Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

Assalamualaikum sahabat!

Sudah mendekati hari raya nih, tapi saya kok makin sedih ya?

Rasanya waktu berlalu begitu cepat. Huft….

Baru tahun ini aku tidak buat kue kering, mengapa?

Karena waktuku kali ini lebih banyak saya habiskan untuk mengurusi rutinitas domestik, mendekatkan diri dengan orang tua dan mengerjakan project-project klien dengan cepat.

Tiga tahun belakangan ini kami hidup terpisah dari orang tua, jadi saat saya buat kue maka waktu saya banyak habis di depan oven.

Terkadang kebayang kastengel keju yang pernah saya buat, hmmm… so nyummy!

Sebenarnya kalau teman-teman sudah biasa bikin kue, pasti sudah tahulah jajanan favorit saat lebaran. Yang enggak sering buat kue juga sudah bisa tahu juga sih, karena penjual kue juga pastinya berjualan makanan yang sering menjadi incaran masyarakat.

Jadi, saya info buat siapa sih?

Info ini buat teman-teman yang belum tahu saja ya, plus dapat bonus resep dari saya. Jadi enggak sia-sia deh baca tulisan saya, benar apa benar?

Apa saja sih coba?

1. KASTENGEL

Kue yang satu ini sangat merajalela di Indonesia. Dari rasa yang hanya tepung saja, sampai ke rasa kejunya yang crunchy beredar di  negeri tercinta kita. Saya termasuk diantara orang yang suka bereksperimen membuat kue keju kastengel sampai rasa yang crunchy, tepat tahun lalu saya berhasil membuatnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

– Kalau dirimu merasa hanya Remahan, . Jadilah remahan Kastengel, Tetap aja enak dinikmati😍😊 . “Belajar terus, Berusaha terus” www.sahabatblogger.com . . #kuelebaran #kastengel #remahan #fotografi #masakanrumahan #kue #keju #resep #bloggerlife #quote #bokeh #photography

A post shared by dewi_adikara (@melani_pryta_dewi) on

 

Sampai banyak orang yang menyarankan membuatnya. Oke deh, next saya coba jual kalau memang saya bisa kembali berdiri berlama-lama di depan oven. Tenang, kalian bisa buat juga kok, saya tunjukin resep saya di sini Kastengel Keju Edam resep leluhur.

2. NASTAR.

Makanan yang satu ini termasuk jajaran kue mahal seperti kue kastengel. Saya pernah membuatnya sekali, hasilnya enak, namun saya kapok untuk membuat ini untuk kedua kalinya. Mengapa?

Proses buatnya lama banget, hiks… mengisi dengan selai nanas dan memutar-mutar adonan menjadi bentuk bola-bola. Belum lagi kalau mau dihias bagian atasnya. Duh, saya enggak sabar langsung makan deh.

Apalagi kalau makan kue nastar, satu saja enggak bakal cukup. Bisa saja orang yang memakannya langung lahap dan berkali-kali 8orang? saya keles, hihihihi….

Buatnya cepat, makannya cuepet, hihihi… ih, buruan sharing resepnya dong…!

Sabar ya, kalau teman-teman mau buat kue ini kudu sabar, kalau kalian penikmat kue ini pantes saja harganya mahel ya.

Siapkan bahannya dulu ya:

  • 400 gr tepung terigu 
  • 100 gr tepung maizena
  • 4 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 1 sdt garam 
  • 250 gr mentega
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2 butir kuning telur, untuk olesan bagian atas nastar
  • Margarin secukupnya, untuk olesan

Untuk Hiasan (pilihan variasi) :

  • Cengkeh
  • Keju Parut
  • 50 gr kismis (potong kismis menjadi 2 atau 4 bagian kecil)

Selai kue nastar

  • 600 g buah nanas, parut (bisa juga dengan menggunakan buah lainnya sesuai selera Anda)
  • 150 g gula pasir
  • 5 butir cengkeh
  • 3 cm kayu manis

Cara Buat Selai

  • Nanas dikupas dan diparut
  • Masak bersama dengan cengkeh dan kayu manis
  • Masukkan gula pasir dan masak sampai matang dan kental
  • Dinginkan hingga bisa dibulat-bulatkan sebesar mutiara

Cara membuat adonan kue Nastar

  • Siapkan loyang berbentuk persegi panjang dan olesi dengan margarin
  • Kocok 4 kuning telur, garam dan mentega, hingga mengembang
  • Masukkan parutan keju ke dalam adonan
  • Masukkan terigu dan vanili
  • Aduk-aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibulatkan
  • Masukkan bulatan selai ke dalam bulatan kue.
  • Letakkan pilihan variasi di atas kue.
  • Olesi permukaan kue dengan kuning telur.
  • Susun kue di dalam loyang dan panggang di dalam oven gas.
  • Sajikan.

3. PUTRI SALJU

Makanan ini bisa kita dapatkan dengan harga relatif. Ada yang murah, ada pula yang mahal karena di dalamnya mengandung kacang mente. Hmmm… siapa yang suka nih? 

Yuk kita buat versi yang mahal ya:)

  • 200 gr kacang mente, sangrai dan haluskan secara kasar.
  • 200 gr tepung terigu protein rendah
  • 100 gr gula mentega
  • 200 gr gula halus, untuk taburan
  • 1 sdt garam
  • Margarin untuk olesan

Cara pembuatannya:

  • Campur tepung terigu, gula bubuk, kacang mente yang dihaluskan, mentega, dan garam menjadi satu. Aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  • Pipihkan adonan dan cetak.
  • Letakkan di atas loyang datar yang telah diolesi margarin.
  • Panggang dengan suhu 160°C selama 25 menit hingga matang dan kering.
  • Angkat dan biarkan dingin.
  • Taburi dengan gula halus di atasnya.
  • Sajikan.

Resep diatas sudah lengkap bukan, yuk langsung eksekusi:)

Salam,

Dewi Adikara.