Tips Merusak Tas

tas
Bagikan Artikel ini

A: Seberapa gregetnya kau?

B: Waktu mau baca artikel “Tips Merusak Tas…”

A: Terus…?

B: Ternyata yang muncul… Tips Merawat Tas…!

A: *eaaaaaaa…. (ramai-ramai bikin geregetan) Buahahahaha..

Ngeselin atau bikin garing? Lumayan lah bisa bikin jemuran garing (“kering”)

Jadi sebenarnya mau bahas apa sih?

Tulisan ini dibuat untuk kepentingan meningkatkan memori.

Masak iya, teman-teman mau ngerusak tas?

Sayang Tasnya dong. Teman-teman membaca ini pasti bukan untuk tujuan merusak tas. Benar kan?

Klik follow dulu diatas ya.

Sahabat, agar tidak menjadi galau tak berarah, saya beri tips bagaimana cara memaksimalkan memori atau cara menghafal kita. Supaya faktor “lupa” bisa berkurang. Apalagi kelupaan membawa isi tas.

ini sebenarnya cerita tentang apa sih?

Khusus artikel ini, saya mau membawa teman-teman ke dalam kelas bahasa yang berbeda.¬†Tidak perlu¬† menjadi cerdas atau pintar untuk menggunakan tips ini, karena tips ini menggunakan ingatan buatan.¬† Badala…. makanan apalagi nih ingatan buatan. Oke siap kita mulai.

Mengatasi lupa membawa 5 barang penting disaat kita gonta-ganti tas.

Gonta-ganti tas.

Isi tasnya sampai lupa. Terkadang bercecer diatas ranjang. Terkadang tertinggal. Mungkin di dalam tas yang lain. Iya kalau satu tas. *tunjuk diri sendiri.

Kalau koleksi tasnya banyak gimana?

Ada di tas yang mana barang-barang yang dicari?

Jadi sebenarnya kita kudu punya prinsip.

Prinsip apa?

Prinsip cuma punya satu tas?

Tutup langsung deh artikel ini. Lalu ucapkan, “Sori kita berbeda.” Hahahah… bukan…!

Wajar kalau teman-teman punya tas lebih dari satu. Apalagi jaman sekarang. Harga tas bervariasi. Dari yang mahal sampai yang murah. Dari yang Asli sampai yang KW super. Bukan tidak mungkin punya tas lebih dari satu.

Noted.

Jadi Prinsipnya adalah, kita perlu 5 benda wajib yang menyatu ada didalam tas. Bisa ditempatkan di kantong atau dompet khusus. Yang terpenting adalah, 5 benda tersebut harus menjadi kewajiban untuk dibawa.

Pertama, pakai metode loci untuk menghafal.

Apakah itu Loci?

Loci (dibaca ‚Äúlo-sai‚ÄĚ) adalah metode yang mengaitkan benda yang perlu dihapal dengan kondisi sesungguhnya (pada benda itu). Metode loci ini sangat cocok digunakan untuk menghapal daftar barang dengan urutan yang jelas (Einstein & McDaniel, 2004; Herrmann dkk., 2002; Hunter, 2004).

Pada dasarnya, metode ini merupakan peningkatan memori yang menggunakan visualisasi untuk mengatur dan mengingat informasi. Banyak juara kontes memori mengaku menggunakan teknik ini untuk mengingat wajah, angka, dan daftar kata-kata. Keberhasilan para juara ini tidak berhubungan dengan struktur otak atau kecerdasan, tetapi lebih berkaitan dengan teknik penggunaan daerah otak yang berkaitan dengan belajar spasial.

Mari kita buat contoh loci untuk 5 benda wajib yang ada di dalam tas saya:

  1. Dompet.
  2. Dompet kartu.
  3. Handphone.
  4. Susu Kotak.
  5. Diapers (karena anak saya yang kecil masih pakai pampers).

Berikut loci barang saya :

Setiap saya mau pergi. Saya membawa tas. Saya membayangkan. Saya mau beli kebutuhan utama. Susu kotak dan diapers. Maka saya perlu uang di dompet dan kartu member mini market di dompet kartu saya. Sebelum berangkat saya perlu pamit suami melaui handphone.

Kedua, pakai metode jembatan keledai.

Apa itu jembatan keledai?

Jembatan keledai adalah cara untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu yang digunakan dalam bidang pendidikan. Jembatan keledai sering berupa kata atau suku kata yang ditambahkan pada susunan kata yang ingin dihafal agar terbentuk kalimat dengan arti yang menarik atau masuk di akal.

Salah satu contoh yang paling populer adalah singkatan “MEJIKUHIBINIU” untuk mengingat warna¬†pelangi:¬†MErah, JIngga, KUning, HIjau, BIru, NIla, Ungu.

Penggunaan jembatan keledai berdasarkan asumsi bahwa otak manusia terdiri dari dua jenis, ingatan “alami” dan ingatan “buatan.” Ingatan alami merupakan bakat sejak lahir dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan ingatan buatan dibangun dengan cara belajar dan bisa dilatih dengan menggunakan teknik jembatan keledai.

Kalau dari contoh 5 benda wajib yang harus ada di tas saya adalah: “DoKar HaSuD” untuk mengingat Dompet, dompet KARtu, HAndphone, SUsu kotak, Diapers.

Well, Semoga bermafaat ya teman-teman.

Kedua metode ini cukup efektif untuk mengubah daya ingat saya., kalau cara sahabat menguatkan memori bagaimana?

 

Salam,

Dewi Adikara.

 

sumber foto : pixabay.com

sumber wacana:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/6-teknik-psikologis-yang-bisa-membantumenghapal

https://id.wikipedia.org/wiki/Metode_loci –¬†Jusczyk, P.W.; Klein, R.M., eds. (1 Agustus 1980).¬†The Nature of Thought: Essays in Honor of D. O. Hebb. Hillsdale, New Jersey: Psychology Press. hal. 217‚Äď218

https://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_keledai

 

2 Comments on “Tips Merusak Tas”

  1. DoKarHaSuD…haha…Saya DoKarHaKunMi. Dompet, kartu, HP, kunci rumah, minum. Soalnya rumah kosong harus bawa kunci, dan saya sering haus…

Terimakasih sudah membaca, yuk menulis komentar agar saya bisa lebih mengenal teman-teman dan bw balik. Mohon tidak menaruh link pada komentar ya, jika ada link maka otomatis "delete"