Resep kunci: Cara memasak Ketupat awet dengan Presto

pan
Bagikan Artikel ini

Wah… cara ini yang sudah aku lihat selama bertahun-tahun. Mamaku tuh orangnya rajin banget, tiap tahun pasti buat ketupat. Salah satu senjata andalan kami adalah panci presto.

Assalamualaikum sahabat…!

Walau bahas ketupat, masih sanggup menahan lapar kan?

Baca juga resep: Menu lebaran Madura: Pak ladeh

Bagiku ketupat itu luar biasa. Coba deh googling, ketupat bahasa Inggrisnya itu apa. Hasilnya benar-benar bikin tercengang.

Ketupat, sebuah makanan khas yang ada di masa lebaran. Banjir ketupat di masa lebaran tidak lah membuat orang rugi untuk berjualan. Semua kalangan pun dapat mendapatkannya dengan mudah di hari tersebut.

Dari pengalaman yang pernah saya temui ada perbedaan harga ketupat saat hari tertentu. Seminggu sebelum lebaran biasanya harganya relatif standart, namun saat sudah H-3 harga ketupat di sekitar saya bisa melambung dua kali lipat lebih mahal. Rasanya sih karena kebutuhan orang-orang akan ketupat makin mendesak saat mendekati lebaran, apalagi saat H-1.

Wuih… wuih, siapa coba yang bakalan sabar untuk duduk berjualan ketupat, padahal H-1 itu biasanya orang sudah berlalu lalang untuk persiapan mudik, bahkan berangkat mudik. Tak jarang juga ketupat menjadi semakin jarang yang jual dan harga bisa naik berkali-kali lipat dari sebelumnya.

Untungnya Mama dari dulu membuat ketupat sendiri, dan disinilah resep kunci rahasia Mama sehingga awet saat hari H hingga malam.

Beliau membuat ketupat dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mencuci beras hingga benar-benar bersih. Lalu tiriskan sampai agak kering.
  2. Masukkan ke dalam ketupat, sekitar 2/3 dari bentuk ketupat.
  3. Seratkan setiap janur ketupat agar hasil akhirnya cantik dan tidak luber keluar.
  4. Masukkan ke dalam presto, isi air hingga semua ketupat terendam.
  5. Tutup rapat presto, nyalakan Api.
  6. Rebus hingga 20 menit. Matikan api. 
  7. Diamkan presto hingga uap benar-benar keluar.

Catatan Penting:

Kita tidak boleh langsung membuka Presto saat api baru dimatikan, karena Presto menggunakan tekanan tinggi. Kesalahan dalam membuka presto secara langsung, dapat menyebabkan ledakan akibat perbedaan suhu udara di dalam presto dan suhu ruang di luar presto.

Nah poin penting dari resep kunci ketupat mama itu sebenarnya ada tiga, yaitu:

kunci

  1. Pencucian beras hingga benar-benar bersih
  2. Meniriskan beras yang sudah di cuci.
  3. Membuat ketupat di malam hari, beliau biasanya melakukannya jam 23.00 hingga dini hari. Luar biasa ya…! Salut dan bangga dengan beliau.

Yuk, menyiapkan ketupat untuk lebaran… Semoga berhasil ya:)

Salam,

Dewi Adikara

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"