Tema Blog favorit sahabat blogger

tema
Bagikan Artikel ini

Halo…. Assalamualaikum… jam sudah menunjukkan pukul 22.05. Tema Blog favorit sahabat blogger yang saya angkut kali ini ya… Terus terang saya dari awal nge blog sampai sekarang menggunakan WordPress, lebih tepatnya kejebak di wordpress. Bukannya enggak suka sama Wordpess. Justru malah sebaliknya. Saya suka karena platform ini bebas berkreasi. dan lawan berkreasi sebenarnya adalah tantangan yang lebih banyak untuk mengutak-atik.

Sama halnya dengan modifikasi baju, jadi perlu ganti sana, ganti sini. Pinginnya pakai jilbab merah, lalu cari baju merah, eh ketemu baju merah yang bermotif bunga kuning. Begitu lihat dikaca, ternyata jilbab merah kurang cocok, maka digantilah jilbab warna kuning. Eh ternyata setelah siap, ingat bahwa handsock yang warna kuning masih dicuci, jadilah ganti warna hitam.

Begitulah tema dalam blog wordpress, perlu kita utak-atik. Kalau belum ketemu, harus dicari sampai dapat, karena terkadang ada beberapa bagian yang tidak tampil karena tema tidak support. Instal plug in ini, atau itu. Fuih.. jadi kolom curhat nih….

Tema terpasang dengan semua tampilan yang kita inginkan. itu harapan kita. Disaat kita bisa mencapai itu semua, langsung deh berbinar-binar. Semangat nge-blog naik lagi, bahkan malah lebih semangat dari biasanya.

Dua tema dari WordPress, yang saya suka adalah sebagai berikut:

 

Pertama, Tema Placid.

Tema ini yang mengawali saya di dunia blogging. Tampilannya terlihat menarik didukung oleh header gambar yang bisa tampil full sehingga ntmpak menarik.

Kelebihannya:

  • Tema ini mampu menampilkan gambar Headline artikel plug in AP Mega menu dibagian atas. Super keren deh. Dari tampilan gambar ia berdiri sendiri dengan judul, dan bisa di klik langsung terhubung dengan artikel.

  • Kolom subscribe bisa ditampilkan disini. Tema ini mendukung banget untuk menampilkan siapa saja yang ingin mendaftar dengan email untuk subsribe blog kita.
subsribe
  • Seringkali plug in bawaan WordPress yang support menggunakan tema ini. Seperti AP Mega Menu, Jetpack, Visitor traffic dan lainnya.
  • Warna dominasi background lebih dominan.
tampilan dari hp

Kelemahannya:

  • Saya seringkali mendapati komentar yag tidak bisa tampil saat menggunakan tema ini,
  • Seringkali tampilan teks paragraf sisi kanan terpotong kalau kita lihat teks dari layar hp.

 

Posisi kedua adalah Hit Mag,

Tema yang saya gunakan saat ini. InsyaAllah, tetap awet saya gunakan selama tidak ada kendala dalam meng update blog. Semoga saja tidak terjadi.

Kelebihannya:

  • Tampilan tema ini terlhat lebih profesional, karena lebih tertata dengan ukuran yang sama satu sama lain.
  • Warna mendominasi putih bersih dan plug in komentar bawahan wordpress lebih bisa diterima disini. Selama saya pakai tema ini tidak pernah ada gangguan untuk kolom komentar.
  • Kolom subscribe bisa ditampilkan disini. Tema ini mendukung banget untuk menampilkan siapa saja yang ingin mendaftar dengan email untuk subsribe blog kita.

  • Ini yang paling saya suka. Tema ini bersahabat dengan Elementor, dalah satu Pagebuilder yang bisa buat blog makin cantik.
tampilan lappy
tampilan dari hp

Kelemahannya:

  • Kolom read more tidak bisa kita tentukan garis potongnya. Padahal sebenarnya fungsi dari garis potong adalah membuat penasaran pembaca, sehingga mereka bisa mng klik untuk membaca lebih lanjut.

 

Nah, itu adalah dua Tema yang saya gunakan dan penilaian berdasarkan hasil pengalaman saya. Kalau ada masukan infoin ya, siapa tahu saya bisa belajar lebih banyak dari kedua tema diatas.

 

Kalau menurut teman – teman saya lebih cocok pakai tema yang Placid atau HitMag?

Info di kolom komentar ya, terimakasih.

 

Salam,

 

Dewi Adikara

 

sumber gambar:

dokumen pribadi dan www. pixabay.com

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"