Tips Fotografi ala Sahabat Blogger

happen
Bagikan Artikel ini

Assalamualaikum sahabat!

Sudah selesai pekerjaan rumah tangga hari ini?
Jadi wanita tuh ya, meskipun kerja kantoran di ruangan ber-AC. Tetap aja paling lega kalau sudah istirahat di kasur pake baju daster terbaik.

But…! Baju daster terbaik bukan yang paling bagus ya. Bisa jadi yang paling kucel karena keseringan dipakai… #tunjukmukasendiri.

Kita santai saat sudah nyelesaikan tugas kantor, bermain sama anak, suami, tetangga, nonton film drama dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Nah kalau sudah santai begitu, kita seringkali mencari kesenangan melalui Hobi. Seperti saya nih contohnya, Hobi saya menggambar dan Fotografi.

Siapa yang sama? Tunjuk tangan ya!
Untuk teman-teman yang bukan wanita, Tenang aja. Kalian masih boleh kok baca terus artikel ini sampai selesai, karena saya mau bahas fotografi bukan cara make-up kok. Hihihihi….

Ini beberapa hasil foto yang pernah saya buat, jangan lupa follow dulu ya, tinggal di klik kok:.

1.Koleksi Foto Makanan

View this post on Instagram

– Bagaimana saya bisa memahami kuasa-Nya? . Yang memberiku kejutan berkali-kali. Aku bukanlah makhluk sempurna. Namun Allah berkali-kali memberiku kesempatan menikmati hal baru. Mempercayakan ilmu padaku. Agar aku bisa kembali belajar. Memicu semangatku. Kembali berkarya. Aku memang tidak mengetahui kuasa-Nya. . Tapi aku bersyukur atas semua rahmat-Nya, aku menikmati pemberian-Nya. . Mendoakan permasalahan agar segera selesai dengan segala usahaku. Menciptakan dunia sendiri untuk bersahabat dengan diri ini. Lalu aku tengok keluar. Kembali memandang dunia. Semua menjadi lebih indah. . . . “Selamat Hari pernikahan. Umur masih muda, kita mungkin seperti anak yang mau masuk SD. Tapi dengan ada Allah diantara kita, insyaAllah usia kita bisa lebih matang dari yang tampak… Amin,” www.sahabatblogger.com . . Ceritaku kemarin gagal upload karena susah sinyal @30haribercerita Maap🙏😅 Jadilah harus aku uninstal dulu lalu instal lagi. . #30haribercerita #30hbc1906 #weddinganniversary #love

A post shared by dewi_adikara (@melani_pryta_dewi) on

Siapa yang udah ngiler lihat foto diatas?

Saya saja juga ngiler kok…

Padahal itu makanan udah ludes. Buahahaha…🤣

Ini buat kue kastengel resep dari leluhur, ada kok resepnya. Saya beri link resepnya KUE KASTENGEL disini ya.

Kalau ini dagangan teri saya, sudah ada sejak tahun 2013. Siapa yang mau…?

Ada pula bakso keju endes… kalau ini produk endorse, bukan langsung barang dagangan saya, hehehe….

Masih kuat lihat foto makanan lainnya?

Saya masih punya soto ayam yang bening banget😋

Udah ya foto makanannya. Sekarang lihat foto alam yuk…!

Siapa yang suka foto alam?

Angkat tangan lagi ya… #berasajadigurusekolah, hihihi….😂

2. Koleksi Foto Alam dan Binatang

Jangan lupa Follow lagi ya, akun saya yang gallery foto baru nih. Ke depan makin banyak koleksi foto-foto lagi deh.

masih mau lagi ya…?

Ini zebra kasian sedang ngiup dari hujan. Di Taman Safari Prigen.

Lalu ada juga koleksi lainnya, lihat disini deh :

 

Udah banyak ya, gambar-gambar yang bikin makin greget untuk belajar. Kira-kira apa ya resep di balik hasil foto saya?

Simak deh tips Fotografi ala Sahabat Blogger:

1.Memaksimalkan Foto dengan Kamera bawaan Hp.
Yang saya gunakan bukanlah DSLR. Saya mempelajari apa saja mode yang ada di kamera HP.
Maklum keinginan beli DSLR sempat kandas saat saya ingat waktu saya masih sering tersita oleh rutinitas sehari-hari. Jadi kawatir sudah beli eh enggak jadi praktek deh.

Jadilah saya memaksimalkan kamera HP saya. HP saya pernah ganti loh, enggak ada bedanya kan hasil fotonya. Jadi kalau kita bisa memaksimalkan yang kita pegang, Why Not?!

2.Mempelajari berbagai macam teknik fotografi.
Nah poin kedua ini, kita perlu mengawalinya dengan simple. Seperti alasan saya diatas, yang ngerasa enggak punya waktu buat praktek DSLR #soksibukamatsih jadilah saya enggak kesampaian beli. Tapi serius deh, tabungan tuh larinya ke tempat lain, dari pada ke rencana beli DSLR.

Sebenarnya dulu saya sempat terjebak salah pemikiran.
Bahwa perlu menemukan tempat yang bagus untuk mengambil foto.
Perlu melihat waktu cahaya matahari terbaik untuk mengabil foto.

Nah, kalau gitu kita bisa banyak kehilangan moment dong.  Moment kupu-kupu terbang di sore hari, laut diantara senja, sarapan pagi yang belum ada matahari.

Jadi saya memulai mengambil foto dengan meningkatkan kepekaan kita. Kita melihat apa saja yang ada di sekitar kita. Seperti ini misalnya. Hanya hamparan kosong, tapi dengan kita mempelajari teknik fotografi jadilah hasilnya menyilaukan. Auu….. #bukansuaraserigala ya, hihihi….

fotografi
Saya lagi ambil foto, lalu di bawah ini adalah hasilnya

3.Mempraktekkannya dengan metode ATM (Amati Tiru Modifikasi).
Punya fotografer idola? Coba amati deh cara mengambil gambarnya, apa obyek yang difoto mereka. Setelah di amati, coba ditirukan ya.

Setelah menirukan kita bisa melangkah ke tahap berikutnya, yaitu Modifikasi. Dengan mempraktekkan kita jadi semakin peka akan kekurangan dari foto yang sudah kita ambil.

4.Mengeluarkan kreasi dari pikiran.
Kita bisa mengeluarkan kreasi dengan menggambarkan di kertas, lalu merealisasikan. Cara ini sangat efektif untuk menyimpan imajinasimu jika belum sempat merealisasikan. Kita bisa semakin kaya berimajinasi disaat kita banyak mempelajari banyak gambar.

Coba aja gunakan search engine di google atau youtube, dijamin deh imajinasi teman-teman makin seliweran di pikiran.

Apa ada yang ingin diketahui lebih banyak dari apa yang saya pelajari?

Sampaikan di kolom komentar ya sahabat, insyaAllah saya buatkan di artikel selanjutnya.

Salam,

 

Dewi Adikara.

4 Comments on “Tips Fotografi ala Sahabat Blogger”

  1. Keren mbak fotonya. Memang ya kalau bisa konaisten belajar maka hasilnya pasti bagus ya mbak. Saya mupeng bikin foto bagus tapi males belajar. Haha

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"