Hobi baru si Emak online

Bagikan Artikel ini

Si Emak online punya Hobi baru. Hobi barunya adalah bermain bersama anak. Dia sekarang lebih sering memilih kruntelan bersama anak-anak dari pada harus banyak menghabiskan waktu memegang hp atau di depan laptop.

Si anak sudah makin besar, kalau enggak ditemani bisa marah, bahkan jadi anak yang enggak mau nurut pada si Emak. Bagi si Emak, dengan bermain ia bisa memberikan berbagai pelajaran dan nasihat moral tentang kehidupan sehari-hari pada si anak.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Memang sih produktif itu penting, tapi membangun bonding dengan anak lebih penting dari apapun. Si emak membesarkan anak juga tidaklah mudah. Butuh waktu, perjuangan dan juga perasaan yang seperti diaduk-aduk saat anaknya mulai bisa membela diri dari kesalahannya.

Bermain sejak kecil dapat membangun kedekatan emosional anak dengan si Emak. Segala cerita, nasihat dan contoh perilaku si Emak akan menjadi modal kedekatan dan menanamkan kebaikan moral pada pribadi sang anak.

Hidup untuk Online, atau Online untuk hidup?

Zaman sekarang, online itu jadi amat penting. Apalagi bagi para pekerja online macam si Emak.

Dulu, kalau lihat hp terus-menerus biasanya hanya sekadar update status, stalking medsos atau selfie pakai kamera jahat. Namun untuk zaman sekarang, pekerjaan itu bisa melalui online, dari yang dibayar bahkan yang berpenghasilan sendiri.

Teman-teman masih penasaran kerjaan yang bisa pakai online apa saja?

Misal nih: blogger, selegram, influencer, buzzer, penulis, online shop, marketing online, mentor online, MLM online, dan banyak lain-lainnya.

Saat ini tantangannya si Emak harus bisa bagi waktu antara ngurus rumah tangga dengan “pekerjaan online” yang enggak nampak sedang bekerja. Kalau orang lain lihat seperti melototin mandangin layar hape terus, padahal ya aslinya kerja. Mereka memilih sambil jaga anak dengan tetap berkarya dan menghasilkan.

Pekerjaan si Emak di rumah pun tidak lah mudah, dari aktivitas fisik,  mengatur keuangan, mengatur waktu, mengasah keterampilan memasak, merawat anggota keluarga dan rumah tangga, bahkan keterampilan lain yang sewaktu-waktu harus bisa diandalkan bak superhero harus bisa di geluti di rumah.

Si emak lulusan kampus pun pada akhirnya harus bekerja dengan online, tanpa melepas tanggung jawabnya.

Dia pun memiliki pikiran yang semakin penuh, enggak ada habisnya. Kondisi si Emak itu berpotensi besar pada kelelahan, stress bahkan depresi. Kalau sudah depresi, si Emak harus tahu cara penanganannya, seperti tulisan dari Psikolog tentang Depresi dan cara penanganannya.

Si Emak pun tidak mau si anak mempersepsikan salah dalam memegang hp. Zaman sekarang banyak anak yang pegang hp yang memang di kasih orang tuanya, dan ada pula yang meniru orang tuanya memegang hp.

Si Emak memegang hp di saat anak sedang tidur atau anak sedang sibuk bermain dengan mainannya. Seandainya mengharuskan si Emak memegang hp saat anak sedang melihat, maka anak harus diberi pengetahuan bahwa si Emak memegang hp untuk bekerja, bukan melihat youtube atau main game.

Tantangan si Emak online harus bisa membagi waktu, agar hobi barunya bisa menjadi lebih efektif. Enggak cuma mengandalkan kata mantra “Hai para lelaki…” alias manggil suaminya untuk minta bantuan *kadang sih perlu juga buat bonding si Ayah dan Anak.

Si Emak harus pintar menyiapkan waktu luang untuk menggeluti hobi barunya.

Si Emak mau berbagi catatan kegiatan, siapa tahu bermanfaat bagi orang lain.

Manajemen Waktu si Emak Online.
Waktu Kegiatan
04.00-04.45 Salat, garap online
04.45-05.30 Bersihin ruang tamu dan ruang makan, lalu memasak, menyiapkan bekal sekolah
05.30-06.00 Mandi, bangunin si anak, lalu kruntelan sama anak
06.00-07.00 Cek ulang perlengkapan sekolah, sarapan, menyiapkan anak sekolah
07.00-07.30 antar sekolah
07.30-08.30 Belanja, siapin buat stok di kulkas
08.30-09.00 Nyuci baju
09.00-10.30 Masak dan buat camilan
10.45-11.45 Jemput sekolah, nyemil, mampir, intip online
12.00-13.00 Makan siang sama si Anak sambil bermain, salat
13.00-13.30 Si Emak keloni bocah
13.30-14.30 Si emak Online
15.00-16.00 Angkut jemuran, beres-beres, salat
16.00-17.30 Mandiin bocah, dulang
18.00-20.00 Main, belajar, cek peralatan sekolah
20.00-21.00 salat, cek online, dongeng, ngeloni bocah. Kalau bocah udah pada tidur baru bereksplorasi online lagi

Si Emak sudah berbagi cara buat bagi kegiatannya. Sekarang dia sering penasaran sama emak lainnya, yang bisa kerja online sambil kerja ikut orang.

Bagaimana cara bagi waktunya? Bagi cerita ya…?

Si Emak sekarang lagi banyak belajar, dia berkolaborasi dengan WP Pasukan Blogger Joeragan Artikel. Dan dia lagi belajar dari teman-teman blogger seniornya, salah satunya adalah pemilik blog www.bundaeni.com. Yuk coba diintip.

Salam,

Si Emak Millennial.

7 Comments on “Hobi baru si Emak online”

  1. Wah keren mak ampe dibikin jadwal gini. Perlu ditiru. Kalo aku karna masih belum punya si kecil ya aku masih menikmati jadi IRT plus kerjaan online ini. Meskipun ya terkadang seringnya bosen depan HP or laptop yang gitu-gitu aja hehe

  2. Wah Emak Milenial seru juga hobby barunya justru main ama anak. Banyak Emak yg hobbynya malah me time sendirian. Beda-beda engga apa juga. Dibikin santai, yg penting keluarga happy…

    1. Iya mbak Hani, anak makin besar makin keliatan jelas maunya apa. Karena mereka sudah mampu mengkomunikasikan keinginannya, jadilah emak millenial melakukan negosiasi dan menyematkan pesan moral melalui permainannya, jadi hobi agar bisa dilakukan berulang dan menyenangkan:)

  3. Emak-emak yang aktivitasnya online wajib hukumnya untuk manajemen waktu dengan baik. Agar tidak berimbas pada kehidupan dirinya sendiri dan keluarga. Tips manajemen waktunya okeh juga mbak. Bermanfaat bagi saya yang juga ngonline sehari-harinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.