Ngabuburit di Madura

es oyen madura
Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum para sahabat…!

Bismillah, hari ini kita mengawali puasa Ramadhan 1440 H, semoga puasa kita pada tahun ini diberi kelancaran dan berkah bagi kita semua ya… Amin.

Hari pertama ini pula Blogger Perempuan Network mengadakan #bpnramadhanchallenge. Sebelumnya saya mengikuti challege akhir tahun
#bloggerperempuan alhamdulilah istiqomah sampai akhir.

Tema-tema #30HariKebaikanBPN sangat menarik, jadi membuat saya ingin ikutan. Bismillah Semoga istiqomah ya. Kalau pun belum bisa update setiap hari, maapkeun ya… mungkin saya sedang khusyuk dengan aktivitas Ramadhan.

Bukan berarti pas istiqomah tidak khusyuk, tapi manajemen waktu dan ide kreatifnya bisa jadi saat itu membludak. Heheheheh…

Bagi saya #bpnblogpostchallenge bukan sekedar menulis, kita harus semakin peka terhadap apa yang menjadi kebutuhan tema tulisan kita, mengumpulkan hasil foto, update berita, dan menjalin sosial pada orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk mengerti informasi dari apa yang kita tuliskan.

Seperti contohnya hari ini nih, kita sudah mikir ngabuburit enggak sih kalau mau nunggu buka puasa?

Boro-boro….

Pekerjaan di kantor aja udah menyita waktu

Ngurusin anak kecil aja sudah banyak tenaga dan perhatian yang terkuras

Garap pekerjaan rumah tangga aja sudah rempong banget

lah kapan mau ngabuburit?! Sudah, sudah… Hidup itu perlu disyukuri dan dinikmatin.

Buat jadwal Ngabuburit sekali-kali enggak bikin kehidupan kita jadi berantakan kok, hahahah…

Asal pas ngabuburit enggak keliru waktunya, pas jam puasa eh malah makan di warung yang ke tutup setengah untuk nyembunyikan wajah kita yang lagi mokel, astagfirloh…. insaf mak, masih hari pertama keles…!

Nah, ngabuburit paling pas itu jam-jam menjelang berbuka, karena kalau siang tuh di jamin jarang ada, bahkan tidak ada orang yang jual makanan dan minuman. Serius, dimana itu? di Pulau Madura.

Baca Juga: Review 5 tempat makan favorit, tiga diantaranya lokasi di Madura loh!

Kita bisa ke Pulau Madura melalui pintu masuk utama menuju Madura, yaitu Jembatan nasional Suramadu. Untuk jalur laut, bisa kita lalui dari Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, menuju Pelabuhan Kamal di kota Bangkalan. Selain itu juga melalui Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pelabuhan Kalianget di Sumenep, ujung timur Madura.

Emang di Madura bisa ngabuburit apaan sih?

Kalian bisa coba datang deh sekitar jam 15.30 di tempat-tempat berikut:

1.Stadion Gelora Bangkalan.

Di sana mulai ramai jam 15.30, banyak hiburan buat anak-anak seperti tempat bermain, kolam pancing anak, kendaraan karnaval, kendaraan anak ber-remote control, dokar (rabu, jumat, sabtu, dan minggu pagi), dan masih banyak lainnya. Berhubung lokasinya di outdoor jadi kita perlu memilih permainannya ya untuk menjaga kebersihan anak.

Nah hiburan buat anak sudah, sekarang hiburan buat yang dewasa apa nih? Takjil dong, namanya aja menjelang berbuka, hihihi….

Jualan di sini bermacam-macam dari makanan ringan, sempol, telur gulung, pentol, sampai yang makanan berat bebek, ayam goreng, sate ada disini. Dan yang paling penting bagi saya tuh minumannya, asek.

Berbagai minuman ada kok di sini, minuman ala masyarakat ya, lalu ada es degan, dan es oyen, mantab deh… bagi sahabat yang pecinta durian, es oyen ini ada topping duriannya loh. Lengkap nih ada foto harganya, saya beli yang original Rp.10,000,-. Lokasinya pas di sebelah kanan pintu masuk.

Nah, nah sudah lengkap ngabuburit di stadion gelora Bangkalan, ada lagi nih menu favorit saya di tempat lainnya.

Baca juga: Resep Rujak Cingur Madura

2.Depan Kantor Pos Bangkalan.

Teman-teman kalau mau cari Es Degan, saya punya langganan es Degan yang rasanya nendang banget. Lokasinya agak serong dikit di depan Kantor Pos.

Selain ada es degan Juara, di sebelahnya juga ada penjual Sate, jadi lengkap deh makan langsung buka puasa di sini. Lokasi ini pinggir jalan ya, jadi duduknya di mobil deh, atau bisa juga mau beli langsung di bawa pulang:)

3.Sebelum Kantor BPBD Bangkalan.

Kalau ini langganan Sate saya sejak jaman dahulu. Satenya makjoss banget, bumbunya nendang. Kalian bisa puas sampe kenyang makan di sini, ada ketupatnya juga loh. Kalau dari jembatan nasional Suramadu, lokasinya di kaan jalan, disamping warung Bang Amin. Tepat di kanan jalan sebelum lampu merah.

Nah, tiga lokasi di atas pas banget buat kalian yang mau ngabuburit di kota Bangkalan. Jadwal diatas seputar puasa saja ya, kalau sehari-hari sih mereka berjualan di pagi hari.

Selamat berpuasa!

Salam,

Dewi Adikara

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"