Sahabat Blogger

Temanmu akan menggambarkan siapa kamu, maka pilihlah teman yang baik dan mari saling berbagi kebaikan.
Bagikan Artikel ini

Skincare untuk pemula tidak hanya perlu diketahui seseorang yang benar-benar pemula. Saat kita mengalami permasalahan wajah seperti mengalami kulit kering, berjerawat, atau kulit sensitif maka kita pun harus mengetahui apa yang harus dilakukan, bahkan kembali memahami apa yang sedang terjadi pada kondisi kulit kita.

Tidak hanya skincare untuk pemula, remaja yang mulai memperhatikan penampilan tentu akan memutuskan memilih jenis perawatan kulit yang tepat.

Namun pemilihan skincare untuk pemula kulit sensitif, bahkan skincare untuk pemula cowok pun sangat digandrungi pada era saat ini.

Kebetulan awalnya Dewi mengenal skincare untuk pemula berjerawat.

Saat masa remaja dulu, skincare untuk pemula di sebuah klinik kecantikan ternama harus menyiapkan dana ratusan. Setiap bulan Dewi harus kontrol untuk perkembangan perbaikan kulit yang berjerawat.

Eh, tidak terduga ternyata pada akhirnya Dewi pertama kali bekerja di salah satu klinik kecantikan mewah bergengsi yang terkenal se-Indonesia.

Tahapan skincare, urutan skincare remaja menjadi makanan sehari-hari Dewi. Kulit mulus bak putri memancar di kulit wajah dan tubuh.

Apa itu Skincare?

Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian kegiatan yang merawat kesehatan kulit, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit. Rangkaian perawatan kulit ini dimulai dari beberapa tahapan seperti cuci muka hingga penggunaan tabir surya.

Mengenal Jenis Kulit kita yuk!

Langkah pertama skincare untuk pemula, adalah mengenal jenis kulit. Jika kita salah menggunakan produk yang ternyata tidak sesuai jenis kulit kita, impian untuk terawat menjadi bubar deh!

Kulit yang salah penanganan bisa menyebabkan jerawat, kekeringan atau dehidrasi bahkan permasalahan kulit lainnya. Aih serem ih …! Lalu, pada akhirnya ada yang memilih untuk tidak merawat kulitnya. Pada akhirnya kita menyesal deh, melihat kulit rekan yang seumuran lebih kinclong bersinar, bahkan wajah kita menua lebih cepat dari pada usia kita.

Jenis kulit itu pada umumnya ada lima macam loh, apa saja ya?

1.Kulit Kering

Ciri kulit ini adalah seringkali kulit terasa gatal karena tekstrur kulitnya yang kering bahkan bersisik. Pengikisan sel kulit mati pada kulit sering kali nampak dan juga masalah kulit berkerut kerapkali dijumpai pada kulit kering. Jenis kulit ini sebaiknya menhindari mandi air panas terlalu lama, menggosok muka terlalu keras, dan juga harus menggunakan pembersih muka yang ringan.

2.Kulit Berminyak

Ciri pada kulit berminyak adalah seringnya wajah terlihat kusam. hal ini dikarenakan minyak di wajah yang menumpuk. Cuaca panas, masa puber, stress dan obat-obatan terkadang dapat merangsang kulit menjadi semakin berminyak.

Kulit berminyak seringkali disertai pula dengan jerawat, ada baiknya kita tidak memecahkan jerawat sendiri karena akan membuat kulit terluka lebih besar dan menimbulkan masalah kulit baru yaitu lubang bekas jerawat pada permukaan kulit kita.

Penggunaan pembersih muka juga harus disesuaikan dengan kulit berminyak. Namun, jangan lebih dari dua kali sehari digunakan agar minyak baik pada wajah todak ikut terangkat yang dapat menimbulkan masalah lainnya seperti kulit dehidrasi.

3.Kulit Normal

Jenis kulit ini sering menjadi dambaan setiap orang. Teksturnya yang lembut, warna kulit merata, kenyal dikarenakan memiliki aliran darah yang cukup baik dan minyak yang seimbang. Kulit ini tidak memiliki masalah kulit penyebab pori-pori yang besar seperti komedo dan lainnya. Namun, tetap perlu dirawat agar tidak menjadi rusak akibat paparan sinar matahari dan polusi debu dan asap.

4.Kulit Kombinasi

Seringkali orang bingung membedakan kulit kombinasi dengan kulit normaol dan kulit berminyak. Kulit kombinasi pada umumnya berminyak hanya pada daerah T, yaitu dahi, hidung dan juga dagu. Masalah yang sering terjadi adalah kulit pori-pori yang besar dan menimbulkan komedo.

5.Kulit sensitif

Tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Menurut hellosehat, beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan kulit sensitif:

  • Jerawat: kondisi ini muncul ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, kotoran, dan kelebihan minyak.
  • Rosacea: gejala dari kondisi ini meliputi pembuluh darah yang rusak, kukul.
  • Dermatitis kontak: kulit Anda bisa teriritasi oleh sabun, detergen, atau pelembab.

Pada umumnya ciri kulit sensitif adalah adanya kemerahan, kulit terasa kering, gatal bahkan ada pula yang terasa kulitnya terbakar.

Tahapan skincare untuk Pemula

Langkah pertama bagi pemula untuk merawat kulit adalah dengan mengetahui tahapan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kulitmu tetap sehat.

Generasi sel kulit kita akan melambat di usia 25 tahun ke atas, ada baiknya saat kulit kita mulai mengenal polusi dan terik matahari maka perlu kita rawat sebaik-baiknya. Setidaknya kita melalui proses dimana mengembalikan kulit wajah kita yang tadinya terpapar polusi dan juga serangan terik matahari secara langsung.

Apa saja sih tahapan skincare yang harus diketahui?

Pastikan menggunakan tahapan skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu ya sahabat.

1.Pembersih

Air mengalir saja tidak cukup efektif untuk membersihkan kulit wajah. Apalagi jika kulit wajahmu berminyak. Kita perlu menggunakan sabun pembersih muka untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel. Sabun pembersih ini pun bukan sabun badan ya, karena jenis kulit badan dan muka kita jelas berbeda. Sehingga sabun pembersih seringkali memiliki kandungan pH yang berbeda bagi yang diperuntukkan untuk wajah atau pun badan.

Pembersih berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Bayangkan saja jika kita membiarkan kulit wajah yang terpapar debu, polusi bahkan make up. Ada dua macam pembersih yang bisa sahabat gunakan untuk membersihkan kulit wajah.

Pertama, Facial Wash. Produk ini adalah pembersih muka dengan menggunakan air sebagai pelarutnya.

Kita melakukan tahap ini dengan menggunakan air yang mengalir dan mengusapkan keseluruh bagian wajah. Mencuci wajah sebaiknya tidak dilakukan setelah terkena matahari langsung. Memang sih terasa segar, namun suhu wajah yang terlalu panas jika terkena air justru akan menimbulkan kulit wajah menjadi tidak merata. Sering membasuh wajah setelah kulit terpapar sinar matahari akan menimbulkan bercak-bercak putih pada wajah kita.

Tips menjaga kulit wajah :

Setelah wajah terkena terik matahari, jangan langsung mencuci muka. Biarkan kulit wajah sampai dengan suhu tubuh normal terlebih dahulu.

Kedua, Milk & Toner. Penggunaan kedua produk ini bergandengan. Milk untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, sedangkan toner untuk menyegarkan dan menyempurnakan pembersihan pada kulit. Saat ini banyak pula yang produk yang menawarkan kombinasi dari Milk dan toner. Fungsinya sama, namun bagi Dewi walau terlihat praktis, Dewi masih suka pakai yang terpisah antara Milk dan Toner.

2.Moisturizer

Moisturizer fungsinya untuk melembabkan kulit dan mengembalikan pH kulit. Tidak hanya tubuh kita yang membutuhkan nutrisi, kulit kita juga ya!

3.Sunscreen

Sunscreen fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Gunakan pelindung wajah agar tidak terkena paparan seperti matahri langsung seperti topi, atau tudung lainnya. Selain suhu kulit terjaga, kulit kita juga terjaga dari sinar UV dari matahari yang dapat menyebabkan kanker pada kulit.

Skincare Murah dan anti ribet

Skincare untuk pemula dan harganya

Skincare murah pasti jadi pilihan bagi sahabat yang ingin tetap mengantongi uang jajan. Salah satu tips sederhana untuk menghemat adalah dengan mencari skincare yang murah tapi enggak murahan. Pasti sudah bisa menebak kan ya?

Skincare yang ada di sekitar kita, berasal dari bahan alami

Pastikan skincare yang kita gunakan aman ya sahabat. Jika kita lihat sebenarnya banyak bahan-bahan yang bisa jadi perawatan kulit kita. Apa saja bahan yang bisa menjadi perawatan wajah kita sehari-hari?

1.Aloevera

Aloe vera bisa menghaluskan wajah loh, nama lainnya adalah lidah buaya. Sering banget nih Dewi lihat bahan ini menjadi dasar dari suatu produk. Aloe vera memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Dilansir Medical News Today, pada daging (gel) aloe vera mengandung vitamin A, C, E, dan B12. Manfaat yang bisa sahabat dapatkan, yaitu:

  • Antiinflamasi mampu mengurangi nyeri, bengkak, dan rasa sakit pada luka atau cedera.
  • Mendukung produksi serta pelepasan kolagen.
  • Membantu penyembuhan luka dan juga mencegah terjadinya jaringan parut.
  • Membantu pemulihan luka bakar, pada tingkat satu & tingkat dua.
  • Efektif dalam mengobati infeksi jamur dan bakteri.
  • sebagai antioksidan, dapat memperbaiki kulit akibat sinar matahari serta memperlambat penuaan kulit.
  • Melindungi kulit akibat terapi radiasi.
  • Mengandung 98 persen air, sehingga membantu melembapkan, menenangkan, dan menghidrasi kulit.
  • Menjaga kulit tetap kenyal dan elastis.
  • Mendinginkan ruam pada kulit.

Cara menggunakan:

Potong daging lidah buaya, kupas kulit luarnya. Sebagai masker atau pelembab sahabat bisa mengoleskan pada wajah secara merata.

Harga: dengan Rp.15.000 sahabat sudah bisa dapat satu pot lidah buaya. Kalau mau minta tetangga sepotong juga boleh, tancapkan langsung ke tanah yang subur. Tanaman ini cepat banget tumbuh segar dan beranak pinak.

2.Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah rahasia yang diberikan oleh ayah dan ibu Dewi, sejak mengandung.Dewi rajin mengoleskan ke perut agar kelembaban dan elastisitasnya terjaga. Selain itu minyak zaitun juga dapat membantu menutrisi dan melembapkan wajah loh!

Menurut International Olive Coucil, minyak zaitun mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin A, D, K, dan E. Manfaatnya untuk kulit antara lain:

  • Melembapkan kulit serta memerangi bakteri penyebab jerawat.
  • Minyak zaitun tergolong aman untuk pemilik wajah berpori besar karena tidak akan menyumbat pori-pori wajah.

Cara menggunakan:

Mudah kok! sahabat bisa oleskan ke wajah sambil melakukan pijat lembut. Pemakaian teratur dapat membuat kulitmu sehat dan lebih kenyal.

Harga: Minyak Zaitun ada berbagai ukuran dalam botol dan merk. Sejauh ini Dewi menemukan ukurang tanggung di harga Rp.23.000. Satu botol ini bisa untuk 6 bulan loh kalau untuk wajah saja.

3.Yoghurt

Dewi suka minum yogurt nih, ternyata minuman enak ini bisa juga buat masker. Yoghurt dipercaya dapat melembapkan wajah dan mencegah penuaan dini.

Yogurt mengandung natural alpha hydroxy acid dan lactic acid yang dapat membantu melembapkan kulit. Selain itu, yoghurt dapat mencegah penuaan dini karena mampu mempertahankan kekenyalan kulit, serta keseimbangan kolagen.

Didukung pula oleh studi studi dalam “Journal of Cosmetic Science” tahun 2011, tekstur yoghurt dapat membantu menjaga kelembapan wajah serta peningkatan elastisitas kulit. Bertambahnya usia kita, kulit akan kehilangan kolagennya. Yoghurt bisa nih sahabat jadikan andalan sebagai masker alami.

Peningkatan elastisitas kulit penting untuk mencegah dan mengurangi garis halus juga keriput pada wajah. Studi lainnya yaitu dalam “International Journal of Women’s Dermatology” tahun 2015, kandungan probiotik dalam yoghurt mungkin dapat membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

Cara menggunakan:

Pilih yang Plain. Mudah dan enggak ribet pula loh! tinggal oleskan di wajah selama merata. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air dong. Lakukan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sahabat juga bisa mencampurkan bahan ini dengan bahan alami lainnya misalnya madu, kunyit bubuk, atau aloe vera.

Harga: Harga yogurt dipasaran bervariasi. Pastikan pilih yang plain. Dewi biasanya dapat harga Rp.8.000-an. Kalau lagi promo bisa lebih murah lagi deh!

4.Madu

Madu dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Madu memiliki sifat antiseptik dan antioksidan sehingga mampu meminimalkan peradangan pada jerawat dan memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu mampu mencegah terjadinya berjerawat dan infeksi dari bakteri, karena madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Minuman lezat ini bisa sebagai pelembab dan juga masker wajah.

Cara penggunaan:

Pastikan madu yang dipakai adalah madu yang tidak dipasteurisasi, contohnya adalah madu manuka. Oleskan madu ke daerah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit dan segera bilas dengan air. Lakukan sesering mungkin hingga jerawat mulai membaik.

Harga: Stok wajib Dewi nih, sebotol gede kayak sirup harus ada di rumah. madu dapat menjaga kesehatan tubuh dengan rajin mengkonsumsinya. Sekarang bagus pula untuk perawatan wajah. Harga perbotol start from Rp.90.000

5.Ekstrak teh hijau

Teh hijau bisa menyegarkan kulit sahabat loh! Penelitian menunjukkan mengimplementasikan produk mereka dengan ekstra teh hijau 2% dalam penggunaan dua kali sehari dapat mengurangi jerawat ringan. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kita terhadap masalah kulit, seperti jerawat dan jugaradikal bebas.

Harga: Harga teh hijau dipasaran bervariasi merknya. Dewi biasanya dapat harga Rp.9.000-an. Bisa di minum untuk slimming dan ampasnya sebagai masker wajah nih.

6.Kopi

Pecinta kopi mana suaranya?! Dewi dong suka baunya kopi, bikin perasaan relaks deh. Kebayang saat Dewi dulu rajin luluran pakai kopi saat kerja di salah satu klinik kecantikan ternama di Indonesia, cieee…

Bahan yang sangat mudah diidapatkan ini ternyata sangat bermanfaat untuk dijadikan skincare!

Cara penggunaan:

Ampas kopi sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit, menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit, dan bisa membuat kulitmu terlihat glowing! Eits, ampas kopi segar dan tanpa campuran gula ya sahabat! Ampas ini bisa kalian campur dengan air atau madu. Setelah itu sahabat bisa langsung oleskan ke bagian muka untuk dijadikan masker. Jadi deh, facial scrub yang alami, murah dan bau wanginya bikin relaks banget.

Harga: Kopi juga bervariasi merknya. Dewi biasanya dapat harga Rp.6.000-an. Kalau Dewi beli kopi memang untuk lulur dan masker, hihihi….

7.Telur

Telur dapat mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, dan menyerap kadar minyak yang berlebih.

Cara penggunaan:

Sahabat cukup oleskan putih telur yang sudah dikocok ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas wajahmu dan viola, kulit wajahmu akan terasa lebih kencang, deh. Penggunaan ini jangan terlalu sering ya, karena kulit kita bisa jadi lebih kering nanti.

Harga: Harga telur Rp.23.000 satu kilo. Yuk beli untuk bahan pokok di rumah dan putih telurnya satu biji untuk maskeran satu minggu satu kali.

8.Pepaya

Anak Dewi pencinta pepaya nih! Buah lezat ini bisa membantu membuat kulit kita terlihat lebih glowing!

Pernah lihat sabun yang mengandung pepaya? karena buah pepaya juga bisa mengatasi masalah jerawat, serta melembabkan dan mencerahkan kulit.

Cara penggunaan:

Sisihkan sedikit pepaya dan hancurkan seperti bubur. Sudah deh tinggal dioles-oles seperti masker ‘bubur’ pepaya pada wajah.

Harga: Harga pepaya terakhir Dewi beli Rp.8.000 satu buah. Bisa untuk dinikmati bersama keluarga dan juga jadi bubur masker rutin nih.

9.Timun

Timun tuh khasiatnya mendinginkan wajah dari iritasi.

Cara penggunaan:

Iris tipis timun, kemudian letakkan irisannya di wajah. Kulit sahabat akan terasa dingin dan segar banget. Selain untuk wajah, Dewi biasanya gunakan untuk mata panda yang telah lama begadang menulis artikel *eeeh hihii…

Jangan lupa rileks selama melakukan ritual skincare ya, supaya pikiran dan badan sahabat terasa segar dan semangat lagi menjalani aktivitas!

Harga: Harga timun bisa gratis loh! karena pas sayur langganan Dewi bisa kasih bonus timun kalau lagi belanja banyak, hahahah. Kalau mau beli satu potong sih, cuma Rp.1500,-

Tips memilih skincare yang dijual di Pasaran

1.Pilih produk skincare sesuai jenis kulit

Pernah enggak kalian terjebak harga promo? Sesampainya di rumah, produk itu dipakai hanya sekali karena tidak cocok dengan jenis kulit kita. Jangan sampai kita terjebak dengan promo diskon tanpa memperhatikan apa produk tersebut cocok dengan kebutuhan kulit kita.

2.Perhatikan legalitas produk

Skincare yang memiliki ijin BPOM pasti sudah melalui proses Uji klinik. Pasti kita enggak mau kan kulit yang ingin dirawat malah bermasalah.

3.Cari tahu kandungan dari bahan produk

Saat ini kita membeli produk mudah banget, bahkan belanja produk dari luar negeri hanya dengan gerakan jari. Tinggal buka e-commerce dan klik order, barang kita dari jepang, korea, atau negara lainnya bisa sampai dalam genggaman. Terkadang kita juga tergiur dengan promosi yang sebenarnya kita sendiri tidak tahu produk itu aman atau tidak. Pastikan kita memahami apa saja kandungan yang terdapat pada produk. Seringkali produk-produk yang terjual bebas, menjanjikan hasil yang instan.

Jangan sampai ternyata dibalik hasil yang instan, ternyata mengandung bahan yang berbahaya bagi kulit kita. Jika kita tidak mengetahui lebih detail bahan apa saja itu, kita bisa coba browsing atau bertanya lebih lanjut pada teman yang pernah menggunakannya.

Nah, itu dulu ulasan dari sahabatblogger.com ya. Sebenarnya masih banyak topik menarik seputar skincare seperti Skincare untuk pemula remaja, skincare untuk pemula kulit kering, skincare untuk pemula berjerawat, skincare untuk pemula kulit sensitif, skincare untuk pemula cowok, dan juga skincare untuk pemula remaja kulit kering .

Yang pasti sebelum memulai skincare, sahabat harus tahu jenis kulit terlebih dahulu ya.

Baca juga yuk:

Referensi:

liputan6(dot)com. 2020. Daftar Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Skin Care. https://www.liputan6.com/health/read/4183886/daftar-bahan-alami-yang-dapat-dijadikan-skin-care diakses pada 3 september 2020

Paskalita Iunike Irawan . 2020. Skincare Habis? 5 Bahan Alami Ini Juga Mampu Merawat Kulitmu, Lho! . https://www.idntimes.com/health/fitness/paskalita-iunike/skincare-habis-bahan-alami-ini-juga-mampu-merawat-kulitmu-c1c2-1/5 diakses pada 3 september 2020

%d blogger menyukai ini: