Keistimewaan berbuka Puasa bersama

Bagikan Artikel ini

“Bukber Yuuuk…!”

Bukber, menjadi salah satu tradisi masyarakat Muslim di Indonesia saat bulan Ramadhan.  Moment ini banyak dilakukan tak hanya oleh orang muslim, masyarakat memandang bukber sebagai salah satu bentuk silaturahmi bahkan menjadi moment pertemuan teman lama (reuni).

Sebenarnya Buka Puasa bersama ini adalah hal yang sangat istimewa.

Baca juga: Antara Mantan dan Cerita Reuni

Makna berbuka bersama adalah mengundang orang lain, baik satu atau lebih, untuk bersama-sama berbuka puasa dengan makanan yang telah disediakan pengundang.

Ini artinya orang yang mengundang, memberi makanan untuk berbuka pada orang yang sedang berpuasa. 

Dari Sa’id bin Musayab dari Salman ia berkata:
Rasulullah SAW berkhutbah kepada kami di hari terakhir bulan Sya’ban. Beliau bersabda;

“… Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadhan maka hal itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka. Baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut.”

Orang-orang berkata, “Ya Rasulullah, tidak setiap kami dapat memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa.”

Rasulullah bersabda, “Allah akan memberikan pahala yang demikian ini kepada orang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa meskipun hanya dengan susu encer, sepotong kurma, atau seteguk air. Dan barang siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya minum dari telagaku di mana setelahnya ia tak akan haus sampai masuk ke dalam surga…” (Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghawi, Tafsir Ma’alimut Tanzil [Kairo: Darul Alamiyah, 2016], jil. 1, hal. 196 – 197)

MasyaAllah… Luar biasa sekali pahala yang dapat diperoleh dari berbuka puasa bersama. Maka dari itu sahabat, jangan sampai keliru dalam mengartikan buka puasa bersama ya.

Ada yang menyalahgunakan dengan pertemuan yang mengandung ghibah. Ada pula yang malah menuntut untuk minta di traktir. Moment ini sebenarnya dapat digunakan sebagai moment meningkatkan kebaikan dalam bersilaturahmi dan meningkatkan pahala dengan menyediakan makanan bagi orang-orang yang berpuasa:)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Dunya dari Hibban bin Abi Jandah, “Sesungguhnya sedekah yang paling cepat sampai ke langit adalah bila seseorang menyiapkan makanan yang baik, lalu ia mengundang saudara-saudaranya untuk menikmatinya” (Zainudin Al-Malibari, Irsyadul ‘Ibaad [Jakarta: Darul Kutul Al-Islamiyah, 2010], hal. 82).

Sahabat, sudah merencanakan buka puasa bersama?

Jangan lupa bawa hati menuju fitrah dengan keikhlasan ya…

Salam,

Dewi Adikara.

sumber: 

pixabay.com

http://www.nu.or.id/post/read/79028/mendulang-pahala-dengan-buka-puasa-bersama

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"