Olah Raga menurunkan berat badan

Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum sahabat…!

Bagaimana kabar timbangan teman-teman? sukanya ngiri atau nganan? hehehe …

Beruntungnya timbangan digital saya pecah, sehingga enggak bisa tahu berapa berat badan saya sekarang. Ups …! Salah mak!

Gara-gara enggak ada timbangan, saya makan makin teledor. Semua makanan loooooos, masuk ke dalam perut. Pada akhirnya tubuh saya meriang, bahu berat, perut enggak nyaman, pergelangan kaki pun ngilu, OMG sakit apa sayaaaah?!

Saya sering teledor makan, PLUS enggak diimbangi dengan olahraga. Gitu mau punya badan ideal dan selalu sehat? *tepuk jidat deh. Siapa yang sama seperti saya? hayuk tepuk jidat bareng, wkwkwkw ….

Yuk kita mulai berolahraga. Masih males bangun tidur untuk olah raga? atau lebih milih jajan pentol ketimbang olah raga? *kasian pentol jadi kambing hitam mulu’.

Sekarang ubah deh cara pikiran teman-teman. Jadikan berat badanmu sebagai motivasi biar timbangan enggak nganan terus, wokeh? setuju ya? Enggak sehat loh kalau gaya hidup diatas dibudidayakan terus.

Beberapa tanda bahwa kalian memerlukan olah raga:

1.Sering merasa lelah dan pegal-pegal.

Padahal sudah makan cukup dan tidur cukup. Nah kalau kalian masih merasa sering lelah, bisa jadi karena kurang berolah raga. Olah raga yang teratur akan meningkatkan kardiovaskular, sehingga membuat kita memiliki daya tahan lebih besar. Semakin sering berolah raga membuat mitokondria (bagian yang memproduksi energi dalam sel) semakin banyak, Sehingga tubuh lebih memiliki cadangan energi, dan menjadi tidak mudah lelah (lifesyle.kompas.com)

Saat badan muai terasa pegal, sebenarnya itu adalah suatu sinyal otot yang butuh digerakkan. Dengan menggerakkan otot-otot akan membuat persendian menjadi lebih rileks dan darah mengalir lebih lancar keseluruh bagian tubuh.

2. Sering merasakan stress.

Teman-teman pernah enggak merasa semua yang ada disekitar itu salaaah mulu’?

Kita jadi memikirkan banyak hal, sering merasa cemas, lalu takut terhadap inilah atau itulah?

Wah, rasanya perlu instropeksi nih, bisa jadi itu adalah tanda tubuh sangat butuh berolahraga.

Saat berolahraga, pikiran kita akan merasa lebih tenang dan senang. Olahraga dapat meningkatkan kadar endorfin di dalam tubuh. Endorfin adalah hormon alami yang akan memberikan efek rasa senang dan tenang. Suasana hati Jadi, setelah olahraga s akan jauh lebih baik karena adanya hormon tersebut.

3. Sulit tidur

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Ini akan memperkuat ritme sirkadian, yakni proses biologis tubuh yang bisa menentukan siklus tidur seseorang. Olahraga membuat orang bisa membawa kantuknya pada malam hari secara penuh, dan kembali segar di keesokan harinya.

4. Sembelit

Bukan hanya kurang makan makanan berserat saja, sembelit atau konstipasi bisa jadi karena kurang berolahraga, . Olahraga bisa membantu melancarkan gerakan sistem pencernaan. Saat kita kurang berolahraga, proses pencernaan tubuhnya akan melambat, apalagi orang yang memiliki banyak lemak didaerah perut, maka ia mengalami buang air besar yang tidak teratur. Risiko terkena kanker kolorektal akan semakin meningkat.

 

Jenis-jenis Olahraga Sederhana

Olahraga sederhana adalah olahraga yang ringan dan dilakukan tanpa alat, mau tahu kanapa saja?

Ada beberapa macam yang bisa kalian pilih untuk mengembalikan kesehatan dan kebugaran tubuh:

1.Jogging

Olahraga jenis ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan juga untuk kekuatan otot betis, juga kaki.

2. Push–up 

Gerakan ini dengan cara menahan tubuh dengan tangan. Fungsinya untuk melatih kekuatan otot lengan serta berguna untuk manjaga stamina tubuh.

3. Sit-up 

Aktivitas ini dilakukan dengan cara menekuk tubuh ke depan hingga mencium lutut, fungsinya untuk menguatkan otot perut.

4. Scoot jump 

Gerakan ini dilakukan dengan cara meletakkan kedua tangan dibelakang bawah kepala. Kemudian dengan sikap jongkok menahan tubuh, kemudian meloncat agak tinggi dengan kedua kaki posisi bergantian di depan dan belakang. Manfaat aktivitas ini untuk menambah dan memperkuat energi tubuh.

5. Pilates 

Merukan jenis olahraga yaitu gerakan dasar yang mengandalkan pernafasaan yang berfokus untuk pembentukan perut.

Jenis Olahraga kardiovaskular

Yaitu olahraga yang berfungsi untuk meningkatkan denyut jantung dan membuat jantung menjadi lebih sehat.

Yang termasuk jenis olahraga Kardiovaskuler diantaranya adalah senam, berenang serta jalan cepat. Dengan melakukan kegiatan-kegitan olahraga yang telah disebut diatas secara rutin maka anda akan mendapatkan tubuh yang sehat serta tahan dari penyakit.

 

Catatan Penting sebelum berolahraga

Nah, beberapa jenis olah raga sederhana diatas akan lebih efektif jika dikerjakan secara rutin. Bukan karena jarang berolah raga lalu saat olahraga langsung forsir tenaga lebih ekstra, jangan ya! Justru lebih berbahaya jika kalian terlalu menguras energi saat lama tidak berolah raga. Oleh karena itu sebelum berolahraga ada hal yang penting sekali untuk kalian lakukan, yaitu:

1.Pemilihan baju untuk Olahraga.

Don’t: Jangan baju renang ya, karena bahannya jelas beda. iya iyalah… bahan yang terlalu ketat akan mengganggu persendian dan juga menghambat peredaran darah. Baju olah raga juga bukan juga baju kaos katun bergelombor yang biasa kalian pakai sehari-hari. Bahan katun memang menyerap keringat , namun ia tidak bisa menguapkan keringat dengan baik. Keringat akan terus membasahi baju menyebabkan lembab dan lebih berat. Teman-teman juga perlu menghindari bahan yang terbuat dari plastik dan karet, karena bahan ini tidakmampu memberikan sirkulasi udara saat berolahraga,

Do: Tujuan baju olahraga itu agar keringat yang keluar bisa maksimal dan menguap dengan mudah. Baiknya berolah raga menggunakan bahan sintetetis, karena memicu keluarnya panas lalu berkeringat,dan lebih cepat menguap.

2. Melakukan Streatching

Stretching atau juga disebut dengan pemanasaan. Kegiatan inibiasanya dilakukan sebelum melakukan olahraga berat. Kegiatan stretching ini diantaranya peregangan yang mempunyai manfaat mengembalikan elastisitas otot, sehingga otot – otot tidak kaku ketika melakukan olahraga berat, membuat tubuh menjadi lebih kuat serata mengurangi resiko cidera pada saat olahraga berat.

  • Dangakkan kepala ke atas , selama 8 detik.
  • Tunduk ke bawah , selama 8 detik.
  • Kepala hadap ke kanan, selama 8 detik.
  • Kepala hadap ke kiri, selama 8 detik.
  • Tekuk tangan kiri ke kanan, tahan bagian siku dengan tangan kanan selama 8 detik.
  • Tekuk tangan kanan ke kiri, tahan bagian siku dengan tangan kiri selama 8 detik.
  • Luruskan tangan kanan kedepan, telapak tangan hadap kedepan, lalu tarik jari-jari ke belakang dengan tangan satunya.
  • Luruskan tangan kanan kedepan, telapak tangan terbalik namun tetap hadap kedepan, lalu tarik jari-jari ke belakang dengan tangan satunya. .
  • Streatching selanjutnnya yang terpenting adalah Kaki:
  • Angkat lutut kaki kiri ke depan, tempelkan ke bagian perut, tahan dengan cara memeluk kaki dengan kedua tangan, lakukan selama 8 detik bergantian kaki yang kanan.
  • Angkat pergelangan kaki kiri ke depan, tempelkan ke bagian perut, tahan dengan cara memegang punggung kaki dengan kedua tangan, lakukan selama 8 detik bergantian kaki yang kanan.
  • Angkat pergelangan kaki kiri ke belakang, tempelkan ke bagian pantat, tahan dengan cara dipegang tangan kiri, lakukan selama 8 detik bergantian kaki yang kanan.

3. Minum Air putih.

Air putih sangat dianjurkan dalam berolah raga. Kekurangan cairan saat berolahraga bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, kram, dan kondisi kesehatan lainnya. Setelah olahraga kita wajib minum air putih, namun perlu diperhatikan juga, jika terlalu banyak dapat menyebabkan hiponatremia.

Hiponatremia adalah kondisi saat darah menjadi encer karena terlalu banyak minum air sehingga kadar natrium darah turun drastis. Hal ini jarang terjadi pada orang dengan aktivitas normal, tapi terkadang terjadi pada atlet seperti pelari maraton yang mengonsumsi air sangat banyak selama dan sesudah berolahraga.

Menurut website medis, hellosehat.com: kondisi hiponatremia ini bisa menyebabkan kebingungan, kelemahan, agitasi, dan kejang. Dalam kasus yang ekstrim, kematian bisa saja terjadi. Gejala awal hiponatremia meliputi mual, dan kram otot. Gejala ini juga bisa meniru gejala dehidrasi dengan membuat Anda minum air lebih banyak, seperti kasus para atlet.

Hiponatremia adalah keadaan darurat medis, dan memerlukan perawatan segera. Salah satu cara untuk mencegah hiponatremia adalah bisa dengan mengganti cairan tubuh yang hilang dengan minuman yang mengandung elektrolit.

Gerakan HIIT Work out by SKWAD Fitness

Gerakan Work Out cukup populer saat ini dalam melakukan aktivitas olahraga, kalau kalian biasanya work out-nya seperti apa?

Kalau saya melakukan work out untuk menurunkan berat badan tanpa alat, dengan menggunakan gerakan HIIT Work out by SKWAD Fitness seperti ini:

Yuk praktek olah raga dulu…

Salam,

Dewi Adikara

 

 

sumber:

www. goodtimes.id

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/13/192129020/7-tanda-yang-muncul-jika-kamu-jarang-olahraga

www.hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/jumlah-minum-air-setelah-olahraga

15 Comments on “Olah Raga menurunkan berat badan”

  1. Kalau pakai olahraga bobo nggak bisa ya? hahahaha
    Duh saya tuh very butuh olahraga, tapi kok ya belum memungkinkan (alesan kamu Rey!) 😀
    Saya seringnya lompat tali, eh apa ya nama kerennya, tapi baru aja mulai keluar keringat, si bayi langsung merengek minta gendong dan nyusu, atuh maaahh, keringat2 gendong bayi, risih maksimal rasanya hiks

    1. Saat masih punya bayi dulu aku juga masih berasa rempong banget, hihihi… paling banter lari-lari kecil itu pun karena panggilan si bayi minta menyusui, hihihi… serius kalau kurang olga, badan jadi kurang fit mbak…

  2. Suiipp~
    Aku cobain ikutan workout di channel Youtubenya.
    Menarik bangett..

    Aku suka olahraga, tapi lagi engga akhir-akhir ini…
    Kucedillaa~
    beneran pada pegel deeh..

  3. Aku olahraganya yang simpel2 aja nih. Maunya yang agak berkeringat tapi gak ada temennya jadi malas, hehehe. Jangan lupa air putihnya juga deh

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"