Aku belum pernah nyobain susu dan daging unta. Udah lama penasaran.. Apalagi setelah tau bahwa khasiatnya cukup bnayak. Tapi sampe sekarang belum kesampaian nyoba.

    1. wah patut di coba kan ya mbak Dian, terimakasih sudah mampir. Dulunya Dewi ga tega makan atau minum susu unta soalnya kan binatang yang jauh di negeri sana *alesan ga masuk akal sih, hihihi… tapi setelah tahu cerita tentang unta dan keiistimewaannya jadi pingin nyobain.

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"