Masih adakah kesempatan untuk ber-HIJRAH? #AyoHijrah bersama Bank Muamalat Indonesia

#AyoHIjrah
Bagikan Artikel ini


Momen #AyoHijrah

Aku hanyalah makhluk kecil yang tidak berdaya bila tanpa pertolongan Allah SWT.

Disaat aku kehilangan semua impianku, Allah mengisi setiap relung hatiku. Ia menggantinya dengan rasa yang sangat sempurna. Sebuah KEIKHLASAN.

Secara kasatmata aku memanglah makhluk kecil, namun Kuasa Allah membuat hatiku besar. Aku memiliki keinginan yang kuat untuk selalu berusaha lebih baik dan membuat suatu karya.

Aku percaya atas kebesaran Allah.

Tahun 2013, adalah tahun dimana aku merasakan titik balik kehidupanku. Saat aku berproses sebagai wanita karir yang berada pada puncak kesuksesan. Segalanya begitu sempurna, pekerjaan yang berpenghasilan tinggi dan jabatan yang menjanjikan.

Kehidupanku melalui usaha dan proses yang panjang, dari masa gadis yang berlatar belakang sebagai pemimpin, yang mampu menyelesaikan segala rintangan dan hambatan di depan mata.

Setelah aku menikah, aku dihadapkan pada tugas dan peran yang berbeda untuk memandang dunia. Aku memahami bahwa Allah mempercayakan makhluk kecil di dalam rahimku, sehingga pada akhirnya aku memilih untuk mengikhlaskan segala keinginan kuatku untuk mengejar karir di dunia.

Aku ingat saat aku masih duduk di bangku SMP, aku berkata pada Mamaku, “Ma, aku ingin menjadi ibu rumah tangga seperti Mama, karena aku sayang sekali sama Mama. Mama yang membuatku bisa menciptakan rasa ini. Aku ingin bisa menciptakan rasa ini pada anak-anakku kelak,” jelasku pada Mama.

Waktu dan kasih sayang Mama tidak pernah nihil di mataku. Kapanpun Beliau ada menemani hari-hariku. Segala nasehat dan kasih sayangnya melekat di hati ini, namun ternyata Mama berkata lain, ia berharap aku menjadi wanita karir, karena pada zamanku wanita karir adalah sosok yang menjadi impian banyak orang, pun dapat membuat seorang wanita lebih dihargai, terlebih lagi di mata calon pasangan. Pendidikan dan karirku terus berkembang.

MasyaAllah, di tahun itu akhirnya aku melepaskan semuanya. Keikhlasan mengantarku untuk Hijrah menjadi manusia yang lebih baik lagi. Menutup aurat, merawat malaikat kecil dari Allah, mensupport kesuksesan suami serta meluangkan waktu lebih banyak pada orangtua. Subhanallah, perlahan aku mencari kesibukan untuk tetap mengasah kemampuanku. Aku bermimpi ingin membawa kedua orang tuaku untuk berkunjung ke tanah suci.

Masih adakah kesempatanku untuk ber-Hijrah?

Disaat aku BERUSAHA mencari kegiatan positif, Allah mendekatkanku pada kegiatan itu. Mengarahkanku. Aku pantang menyerah, memilah mana yang baik untuk hidupku dan keluargaku ke depan. Prinsipku semakin jelas, apa yang baik untuk menjalani hari-hari ke depan, #AyoHijrah bisik hatiku. Momen Hijrah tidak hanya sekali-dua kali, namun diperlukan di setiap waktu, bak gerakan #AyoHijrah dari Bank Muamalat Indonesia.

Gerakan #AyoHijrah yang dibuat oleh Bank Muamalat Indonesia mampu menginspirasi masyarakat karena mereka mampu memberi kampanye secara luas kepada masyarakat, baik melalui media sosial bahkan melalui Billboard di depan kantor Bank Muamalat.

Profil Bank Muamalat

Siapa sih yang tidak tahu Bank Muamalat Indonesia?

Bank ini adalah Bank Umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip Syariah Islam dalam menjalankan operasionalnya.

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memulai perjalanan bisnisnya sebagai Bank Syariah pertama di Indonesia pada 1 November 1991 atau 24 Rabi’us Tsani 1412 H.

Pendirian Bank Muamalat Indonesia digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia.

Cara kerja Bank Muamalat Indonesia

Sejak resmi beroperasi pada 1 Mei 1992 atau 27 Syawal 1412 H, Bank Muamalat Indonesia terus berinovasi dan mengeluarkan produk-produk keuangan syariah seperti Asuransi Syariah (Asuransi Takaful), Dana Pensiun Lembaga Keuangan Muamalat (DPLK Muamalat) dan multifinance syariah (Al-Ijarah Indonesia Finance) yang seluruhnya menjadi terobosan di Indonesia.

Selain itu produk Bank yaitu Shar-e yang diluncurkan pada tahun 2004 juga merupakan tabungan instan pertama di Indonesia. Produk Shar-e Gold Debit Visa yang diluncurkan pada tahun 2011 tersebut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kartu Debit Syariah dengan teknologi chip pertama di Indonesia serta layanan e-channel seperti internet banking, mobile banking, ATM, dan cash management.

Seluruh produk-produk tersebut menjadi pionir produk syariah di Indonesia dan menjadi tonggak sejarah penting di industri perbankan syariah. Pada 27 Oktober 1994, Bank Muamalat Indonesia mendapatkan izin sebagai Bank Devisa dan terdaftar sebagai perusahaan publik yang tidak listing di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada tahun 2003, Bank Muamalat dengan percaya diri melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak 5 (lima) kali dan merupakan lembaga perbankan pertama di Indonesia yang mengeluarkan Sukuk Subordinasi Mudharabah.

Aksi korporasi tersebut semakin menegaskan posisi Bank Muamalat Indonesia di peta industri perbankan Indonesia. Seiring kapasitas Bank yang semakin diakui, Bank semakin melebarkan sayap dengan terus menambah jaringan kantor cabangnya di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2009, Bank mendapatkan izin untuk membuka kantor cabang di Kuala Lumpur, Malaysia dan menjadi bank pertama di Indonesia serta satu-satunya yang mewujudkan ekspansi bisnis di Malaysia.

Hingga saat ini, Bank Muamalat telah memiliki 325 kantor layanan termasuk 1 (satu) kantor cabang di Malaysia. Operasional Bank juga didukung oleh jaringan layanan yang luas berupa 710 unit ATM Muamalat, 120.000 jaringan ATM Bersama dan ATM Prima, serta lebih dari 11.000 jaringan ATM di Malaysia melalui Malaysia Electronic Payment (MEPS).

Pada tahun 2012, Bank Muamalat Indonesia melakukan rebranding pada logo Bank untuk semakin meningkatkan awareness terhadap image sebagai Bank syariah Islami, Modern dan Profesional.

Bank pun terus mewujudkan berbagai pencapaian serta prestasi yang diakui baik secara nasional maupun internasional. Hingga saat ini, Bank beroperasi bersama beberapa entitas anaknya dalam memberikan layanan terbaik yaitu Al-Ijarah Indonesia Finance (ALIF) yang memberikan layanan pembiayaan syariah, (DPLK Muamalat) yang memberikan layanan dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan, dan Baitulmaal Muamalat yang memberikan layanan untuk menyalurkan dana Zakat, Infakdan Sedekah (ZIS).

Sejak tahun 2015, Bank Muamalat Indonesia bermetamorfosa untuk menjadi entitas yang semakin baik dan meraih pertumbuhan jangka panjang. Dengan strategi bisnis yang terarah Bank Muamalat Indonesia akan terus melaju mewujudkan visi menjadi “The Best Islamic Bank and Top 10 Bank in Indonesia with Strong Regional Presence”.

Apa itu #AyoHijrah?

Sesuai dengan arti dari Hijrah yang bermakna untuk “lebih baik” maka #AyoHijrah adalah gerakan yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal.

Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah.

Demikian pula melalui #AyoHijrah ini Bank Muamalat mengajak masyarakat untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan (pengelolaan keuangan) dengan memanfaatkan layanan perbankan Syariah untuk hidup yang lebih berkah.

Bentuk Gerakan #AyoHijrah

Gerakan #AyoHijrah dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya mulai berpindah menggunakan layanan bank syariah untuk hidup yang lebih tenang dan berkah.

Kegiatan-kegiatannya antara lain namun tidak terbatas pada bentuk sebagai berikut:

  • Seminar / edukasi tentang perbankan Syariah
  • Open booth di pusat kegiatan masyarat
  • Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama
  • Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah

Produk Bank Muamalat dalam gerakan #AyoHijrah

Untuk memberikan layanan yang lebih berkah untuk nasabah dan masyarakat, maka produk Bank Muamalat berikan nama baru sebagai berikut :

  • Tabungan iB Hijrah
  • Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
  • Tabungan iB Hijrah Rencana
  • Tabungan iB Hijrah Prima
  • Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah
  • Deposito iB Hijrah
  • Giro iB Hijrah
  • Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super Ringan dan Fix and Fix (masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK)

Bersyukur sekali saat aku ke Bank Muamalat kemarin, aku menyaksikan indahnya bunga-bunga di papan ucapan bertebaran di depan kantor Bank Muamalat KC Surabaya, yang beralamat di Jl.Raya Darmo no.81.

Saat ini Bank Muamalat telah menginjak Usia ke-27 tahun. Saya pribadi mengucapkan semoga Bank Muamalat selalu mampu memberikan inovasi melalui gerakan #AyoHijrah mengajak masyarakat untuk berani meningkatkan diri ke arah yang lebih baik.

Media Sosial Bank Muamalat Indonesia

Masyarakat bisa mempelajari dan mendalami semangat #AyoHijrah yang dicetuskan Bank Muamalat melalui media sosial resmi Bank Muamalat di :

Seperti yang kita lihat di media sosial Bank Muamalat, ia memberikan makna-makna hijrah yang dapat mengajak masyarakat untuk memulai berhijrah, walau dari tindakan sekecil apapun.

Berikut beberapa Quote #AyoHijrah dari Instagram Bank Muamalat Indonesia:

1.HIJRAH ITU SABAR
Kesuksesan itu membutuhkan tekad dan kerja keras.

2.HIJRAH ITU PRODUKTIF

3.HIJRAH ITU GIAT

Dimulai dengan merengkuh setiap kesempatan Kecil.

4.HIJRAH ITU SIAP

Saat kita menyadari bahwa waktu itu akan terus berjana dan dunia ini adalah persinggahan sementara.

5.HIJRAH ITU UTUH

Saat niat memperbaiki diri berhasil diwujudkan dalam tindakan nyata.

6.HIJRAH ITU TEKUN

Dengan menyadari bahwa hasil terbaik adalah hasil usaha yang dikerjakan tanpa henti.

7.HIJRAH ITU BERMAKNA

Saat kita yakin setiap lelah dalam ibadah akan membawa kita selangkah menuju ridha-Nya.

8.HIJRAH ITU MENJAGA

Saat kita memperbanyak memuji-Nya dan menahan diri dari ucapan yang sia -sia.

9.HIJRAH ITU TANGGUH

Saat kita mampu meninggalkan kebiassaan buruk untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

10.HIJRAH ITU IKHLAS

Saat kita tulus membantu kebaikan yang berlipat akan kembali kepada kita.

11.HIJRAH ITU TEGAR

Dengan berdiri tegak di atas kesulitan berbekal kesabaran dan keyakinan.

12.HIJRAH ITU LEBIH BAIK

Saat kita berubah karena-Nya maka segala rintangan dapat terlewati.

13.HIJRAH ITU BERSIAP

Dimulai dengan mempersiapkan investasi berlandaskan syariah.

14.HIJRAH ITU KUAT

Saat kita tetap berusaha dibalik kesedihan karena selalu ada harapan bagi yang tidak berputus asa.

15.HIJRAH ITU MUDAH

Di saat kita membiasakan diri mendahului menyapa dengan senyuman.

Dan masih banyak tulisan inspirasi Hijrah lainnya di media sosial Bank Muamalat. Ayo Hijrah, dengan memperbaiki cara mengelola keuangan kita dari sekarang.

Salam,

Dewi Adikara.

Tulisan ini khusus dibuat untuk mengikuti kompetisi blog AyoHijrah dari Bank Muamalat Indonesia. Semoga informasi ini membawa manfaat bagi banyak orang.

Sumber foto: Dokumen Pribadi

Sumber materi:

https://www.bankmuamalat.co.id/seputar-ayo-hijrah

https://www.bankmuamalat.co.id/profil-bank-muamalat

12 Comments on “Masih adakah kesempatan untuk ber-HIJRAH? #AyoHijrah bersama Bank Muamalat Indonesia”

  1. Huhu, aku nih dalam urusan tabungan dan investasi belom berhijrah ke syariah. Kepengen banget. Semoga bisa segera deh 🙂

  2. Pernah punya tabungan di Muamalat tapi waktu itu udah diambil habis dan gak pernah diisi lagi. Sekarng jadi pingin buka lagi nih tabungannya sekalian bisa berhijrah

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"