Ingin Tinggal Dekat dari Kawasan Wisata? Sewa Rumah di Gegerkalong Bandung Aja!

Ingin Tinggal Dekat dari Kawasan Wisata Sewa Rumah di Gegerkalong Bandung Aja!
Bagikan Artikel ini

Asslamualaikum sahabat,…!

Sudah mendekati lebaran nih… Suami bolak-balik nanya mau mudik kemana?

Padahal ya kita dari dua kota yang berbeda, bahkan dua pulau yang berbeda, namun semangat suami untuk pergi berlibur tuh jadinya nambah satu lagi kota mudik untuk berlibur bareng keluarga kecilnya.

Bandung. Salah satu kota yang jadi incaran suami saat ini. Walaupun di sana belum ada saudara untuk singgah, namun kami tidak bingung harus kemana. Sewa rumah di Gegerkalong Bandung saja:)

Banyak orang yang ingin mencari sewa rumah di Gegerkalong Bandung. Selain hawanya yang sejuk, daya tarik daerah ini adalah, lokasinya yang berdekatan dengan kawasan wisata yang ada di Kota Bandung.

Menyewa atau mengontrak rumah tampaknya sudah menjadi bagian hidup masyarakat perkotaan, tidak terkecuali di Kota Bandung.

Sebagai salah satu kota tujuan urbanisasi favorit di Pulau Jawa, Bandung dipadati oleh para pendatang dari seluruh wilayah di Indonesia.

Rata-rata, alasan orang untuk datang ke Kota Bandung adalah kepentingan pendidikan dan pekerjaan.

Memang, Bandung sendiri terkenal sebagai rumah bagi berbagai kampus favorit dan ternama di tanah air. Selain itu, dibandingkan Jakarta, Bandung terbilang cukup ramah bagi para pencari kerja dari luar kota.

Para pendatang ini tentu membutuhkan tempat tinggal sementara, dan cara yang paling masuk akal untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan melakukan sewa rumah.

Kawasan Gegerkalong Bandung bisa dikatakan sebagai salah satu kawasan idaman para pendatang ini untuk mencari rumah sewa atau kontrakan.

Apakah kamu termasuk orang yang ingin melakukan sewa rumah di Gegerkalong Bandung?

Sebelum memutuskan hal tersebut, ada baiknya jika kamu membaca penjabaran terkait wilayah Gegerkalong Bandung di bawah ini dulu, ya.

Kenapa Gegerkalong Bandung?

Gegerkalong adalah sebuah kelurahan yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sukasari, Bandung.

Menurut data Badan Pusat Statistik Kota Bandung, luas wilayah Kecamatan Sukasari mencapi 6,27 kilo meter persegi, dengan wilayah mencakup Kelurahan Isola, Sarijadi, Sukarasa, serta Gegerkalong.

Dari segi wilayah, mayoritas lingkungan di Kecamatan Sukasari adalah pemukiman biasa. Namun, dari segi keamanan, rumah-rumah di kawasan ini cukup terjamin kok.

Dahulu kala, kawasan Sukasari, terutama Kelurahan Gegerkalong terkenal sebagai lokasi tempat tinggal kesukaan orang-orang Belanda.

Hal ini dikarenakan, kawasan Gegerkalong sendiri memiliki lingkungan yang asri dan juga sejuk, selain itu aksesnya juga dekat dengan kawasan wisata di Kota Bandung, seperti Lembang dan Setiabudhi.

(Photo: Emerald)

Maka dari itu, tidak heran jika kita dapat dengan mudah menemukan bangunan tua bergaya art deco di sekitaran kawasan tersebut.

Saat ini, kawasan Gegerkalong dapat dikatakan sebagai kawasan yang cukup padat penduduk.

Akan tetapi, semakin banyaknya masyarakat yang bermukim di daerah tersebut, berbagai fasilitas umum kemudian dibangun untuk memudahkan masyarakat sekitar melalukan kegiatan kesehariannya.

Bahkan, di hampir setiap sudutnya, terdapat tempat berbelanja modern berskala kecil hingga besar.

Bukan cuma itu, Gegerkalong juga terkenal sebagai lokasi beberapa universitas ternama di Kota Bandung, lho. Seperti, UPI Bandung, Universitas Telkom, Enhaii Bandung, dan juga POLBAN.

Para mahasiswa inilah yang menjadi langganan melakukan sewa rumah di Gegerkalong Bandung.

Meskipun mayoritas yang mendiami lokasi tersebut adalah mahasiswa, namun untuk kamu yang sudah berkeluarga, bisa juga kok melakukan sewa rumah di Gegerkalong Bandung.

Keuntungannya, karena pangsa pasar terbesarnya adalah mahasiswa, harga sewa rumah di Gegerkalong Bandung terbilang cukup ekonomis lho, dibandingkan daerah-daerah lainnya.

Engga percaya? Berikut ini saya berikan tiga referensi harga sewa rumah di Gegerkalong Bandung yang dapat kamu jadikan sebagai gambaran dalam mencari rumah kontrakan.

Info harga sewa rumah di Gegerkalong Bandung

Mencari rumah kontrakan memang susah-susah gampang, maka dari itu, dibutuhkan sumber yang tepercaya dalam melakukannya.

Oleh karenanya, melalui situs jual beli rumah terbesar di tanah air, 99.co Indonesia, saya telah merangkum tiga rekomendasi sewa rumah di Gegerkalong Bandung yang dapat kamu jadikan sebagai referensi hunian.

Berikut daftarnya untuk kamu.

1. Rumah di Jalan Mekarwangi

Sewa Rumah di Jalan Mekarwangi Bandung

(Photo: 99.co Indonesia)

Rumah kontrakan pertama ini berlokasi di Jalan Mekarwangi, Gegerkalong Hilir.

Memiliki luas bangunan 50 meter persegi, rumah ini dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu dan keluarga, dapur, taman depan, dan sebuah carport.

Tidak terlalu besar memang, maka dari itu cocok dihuni oleh para pasangan baru dan juga keluarga dengan satu orang anak.

Harga sewa rumah di Gegerkalong Bandung yang satu ini juga terbilang murah, yaitu hanya Rp24 juta setahunnya, lho.

2. Rumah di Jalan Lavender

Sewa Rumah di Jalan Lavender Bandung

(Photo: 99.co Indonesia)

Masih dari kawasan Gegerkalong Hilir, rumah yang satu ini cocok untuk para mahasiswa yang ingin melakukan sharing house atau sewa secara kolektif.

Pasalnya, terdapat 4 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan keluarga, dapur, serta sebuah halaman depan yang cukup luas, yang menampung beberapa kendaraan untuk parkir di area tersebut.

Biaya sewa rumah di Gegerkalong Bandung ini juga cukup murah, yaitu sebesar Rp35 juta per tahun, atau Rp8,7 juta-an per tahun jika dihuni oleh empat orang.

3. Rumah di kawasan Sayap Gegerkalong

Sewa Rumah di Jalan Lavender Bandung

(Photo: 99.co Indonesia)

Memiliki anggota keluarga yang banyak, ingin melakukan kost kolektif, atau mencari rumah kontrakan untuk dijadikan sebuah kantor?

Semua bisa terwujud dilakukan dengan rumah ini. Pasalnya, dengan luas bangunan 175 meter persegi, rumah ini dibangun menjadi 2 lantai, dengan 5 kamar tidur, 4 kamar mandi, ruang tamu dan keluarga, dapur, halaman yang luas dan juga carport.

Cukup besar, bukan?

Dengan segala fasilitas tersebut, harga sewa rumah di Gegerkalong yang satu ini menurut saya terhitung murah, yaitu Rp55 juta per tahunnya.

Sayangnya, sang pemilik iklan tidak menyebutkan secara jelas alamat dari rumah tersebut.

Sehingga, jika kamu berminat untuk menyewa, segera hubungi agen properti rumah tersebut melalui situs 99.co Indonesia, ya.

Selanjutnya, meskipun hanya dijadikan sebagai hunian sementara, namun dalam mencari rumah kontrakan baiknya harus diperhitungkan secara matang-matang.

Ingin tahu bagaimana cara memilih rumah kontrakan? Terus baca pembahasannya sampai selesai, ya.

Tips memilih rumah kontrakan

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, banyak rumah kontrakan yang dibanderol dengan harga murah.

Akan tetapi, dalam memilih rumah kontrakan, sebaiknya kita jangan lekas tergiur dengan iming-iming biaya sewa yang murah.

Ada beberapa hal lain yang seharusnya dipertimbangkan dalam memilih sebuah rumah kontrakan.

Apa sajakah itu? Perhatikan tips memilih rumah kontrakan di bawah ini.

1. Lokasi yang strategis

Lokasi sewa rumah bandung yang strategis (Bospar)

(Photo: Bospar)

Lokasi adalah hal yang harus kamu perhitungkan dalam memilih rumah kontrakan. Carilah rumah yang jaraknya paling dengan lokasi tempatmu bekerja.

Contohnya, jika kamu bekerja di Setiabudhi, maka sewa rumah di Gegerkalong Bandung merupakan lokasi yang cocok untukmu.

2. Bandingkan harga pasar dan fasilitas

Cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan situs jual beli rumah, seperti 99.co Indonesia. Yang perlu dilakukan hanyalah mengetik kata kunci yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Misalnya kamu sedang mencari rumah kontrakan di Gegerkalong Bandung, maka ketik saja kata kunci sewa rumah di Gegerkalong Bandung pada kolom pencarian website.

Atau kamu juga bisa memanfaatkan fitur filter pada pencarian tersebut. Sesuaikan lokasi, harga sewa, spesifikasi rumah (jumlah kamar tidur, kamar mandi, dan lain-lain) sesuai kebutuhanmu.

3. Lakukan survei secara langsung

Lakukan survei untuk sewa rumah secara langsung (RECO)

(Photo: RECO)

Dengan melakukan survei, kamu dapat mengetahui bagaimana kondisi rumah tersebut secara langsung.

Selain itu, pastikan juga apakah lingkungan sekitar rumah tersebut aman dari bencana alam (banjir, longsor, dan sebagainya) atau tindak kejahatan.

4. Sewa secara kolektif

Tips yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang berstatus mahasiswa.

Ajak teman, rekan, atau kerabat yang kamu kenal untuk menyewa rumah tersebut secara kolektif, dengan begitu biaya sewa rumah dapat ditanggung bersama-sama.

5. Jangka waktu sewa

Jangka waktu sewa rumah (iStock)

(Photo: iStock)

Dengan jangka waktu sewa yang singkat, kamu bisa dengan mudah berpindah ke tempat lain apabila rumah kontrakan tersebut tidak sesuai dengan ekspektasimu.

Selain itu, sebagai antisipasi saja, apabila kamu menemukan fasilitas dan harga sewa rumah di Gegerkalong Bandung yang lebih murah dan lengkap dari kontrakan sebelumnya.

Itu tadi seluk-beluk terkait sewa rumah di Gegerkalong Bandung yang perlu untuk kamu ketahui.

Selamat mencoba!

Salam,

Dewi Adikara.

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"