Kenali Karakter Pasangan sebelum Menikah

Siapapun bermimpi untuk Menikah dengan seseorang yang disukainya. Segala kejadian romantis, bahkan aktivitas yang membuat debaran hati berdegup kencang seakan menguatkan bahwa dia adalah pilihan yang tepat untuk menikah. Tapi tunggu dulu, seringkali setelah menikah, semua terasa berbeda, seringkali harapan tidak tercapai bahkan berkebalikan dengan apa yang kita impikan. Maka dari itu sahabat blogger memetik tema Kenali Karakter pasangan sebelum menikah.

Marry me
Lumer kalau dilamar pasangan ya?

Dan kali ini saya perkenalkan Psikolog yang akan mengisi tema ini agar teman-teman bisa saling berbagiĀ  pada teman, ponakan, atau untuk kita sendiri. Tapi semua saran dan masukan perlu kita telaah lagi ya, kita sesuaikan dengan kondisi masing-masing. Teman-teman bisa ambil yang baik dari sini, dan bisa beri masukan melalui email agar sahabatblogger bisa menjadi lebih baik lagišŸ˜Š

Psikolog yang mau berbagi informasi penting ini memiliki profil sebagai berikut:

Nila psikolog
Nila Ainu Ningrum. M. Psi. Psikolog lulusan dari Universitas Airlangga Surabaya,Ā Magister Profesi Psikologi Klinis.

Saat ini ia menjabat sebagaiĀ Direktur Biro konsultasi psikologi dan pengembang sumber daya manusia, dan juga berpengalaman di Mahya Consultant. Ia pun aktif sebagaiPsikolog di RSM Ahmad Dahlan-Kediri.

Berita baiknya, Psikolog yang akrab dipanggil Nila akan mengisi satu artikel di setiap bulan di www.sahabatblogger.com.

Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman ya. Yuk kita simak ya:

Taukah teman apa makna pernikahan?

Kata orang nikah itu indahšŸ˜˜ bagi yg menikah dengan Cinta Namun petaka bagi yang nikah tanpa cinta atau perjodohan yang dipaksakan. Apalagi kalau kita belum paham arti pernikahan, akan semakin terasa seperti neraka pernikahan itu. Tiba-tiba kita dipaksa atau terpaksa menikah dengab lelaki yang tidak kita kenal atau baru kita kenal beberapa hari. Bagaimana tidak, kita menikah dg yang tidak kita cinta, dan belum tentu mencintai kita, lalu kita hidup seatap bahkan sekamar dengannya.

Love
Cinta itu Indah

Di awal mungkin ada saling mengenal, jika pasangan berusaha menerima kita akan bisa saling memahami karakter yang itu bisa terungkap seiring berjalan waktu. Kita juga bisa saling menyesuaikan dan bisa saling menghargai perbedaan, Menikah di awal adalah masa-masa penyesuaian yg biasanya berlangsung minimal 5 th pertama. Setelahnya masa-masa pengungkapan karakter, dimana sifat asli pasangan kita mulai terlihat.

Menikah itu penyesuaian tiada akhir, kita tidak akan mampu melewati dengan usaha sendiri, namun harus dengan usaha kedua belah pihak untuk saling menguatkan. Terkadang di masa penyesuaian banyak hal yang tidak bisa kita terima, karena kita memiliki kelebihan dan kelemahan yang harusnya saling melengkapi. Lain hal jika pasangan yang tidak kita kenal sebelumnya tidak mau berusaha menerima kita dan lebih sering berandai-andai hidup dengan selain kita, atau merasa tidak cocok dengan sifat dan kepribadian kita. Ia akan selalu menyalahkan dan tidak menghargai kita. Ia juga tidak akan membiarkan kita menjadi diri sendiri, namun ia menuntut kita menjadi seperti kemauannya, pernikahan hanya membawa petaka.

Marah cinta
Amarah yang seperti apa

Teman-teman, Kenali lebih dulu Siapa Calon pasanganmu, Bagaimana Kepribadian dan Bagaimana latar belakangnya. Pernikahan akan lebih kuat pondasinya dan lebih langgeng jalannya.Ā 

Harapan: Solid setelah Menikah

Berikut poin-poin yang bisa kita pelajari:

  1. Kenali Dirinya dari teman terdekatnya.
  2. Kenali sifat dan kepribadiannya dari cara dia mengungkapkan emosi saat ada masalah.
  3. Kenali latar belakang keluarganya, dan Bagaimana perlakuan Orangtua ke dia selama ini.
  4. Kenali pola pikirnya.
  5. Kenali visi misi hidupnya.
  6. Kenali tujuan hidup dia dan pandangan dia terhadap masa depan.
  7. Kenali perasaannya dan alasan dia mau menikah / Dasar pernikahannya.
  8. Kenali Orangtuanya dan baca kepribadian serta bahasa tubuh orang tuanya saat bertemu dengan anda.

Demikian tips mengenali calon pasangan hidup. Terimakasih.

Tulisan yang bermanfaat dari Psikolog kita, semoga teman-teman bisa menggunakannya dengan baik ya. Dengan demikian teman-teman bisa menentukan untuk langkahĀ  selanjutnya setelah mengenali calon pasangan untukĀ  menikah. Mau dilanjutkan, diajak berubah bersama menjadi pasangan yang memiliki komunikasi lebih baik atau ditinggalkan?

Pilihan ada pada teman-teman ya, menikah menjadi pilihanmu, pasangan menjadi pilihanmu. Kalau sudah menikah komunikasi dengan pasangan perlu dijaga baik-baik, agar selalu harmonis romantis, so sweet šŸ˜

Keys
Kunci menikah agar selalu langgeng

 

Salam romantisme,

Dewi Adikara
Sumber foto: pixabay.com

3 thoughts on “Kenali Karakter Pasangan sebelum Menikah”

  1. Wah betul yang dibilang Mbak Nilaā€¦ Kenali watak itu penting banget hihihi, apalagi waktu marah, biar gak kaget pas udah menikah. Bisa tanya ke keluarganya yaa Mbak Dewi. Siiip asyiik sharingnya, ditunggu bulan depan lagi

  2. Bener sih awal-awal emang masa penyesuaian. Sama pasanganā€¦oh ternyata dia begini. Kalau aku sih justru banyak perbedaannya dari makanan kesukaannya tapi justru aku tidak suka, sepele banget kan ya. Kuncinya saling menerima dan melengkapi. Tapi setahun jelang 5 tahun ini justru watak asliku yg sdh mulai kelihatan tp yg positif kok heheā€¦

    1. Alhamdulillah, semoga pernikahan nya selalu langgeng ya mbak.. terkadang watak atau kebiasaan kita bisa berubah menjadi lebih baik dan semakin baik dengan menyadari ini semua, bisa makin sabar menghadapi apa yang menjadi kekurangan pasanganšŸ˜Š

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *