SPOTS memudahkan penjual dan pembeli

spots sahabat blogger
Bagikan Artikel ini

SPOTS memudahkan penjual dan pembeli

“Kembalinya boleh permen?” Tanya mbak kasir di sebuah minimarket yang Dewi kunjungi.

“Waduh mbak saya enggak suka permen,” Dewi menolak dengan santai.

“Lah, enggak ada kembalian koin mbak,” ia meninggikan intonasi suara, dengan muka cemberut.

“Buat mbak saja permennya.” Perasaan kok aneh ya, Dewi dipaksa menerima kembalian permen dan tidak ada pilihan lain. Mana mukanya cemberut … serem amat! Amit-amit enggak bakal deh balik ke sana.

***

Sahabat pernah mengalami yang begini?

Tidak terasa kejadian itu sudah berlalu lima tahun yang lalu. Beruntungnya hidup di kecanggihan teknologi saat ini. Dewi mau beli makanan di angkringan saja, sudah merasakan pos system restoran. Dewi sebagai pelanggan jadi lebih nyaman dan aman saat berada di Point of Sale Angkringan Bagong.

Saat ini kecanggihan teknologi sangat banyak membantu masyarakat. Bahkan semua masyarakat bisa menjadi penyedia produk atau jasa dengan Aplikasi Gojek. Sistem pembayaran pun lebih mudah dengan metode cashless.

Point of Sale tuh bagi Dewi penting banget, karena penjual melakukan pelayanan untuk menyelesaikan transaksi dari pembeli. Pada kondisi ini juga menentukan bagaimana penjual bisa memberikan pelayanan terbaiknya dengan kemudahan dalam bertransaksi. Tidak heran seringkali Dewi melihat ada tulisan di bagian kasir mini market, mulai dari: tanpa struk belanja anda gratis, telepon pengaduan customer, bahkan motto senyum, salam, sapa.

Point of SalePoint of Sale, dari tadi ngomongin Point of Sale. Apa sih Point of Sale?

Point of Sale

Point of Sale (POS) merupakan tempat di mana pelanggan melakukan pembayaran untuk barang atau jasa, dan di mana pajak penjualan dapat dibayarkan. Hal itu bisa dilakukan di tempat toko fisik, di mana terminal POS dan sistem digunakan untuk memproses pembayaran kartu, atau titik penjualan virtual, seperti komputer atau perangkat elektronik seluler.  Jika diartikan secara harfiah, point of sales memiliki arti titik penjualan, di mana transaksi penjualan dan pembayaran antara kita dan pelanggan terjadi.

POS sering digunakan guna membantu pengelola bisnis atau pemilik usaha dalam hal mempermudah transaksi dengan pelanggannya. Dengan POS, mereka dapat meningkatkan fungsionalitas dengan memasang jaringan perangkat pengambilan data, termasuk pembaca kartu dan pemindaiΒ barcode. Sekarang, semua pelaku usaha dimudahkan dengan POS System dari SPOTS powered by Gojek.

SPOTS merupakan aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Mesin kasir online ini merupakan sebuah POS + EDC + Printer: All in One Device. Produk ini ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi mereka. Sebelumnya, dalam bertransaksi kita kan hanya mengandalkan Go-Pay ya? Sekarang mesin EDC ini sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit loh …! Dan sebentar lagi, kita juga bisa menggunakan kartu kredit.

SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran tiga macam ini.

Pos System atau Sistem aplikasi POS mempermudah berbagai pekerjaan administratif, sehingga kita pun punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain yang bersifat lebih strategis.

Aplikasi mesin kasir Pos system ini dengan berbagai teknologinya, memungkinkan setiap perangkatnya terintegrasi dengan baik. Begitu pula dengan data-data yang tercatat di dalamnya.

Sistem POS tidak hanya merupakan sebuah aplikasi berbentuk software, tetapi juga menyediakan perangkat mesin kasir. Sama seperti kebanyakan toko offline pada umumnya, mesin kasir POS ini digunakan untuk menghitung total harga barang atau makanan yang dibeli konsumen, lalu mereka akan diberi pilihan ingin melakukan pembayaran dalam cara apa. Jika susah selesai Melakukan pembayaran, mesin kasir POS akan mengeluarkan transaksi pembelian sebagai tanda terima, yang biasa disebut dengan struk.

Wah, kira-kira bagaimana ya Mesin kasir online ini bisa memudahkan penjual dan pembeli?

Kini SPOTS sudah terintegrasi dengan APLIKASI GOBIZ. Terima pesanan GoFood sampai pembayaran QRIS dalam satu perangkat.

GoBiz adalah super app dari Gojek khusus untuk para pebisnis. Ia dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, bahkan dengan perangkat Android apa saja. Dengan Gobiz, bisnis kita jadi lebih aman dan nyaman, dan mudah banget hanya dalam satu genggaman.

Nah kalau zaman sekarang sudah banyak orang yang berani melakukan bisnis, salah satunya karena kita dipermudah dengan online. Penjualan kita bisa kapan saja ada apa saja dengan online.

Apa saja sih keuntungan GoBiz bagi penjual?

gobiz

GoBiz memberikan layanan terbaiknya, sehingga memberi keuntungan kepada penjualnya sebagai berikut:

1.Pesan antar makanan online:

Kita bisa menaikkan omzet penjualan melalui GoFood yang aktif dipesan oleh jutaan pengguna aplikasi Gojek.

2. Pembayaran Modern:

Sehingga memudahkan pelanggan kita untuk membayar dengan cepat dan aman menggunakan GoPay

Baca juga yuk: Cara mudah Top Up dengan Gopay

3. Pencatatan lengkap:

Dengan GoBiz sahabat bisa merapikan catatan penjualan, mengurangi pekerjaan manual dan kemungkinan kecurangan.

Ada pula promo untuk pelanggan, yang bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan baru dengan program promosi yang dapat disesuaikan untuk bisnis kita.

4.Laporan terperinci:

Dengan aplikasi ini mempermudah kita untuk seperti stok barang, laporan transaksi penjualan, keamanan transaksi, retur barang, dan sebagainya. Jadi, setiap ada pelanggan yang melakukan transaksi, datanya akan langsung terintegrasi dengan fitur-fitur tersebut.

Tidak hanya melakukan transaksi online, kita juga bisa memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis misalnya kuliner dengan point of sale cafe atau pos system restoran.

Dari informasi ini, kita bisa meningkatkan stok bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu tersebut untuk mengantisipasi banyaknya permintaan menu favorit dari pelanggan. Dengan begini, kita dapat memenuhi permintaan pelanggan dan membuat mereka merasa puas dengan pelayanan kita.

Saat kita menggunakan Pos system coffee shop sebagai mesin kasir di cafe kita, Pos system coffee shop dapat membantu kita memantau selama menjalankan bisnis cafe, menu makanan yang paling sering dipesan pengunjung. Pos system coffee shop mencakup fitur untuk mengetahui menu apa yang paling disukai pelanggan. SPOTS juga dilengkapi dengan teknologi Cloud based Pos System.

Cloud based pos system

Teknologi berbasis cloud saat ini sedang naik daun, tidak terkecuali cloud based POS system.

Teknologi POS yang satu ini memungkinkan kita untuk menyimpan seluruh data di cloud sehingga kita dapat mengakesnya dari mana pun dan kapan pun. Hal ini pun memberikan kontrol yang lebih baik terhadap bisnis kita. Kita bisa meminimalisir risiko terjadinya downtime akibat system maintenance.

Sahabat yang memiliki cabang toko retail di beberapa tempat akan sangat terbantu dengan cloud-based POS system, karena sistem dan data yang ada pada cloud based POS system akan selalu ter-update secara rutin dan dalam waktu bersamaan, mempermudah kita untuk melakukan integrasi.

Dengan Pos System restoran kita tidak perlu kawatir bila akan membuka bisnis kuliner seperti contohnya usaha angkringan di atas.

Kesimpulannya nih ….

GoBiz sangat membantu penjual untuk mengembangkan usahanya

Dengan alat kasir, printer resi dan terima pembayaran kartu debit dalam satu perangkat. sehingga penjual mendapatkan:

1.Kenyamanan memonitor usaha karena sudah terintegrasi dengan GoBiz.

Lihat dalam satu perangkat pesanan GoFood dan makan di tempat dengan aplikasi GoBiz. Atur menu, terima pesanan GoFood, mencatat ragam tipe pembayaran, buat promo diskon dan dapatkan laporan harian dengan aplikasi GoBiz dalam perangkat SPOTS.

2.Cetak resi penjualan secara instan

Perangkat dilengkapi dengan printer, tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi. Berikan resi transaksi kepada pelanggan dengan mudah.

3.Mudah dan aman menerima pembayaran

Terima pembayaran non tunai seperti transaksi QRIS, semua Kartu Debit dan lainnya tanpa ribet. Pencairan dana untuk kartu debit pun cepat, jika rekening yang digunakan adalah BCA, maka 1 hari kerja. Jika rekening yang digunakan bukan BCA, maka maksimum 3 hari kerja.

4. Otomatis terdaftar sebagai Mitra Usaha Gojek

Dengan demikian kita bisa memantau pesanan lebih mudah. Sebagai seller, saat kita mampu membaca kepuasaan pelanggan maka akan membuat usaha kita makin sukses. Dengan mengetahui produk yang sering di pesan pembeli, maka kita bisa memberikan promo menarik dan juga mampu mengatur jumlah ketersediaan dari produk kita.

Jika sahabat sudah menjadi Mitra Usaha Gojek dan mempunyai akun GoBiz, maka akun GoBiz sahabat bisa terintegrasi langsung di perangkat SPOTS.

5. Harga terjangkau

Biaya pendaftaran Rp.490.000 dan pembelian mesin SPOTS, dan selanjutnya hanya Rp.4,900/hari. Sangat terjangkau deh untuk fitur yang integratif dan berkualitas! Sahabat akan mendapatkan dua kertas printer, dan selanjutnya bisa membeli sendiri di toko online atau toko fotokopi.

GoBiz sangat membantu pembeli dalam bertransaksi

1.Kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi

Kita tidak perlu repot menggunakan uang tunai atau mencari uang koin saat jumlah pembayaran dengan nominal pecahan, karena metode pembayaran cashless. Pembeli dapat membayar dengan berbagai macam metode pembayaran non tunai, mulai dari transaksi QRIS hingga kartu Debit.

3.Cetak resi penjualan secara instan

Bukti transaksi bisa diterima dengan cepat.

4.Promo menarik

Dengan terhubung pada aplikasi maka kita bisa melihat promo menarik yang di update oleh seller.

5. Partner Mesin Kasir Online

Partner Mesin Kasir Online merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, kasir online sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia. Bisa jadi point of sale cafe yang menggunakan kasir online ada di cafe favoritmu deh sahabat!

Enak banget kan pakai Kasir online. Kita sebagai penjual dan sebagai pembeli sama-sama merasakan keuntungannya. Sudah ya, Dewi mau lanjut cari camilan. Kali ini Dewi beli Pizza Hut dulu ah … dan Waooow! Ada kasir online juga di Pizza Hut. Makin cinta deh bertransaksi dimana saja saat lihat mesin kasir online.

Ayo lihat lebih banyak informasi menarik tentang Aplikasi GoBiz.

Salam,

Dewi Adikra

Referensi:

Spots.co.id diakses pada 24 Maret 2020

Aprilia Sukandar, Clara. 2019. Wartaekonomi.co,id: Apa itu Point of Sale?.  https://www.wartaekonomi.co.id/read224883/ apa-itu-point-of-sale diakses pada 24 Maret 2020

Tanuhandaru, Protus. 2018. Progresstech: 5 Teknologi POS yang dapat meningkatkan keuntungan retailer. https://www.progresstech.co.id/blog/teknologi-pos/ diakses pada 24 Maret 2020

31 Comments on “SPOTS memudahkan penjual dan pembeli”

  1. Wahh ternyata SPOTS yg juga merupakan anak perusahaan dari GoJek ini dapat mempermudah transaksi untuk UMKM.

    Selain menguntungkan bagi pengusaha kecil, bagi konsumennya pun jadi lebih mudah untuk membayar dgn kartu debit.

    Jadi gak perlu ada kembalian dengan “permen” sebagai ganti uang receh ..

      1. Enaknya itu semua bisnis bahkan bisnis kecil bisa pakai spots. Kmren saya nemu di penjual martabak pinggir jalan aja udah pake spots loh

    1. Sebagai pemuja transaksi cashless, aku sangat senang saat SPOTS diluncurkan. Selain konsumen ada banyak pilihan mode pembayaran, juga sangat memudahkan merchant untuk menyelesaikan setiap transaksinya.

  2. Banyak sekali keuntungan pakai mesin SPOT ini ya Mba. Ga hanya untuk penjual, buat pembelipun banyak memberi kemudahan. Selain jadi lebih praktis ga perlu bawa cash, juga ga perlu ada kejadian kembalian diganti permen lagi hihi

  3. Sekarang udah banyak gerai UKM yang pakai aplikasi SPOT ini mba … Kemarin beli ayam utuh dan udah pakai aplikasi ini. Membantu banget sih .

    Dan bener untuk urusan pembayaran jadi lebih praktis …

  4. Wahgaya hiduo cashless kayanya udah merambah ke pengusaha UKM ya, artinya mereka juga mengerti kemauan pasar yg lebih senang pakai uang elektronik daripada uang cash.

  5. Iya banget ini. Aku nih salah satu pembeli yang udah jatuh hati banget sama belanja cashless. Dan SPOTS bikin kita jadi bisa belanja cashless di mana-mana. Termasuk di jajanan pinggir jalan.

  6. kalau ada aplikasi ini jadinya praktis banget ya.. baik penjual maupun pembeli nggak rempong. transaksi akad… sesuai nggak ada kejadian lagi kembalian dikasih permen, aku pun ogaahhh..

  7. emang ya pakai SPOTS itu salah satu cara memudahkan para pembeli dan penjual, biar gak ribet transaksinya. buat ya parno tukeran uang karena lagi virus gini, ini salah satu manfaatnya nih pakai SPOTS, terbaik deh emang.

  8. SPOTS ini keren banget menurut saya. Bahkan di kuliner-kuliner lesehan pun udah pada pake lho.. Sayangnya saya sedang off jualan saat SPOTS ini hadir, sehingga belum memiliki sendiri. Padahal aslinya penasaran πŸ˜€

  9. Wah nambah satu lagi nih platform yang membantu penjualan produk. Semoga manfaat yang didapat bagi penjual dan pembeli bisa maksimal ya dengan kemudahan yang sudah ada.

  10. Aku udah kenal SPOTS lumayan lama, apalagi di Bintaro udah banyak warung dan kedai yang pakai SPOTS ini. Ternyata sekarang udah makin canggih ya dengan terintegrasi sama GoBiz, Gojek ini emang inovasinya keren-keren sih, karya anak bangsa yang sangat membantu masyarakat dalam perekonomian

  11. Transaksi dengan mesin kasir SPOTS ini mendukung UKM ya mbaa.. Mana ringkas banget lagi administrasinya. Saya juga suka kesal kalau dikasi kembalian permen, padahal kalau 100 atau 200 rupiah bisa ditabung juga hehe

  12. wah angkringan pun udah pakai SPOTS, keren deh. Tahu banget kebutuhan pembeli, eh tapi mempermudah juga bagi penjual dalam manajemen keuangan warungnya ya

  13. Dulu pernah dilarang lho kembalian berupa permen. Memang sebel banget. Trus kita engga bisa juga kaan beli pakai permen…
    SPOT memang memudahkan yah untuk pembeli maupun penjual. Gampang. Tinggal gesek…

  14. Saat pertama kali melihat mesin SPOT ini aku pikir dulunya buat gesek kartu kredit (meskipun bisa sih) tapi akhirnya tahu kalau ini bisa dipakai untuk transaksi gopay. Akhirnya aku jadi sering manfaatin kegunaan SPOT yang praktis di saat tak banyak membawa uang tunai

  15. Saya setuju, memang memudahkan penjual dan pembeli. Sebagai pembeli saya juga jadi hepi kalau penjual punya mesin ini. Karena kadang mending bayar pakai debet daripada uang di dompet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.