Review 5 tempat Makan Favorit

pixabay
Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum! Wah… judulnya review 5 tempat makan favorit. Siap-siap baca sambil merasakan bagaimana gejolak perut yang mulai lapar…!

Saya sih kalau kuliner diluar sebagai penikmat makanan, bukan sebagai food blogger. Sumpah, enggak bakat banget. Kenapa?

Karena saya enggak sabar, untuk melahap makanan yang sudah datang didepan mata. Apalagi kalau bareng dua anak balita saya. Waktu makan sangat berharga. Bisa makan dengan enak itu sungguh kenikmatan. Buahahah… Mereka sih sebenarnya enggak gangguin saya makan. Enggak juga ngabisin apa yang saya makan.

Mereka lagi senang-senangnya bermain, berimajinasi, menjadikan semua benda disekeliling menjadi permainannya.

Lah bagus toh mak? enggak perlu beli mainan? Salah! justru kalau ditempat umum saya harus lebih ekstra menjaga. Selain kebersihan benda-benda asing yang mereka sentuh, juga harus menjaga gerakan mereka yang cukup lihai berpindah sana-berpindah sini. Loncat keatas ((masak kebawa)) naik turun tangga, dan muter seperti gasing kalau sudah plek main berdua. Begitulah balita. Aktif? Alhamdulillah.

Intinya sih harus aman menjaga mereka dari marabahaya. Terjatuh atau terambil orang asing karena jauh dari saya. Naudzubillah….

Beberapa tempat makan favorit saya berada di Pulau Madura. Teman-teman kalau mau kesana, sekalian jalan-jalan lihat bukit jaddih dan belanja batik madura. Tetapi hati-hati kalap, hehehe…. Mulai 27 Oktober 2018 lalu, jembatan Suramadu Gratis loh!

Ok, kembali ke makanan ya, cekidot:

1.Gang Amboina, lokasi: Bangkalan Madura

Bisa saya sebut makanan ini adalah makanan nasi campur madura, ada juga makanan favorit disini adalah nasi petis. Kalau yang sempat didatangi Almarhum pak Bondan lokasinya tepat didepan alun-alun. Namun Gang Amboina berbeda lokasi, ia berada di jl.KH.Moch.Kholil gang IXA 97A. Harganya cukup Murah meriah, rasanya Lezat, bisa-bisa saya dua porsi kalau makan disini. Mau tanya-tanya? Ada kok nomer teleponnya, ini dia 087 750 770 008.

Isi dari makanan ini adalah: Nasi putih, potongan paru goreng, potongan ati goreng, setengah telur, bihun kecap, dan jejabbih (sambel), dan daging berkuah santan. Nyummy enak banget. Kalau mau ganti lauk atau pilih-pilih lauk boleh kok. Kalian bisa lihat langsung melalui link youtube dari cak Budi rekan saya di dunia online, dia jago banget kalau review makanan:)

2.Nya lete’, lokasi: Bangkalan Madura

Lokasi ini tolak arah dari gang amboina. teman-teman kalau mau pulang menuju surabaya pasti melalui rumah makan ini. Setelah pecinan, lalu belok kanan, nah sebelum pertigaan. Dikanan jalan ada Nya lete’. Ada dua rumah makan loh, yang kamu temui pertama adalah rumah makan yang baru, beda pemilik. Lurus kedepan, adalah Nya lete’ yang lebih lama disana.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Makanan ini serupa dengan makanan gang Amboina, namun disini memang sudah melegenda. Isinya sama, Nasi putih, potongan paru goreng, potongan ati goreng, setengah telur bumbu, bihun kecap, dan jejabbih (sambel), dan daging berkuah santan. Saya kalau makan disini minta dikasi kuah rawon sedikit, masakannya enak nih. sedap dan gurih. Bisa dua porsi juga nih kalau makan ini.

3.Rujak Cingur, lokasi: Bangkalan Madura

Kalau rujak Cingur ini bagi saya sih makanan camilan, hehehe.. maklum orang Indonesia kalau belum ketemu nasi rasanya belum makan. Bedanya sama rujak di Surabaya adalah petisnya. Kalau rujak cingur Madura petisnya merah, terbuat dari ikan. Kalau di jawa pada umumnya petisnya hitam, terbuat dari udang.

kalau kalian mau buat sendiri bisa kok, ini ada resepnya di artikel saya dahulu.

4.Sop Kaki Kambing, lokasi: Jemur sari Surabaya.

Setelah dari Madura, mari meluncur pulang ke Surabaya. Lokasinya di jemursari. Arah jalan menuju Malang. Dikiri jalan kan banyak hotel, nah Sop kaki kambing ini tempatnya di kanan jalan. Sebelum pertigaan. Bagi yang belum pernah makan ini, lihat tulisannya aja mungkin sudah mikir dua kali untuk beli.

Dulu, saya pun seperti itu. Suami saya meyakinkan bahwa ini enak. Saya coba, ternyata memang enak!

Dasarnya saya jijikan. Lalu, ilfill kalau lihat makanan yang aneh-aneh. Suami saya selalu ada di baris depan. Memilihkan potongan-potongan daging. Lalu, diolah kembali sama juru masaknya. Kalau makan disini, kalian jangan langsung duduk (kecuali saya). Pilih dulu potongan daging. Baru duduk ya.

Hasil foto sayahilang bersama HP saya yang habis opname, hiks sedih deh. Detail gambar makanan ini bisa klik disini foursquare .

5.Sate Gulai Kambing  Sedati, lokasi: Sedati, Juanda Lama Surabaya.

Jalan lurus lagi. Menuju Bandara Internasional Juanda. Kita lagi bahas kuliner ya gaes. Bukan bahas jadwal penerbangan, hehehe… Kalau kalian bingung, coba pakai google Map.

Tulis aja: Sate Gulai Kambing Sedati. Langsung deh, dikenali sama mbah google. Tempat makan ini sih kecil, tapi rasanya mantab. Enggak keras. Dan enggak amis. Daging kambingnya Fresh. Ada di depan depot. Jadi seringkali kalau kita kesini, dagingnya lagi ditusuk-tusuk pakai lidi sate.

Berikut alamat dan gambar lengkapnya melalui tripadvisor. Kalau mau bawa rekan kesini sangat rekomended loh.

Makanan diatas adalah kuliner favorit menurut saya di Area Surabaya dan Madura. Kalau di Jawa barat kira-kira apa saja ya?

Berhubung teman jawa barat asik kuliner. Ia belum dokumentasikan makanannya. Sambil menunggu artikelnya, kita lanjutkan Challege menulis 30 hari lagi ya.

Tema besok adalah tentang 5 benda wajib yang harus ada di tas. Tebak dulu deh, sampai jumpa besok.

 

Salam makan enak,

 

Dewi Adikara

2 Comments on “Review 5 tempat Makan Favorit”

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"