Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

Bagikan Artikel ini

EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional bisa juga untuk ibu, why not?!

“Anaknya pintar mengucap english conversation ya …. Di sini banyak anak yang bisa berbahasa inggris namun sayangnya ia tidak bisa bahasa ibu,” ujar kepala sekolah saat Dewi mencoba mendaftarkan si kecil ke salah satu PAUD. Syukurlah, bukan tamparan yang kurasakan, karena si kecil bisa menyeimbangkan conversation-nya dengan bahasa ibu.

Tantangan sebagai seorang ibu di era industri 4.0 yaitu mampu mengajarkan anak berbahasa inggris dengan diimbangi bahasa Ibu. Bahasa Ibu maksudnya disini adalah bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia.

Saat ini siapa pun bisa mengakses youtube dengan gadget. Bahkan ada kebiasaan unik pada beberapa orang yaitu memberikan gadget pada anak-anak mereka. Hal ini terjadi dengan beragam alasan. Mulai dari alasan bahwa gawai menjadi sebagai sarana hiburan anak selain mainan dan televisi, alasan membuat anak lebih tenang, bahkan alasan karena orang tua yang sibuk bekerja.

No … No … No, tunggu dulu ….

Kondisi ini sebenarnya kurang tepat dibiasakan, karena bagaimana pun penggunaan gadget di bawah umur sangat tidak disarankan. Namun … pada kenyataannya anak-anak yang usianya masih di bawah umur justru sekarang sudah terbiasa menggunakan gadget bahkan memilih sendiri tayangan film atau musik yang bisa diakses secara daring dari segala penjuru dunia.

Ada sedikit celah dari kebiasaan yang tidak baik ini. Apakah itu? kebanyakan dari anak-anak yang terbiasa menggunakan gadget pada akhirnya meniru bahasa yang mereka tonton. Misalkan ia sering menonton tayangan berbahasa inggris, mereka pada akhirnya memiliki keahlian berbahasa inggris. Seperti kepala sekolah PAUD tadi, menyatakan bahwa anak didiknya banyak yang mahir menggunakan bahasa inggris.

Wah-wah … kalau mau dibikin mudah sih, memberi gadget pada anak enak ya! bisa bikin anak mahir bahasa inggris dengan sendirinya! HUSH, salah besar tuh!

Sebenarnya Dewi pun sempat mencicipi bagaimana rasanya memberikan gadget pada anak. Namun yang perlu di garis bawahi adalah pertama, selalu mendampingi si kecil, karena Dewi bekerja dari rumah. Itu pun terbatas hanya hari minggu saja, mereka boleh memegang gawai. Kedua, apa yang dilihat sebenarnya bukan youtube online, melainkan youtube yang sudah di download terlebih dahulu.

Video yang telah di download seputar pengenalan warna, angka, bangun ruang, dan huruf dalam bahasa inggris. Pernah juga film keluarga berjudul peppa pig. Penggunaan gawai saat itu selalu dijauhkan dari mata (jadi seperti menonton televisi). Sehingga akhirnya ia belajar menirukan bahasa inggris dengan fun. Lalu, Dewi pun mengimbanginya dengan mengajarkan arti dari setiap kalimat bahasa inggris yang ia sebutkan.

Sebelum Dewi mengulas bagaimana Kursus Bahasa Inggris perlu bagi seorang ibu, kita perlu tahu apa sih dampak buruk jika anak sering menggunakan gadget terlalu lama?

Dampak buruk penggunaan Gadget pada anak di bawah umur

Mempengaruhi perkembangan sistem motorik anak

Dilansir dari laman tekno.kompas.com, bahwa penggunaan gadget pada usia di bawah satu tahun sangat tidak disarankan. Bahkan WHO membagi lama durasi anak menatap layar gadget ke tiga kategori usia anak.

Pertama, WHO menyarankan bayi di bawah satu tahun untuk tidak menatap layar sama sekali. Mereka seharus lebih banyak aktif bermain di lantai. Bila bayi belum bisa bergerak, ia akan berlatih tengkurap serta terlentang sepanjang hari. Hal ini untuk melatih kekuatan otot leher, dada, juga lengan. Keseimbangan tubuh bayi juga terangsang untuk bisa merangkak.

Kedua, WHO menyarankan bahwa anak baru boleh menatap layar gadget di usia 2 tahun, bahkan itupun harus kurang dari satu jam. Anak usia 1-2 tahun lebih disarankan untuk beraktivitas fisik dan tidak terjebak dalam posisi yang sama, apalagi dalam waktu lebih dari satu jam.

Terakhir, pada anak usia 3-4 tahun juga sebaiknya tidak boleh menonton layar gadget lebih dari satu jam. Mereka masih perlu memperbanyak aktivitas fisik sehari-hari.

Selain karena aktivitas fisik anak yang perlu diperhatikan, sinar dari layar gadget yang terlalu lama tidak baik untuk kesehatan mata.

Mempengaruhi kesehatan mental dan sosialnya

Anak yang kecanduan internet atau gadget, berisiko kurang bersosial dengan teman-temannya. Mereka menjadi kurang mandiri dan tidak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Mempengaruhi perkembangan otak anak

Anak menjadi lamban dalam berpikir, karena hanya satu arah dari tontonan gadget.

Sedih deh kalau melihat fenomena anak memegang gadget terlalu lama bahkan terlalu dekat dengan mata. Walaupun anak jadi bisa berbahasa asing dengan instan, tentu menghambat perkembangan lainnya dari sang anak. Sebagai orang tua tentulah hal ini menjadi PR kita.

Perkembangan teknologi memang mengharuskan anak kita bergerak cepat dan mengikuti perubahan zaman.

Pentingnya ibu belajar bahasa Inggris di era digital

Terjadinya pandemi, membuat kita harus belajar melalui daring. Hal ini justru meningkatkan penggunaan gadget. Sebagai orang tua bukankah kita harus smart agar bisa mendidik anak-anak menggunakan gadget lebih terarah?

Dunia kita semakin terbuka melalui daring. Banyak wacana dan predator daring terpapar secara gamblang. Misalkan yang Dewi alami baru-baru ini. Saat memegang gawai untuk pembelajaran, tiba-tiba ada iklan berbahasa inggris yang masuk tanpa bisa di stop (harus dilihat sampai selesai baru iklan bisa di tutup). Sayangnya iklan tersebut ‘agak’ tidak senonoh. Bagaimana jika dilihat oleh si kecil?

Akhirnya Dewi mencari tahu bagaimana bisa akses iklan bisa masuk, dan bagaimana cara mengatasinya. Banyak yang bilang karena kita pernah mengetik sesuatu yang berkaitan dengan itu sehingga muncullah iklan yang relevan. Tapi sejujurnya iklan tadi benar-benar tidak pernah berkaitan dengan apa yang pernah diketik di gawai. Huft!

Ini masih salah satu masalah. Belum tantangan lainnya. Setidaknya kita harus bisa mengatasi berbagai permasalahan baru dengan membuka banyak wawasan di era digital saat ini.

Sebenarnya dengan gawai kita bisa bebas mengakses apapun. Bahkan pembelajaran baru pun bisa kita dapatkan. Namun kembali lagi seringkali terbentur dengan bahasa inggris. Mau menonton melalui youtube tentang panduan juga berbahasa inggris. Nah, rasanya perlu banget ya sang Ibu belajar bahasa inggris. Tidak hanya untuk membimbing perkembangan anak, namun nantinya juga bisa mengajarkan anak untuk menjadi pribadi yang lebih unggul di masa depannya.

Persaingan yang semakin ketat, membuat kita harus selalu mengasah diri, baik di dunia kerja dan juga di lingkungan sosial baik daring dan luring bersama rekan bisnis di dunia kerja. Tidak hanya bahasa Indonesia, bahasa asing khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional pun menjadi wajib untuk dikuasai setiap orang yang terus berkembang.

Selain itu disaat kita mau banyak belajar hal baru, kita perlu mengakses tulisan bahkan video yang menggunakan bahasa inggris. Itulah mengapa, memiliki kemampuan berbahasa inggris di masa kini sangatlah penting.

Keadaan ini menantang Dewi untuk memiliki pengalaman kursus di EF secara langsung.

Mengapa harus EF?

Sejak kuliah, Dewi maju mundur ingin terjun ke EF tapi akhirnya batal hanya karena rasa minder berbahasa inggris. Rasa minder untuk bertemu pengajar yang berambut pirang, dan berkulit putih. Lah, mau belajar kok malah minder. Jangan sampai terjadi pada teman-teman semua ya, kalu sudah begini namanya penyesalan, mending kita maju aja jadi pendaftaran 😀

Hayuk kita mencari tahu ef adults biaya yang dengar-dengar nih ada promo. Les bahasa asing yang profesional seperti ini, pastilah EF yang menjadi juara.

Sebelum ke rincian biaya, yuk mengintip mengapa EF begitu juara!

Apa itu EF?

EF didirikan pada tahun 1965 di Swedia. Saat itu hanya dengan satu guru dengan sebuah mimpi yang besarnya yaitu:

“Meruntuhkan dinding pembatas dalam pembelajaran bahasa, baik secara wilayah maupun budaya”

EF menjadi penyedia jasa kursus bahasa Inggris terbaik dan terbesar di dunia, saat ini sudah lebih dari 500 sekolah dan kantor di 53 negara. Ia menawarkan pembelajaran bahasa dan kursus, yang tersertifikasi kepada orang dari berbagai usia dengan kesempatan untuk belajar di luar negeri dan program pertukaran budaya.

1. Les Bahasa Inggris Profesional

Kesuksesan dalam belajar bahasa Inggris tidak hanya ditentukan dari kemampuan berbicara dan menggunakan kosakata bahasa Inggris saja. EF dapat membuat kita mampu berbahasa Inggris secara tepat, alami dan percaya diri.

2. Sertifikasi Internasional

Anda akan mendapatkan sertifikat EF yang dapat Anda tunjukkan kepada calon perekrut, perusahaan, universitas dan organisasi lainnya. Sertifikat EF didukung oleh Hult International Business School, yang terakreditasi di Amerika Serikat dan merupakan program MBA dengan peringkat atas.

3. Program Inggris Bisnis

Melalui sistem pembelajaran terkini, siswa akan diajarkan cara mengaplikasikan bahasa Inggris mereka untuk situasi di dunia nyata, lingkungan bisnis dan profesional secara percaya diri, tepat dan fasih melalui serangkaian kegiatan Life Club, Business Seminars dan Workshops.

Peran EF dalam Olimpiade

EF secara konsisten mendukung berbagai acara olahraga di semua belahan dunia, dan menjadikannya sebagai media untuk mempromosikan persatuan, perkembangan dan kesetaraan dunia. EF telah ditunjuk menjadi penyedia jasa resmi atas pelatihan bahasa dan layanan pendidikan untuk lima Olimpiade (1988 di Seoul, 2008 di Beijing, 2014 di Sochi, 2016 di Rio dan 2018 di Pyeongchang).

Peran EF dalam Perusahaan Internasional

EF memberikan jasa pelatihan bahasa Inggris lebih dari 1500 perusahaan internasional dunia dalam berbagai industri untuk berbagai macam karyawan.

Pengajar EF

EF memiliki tim pengajar profesional, berkualitas tinggi. Dipimpin oleh guru yang sebagian besar berasal dari negara yang berbahasa Inggris dengan sertifikasi TEFL atau sertifikasi profesional lainnya. Guru EF diseleksi dan dilatih dengan teliti, sehingga mereka mampu menerapkan metode pembelajaran EF yang unggul.

EF di Indonesia

EF telah hadir dan jutaan siswa di seluruh dunia sangat terbantu belajar bahasa Inggris sejak 1965. EF telah di Indonesia sejak 1986. Hingga hari ini les bahasa inggris ini menyediakan program pelatihan intensif untuk orang dewasa dan pendidikan bagi anak-anak dengan memanfaatkan teknologi terbaru untuk menyediakan kursus, baik di sekolah maupun online 24 jam sehari.

EF telah melayani berbagai segmen mulai profesional, korporasi, anak-anak, dan remaja. Dengan lebih dari 500 sekolah dan kantor di 53 negara, EF adalah lembaga pendidikan swasta terbesar di dunia. Lingkup bisnis EF juga termasuk sekolah menengah umum swasta, sekolah bisnis MBA dan perguruan tinggi.

EF menjadi kursus bahasa inggris terbaik. Tidak dipungkiri bahwa tidak hanya pendidikan yang menjadi pertimbangan kita untuk belajar, namun biaya les bahasa inggris juga sangat diperhitungkan. Apalagi bagi kita yang telah berumah tangga. Jangan kan les bahasa inggris karyawan, pastinya perusahaan menginginkan biaya kursus bahasa inggris untuk karyawan yang hemat namun menghasilkan output berkualitas.

Saat ini les bahasa inggris untuk dewasa mungkin sudah menjamur, namun tetap harga dan kualitas memiliki peranan yang penting untuk memutuskan les bahasa inggris mana yang tepat untuk dirinya.

Mengenal EF Adults

EF Adults hadir dengan menyajikan metode belajar Bahasa Inggris yang lebih cepat dipahami.

Kemudahan belajar di EF Adults

EF Adults memiliki berbagai keunggulan diantaranya:

  • Tempat Les Bahasa Inggris Lainnya
  • Hanya guru bersertifikat: penutur asli dan lokal
  • Belajar online dengan guru – pribadi dan dalam kelompok
  • Metode komunikasi modern dan berbagai jenis kelas grup
  • Kelas tatap muka untuk fokus berlatih kemampuan berbahasa
  • Menyusun kursus individual dengan kelas-kelas yang menarik
  • Kelas dengan aktivitas di luar ruangan yang dipimpin oleh guru
  • Bebas memilih kelas kapanpun di salah satu dari 7 sekolah EF di Jakarta dan Surabaya
  • Komunitas siswa internasional disatukan oleh tujuan bersama

Banyak poin di atas yang tidak dimiliki oleh tempat les Bahasa Inggris lainnya, bukan?

EF Adults memberi kemudahan metode pembayaran

EF Adults memiliki beberapa pilihan sistem pembayaran, antara lain cash, transfer antar bank, kartu kredit dan cicilan, sehingga setiap orang bisa memilih metode pembayaran yang sesuai.

Cara menjadi student di EF Adults

Untuk menjadi siswa di EF Adults adalah dengan mengikuti metode tes dari EF SET. Ada contoh dibagian akhir artikel, sila nanti disimak ya:)

EF SET berasal dari European Council Standard dan mudah dimengerti. Hasil dari EF SET Quick English Test akan didapatkan secara otomatis 15 menit setelah tes diselesaikan.

Setelah mengikuti EF SET, kita berhak untuk mencoba trial class (berlaku 1x) dan konsultasi gratis di center EF Adults di Jakarta dan Surabaya. Enggak sabar untuk nyobain kan?

Cuzz dilanjutin dulu deh bacanya …. supaya semakin kenal tempat kursus bahasa ang kita ikutin dong!

Center Location

EF ada dibeberapa lokasi di Indonesia. Center location memiliki desain modern yang nyaman untuk menunjang proses pembelajaran. Kelas tersebut dilengkapi dengan peralatan berteknologi modern untuk memastikan para guru dapat memberikan materi serta pengalaman belajar yang baik untuk menunjang tercapainya tujuan belajar.

English speaking zone merupakan komitmen EF Adults untuk membantu mempercepat proses pembelajaran. Semua aktivitas di center akan ditemani oleh secangkir kopi yang dapat dinikmati secara bebas serta jaringan internet yang cepat.

Beberapa center location adalah sebagai berikut:

  • fX Sudirman
  • Kuningan City
  • Mall Taman Anggrek
  • The Plaza Office Tower
  • Mall Of Indonesia
  • Lippo Mall Puri
  • Tunjungan Plaza, Surabaya

EF memberikan enam tingkat pembelajaran:

Beginner (Level 1-3)

EF membimbing agar kita mampu membaca, menulis, berbicara, dan memahami ucapan pada tingkat ini. Pada tahap ini diharapkan mampu menulis laporan singkat, email, maupun deskripsi singkat dengan Bahasa Inggris yang tepat dan logis.

Elementary (Level 4-6)

Kita akan diajarkan tentang situas-situasi sosial dengan berbahasa Inggris. Pembelajaran dasar-dasar struktur bahasa dalam Bahasa Inggris masuk dalam tingkat ini.

Intermediate (Level 7-9)

Kita diajak untuk berdiskusi dan berbicara tentang topik dengan menggunakan Bahasa Inggris pada tingkat ini.

Upper Intermediate (Level 10-12)

EF akan membimbing kita untuk belajar mengemukakan gagasan dengan struktur bahasa yang lebih teratur.

Advanced (Level 13-15)

Kita dibimbing untuk memiliki kemampuan Bahasa Inggris setara dengan para akademisi native. Kemampuan berbicara, menulis, dan memahami situasi sosial yang lebih kompleks dalam berbahasa menjadi goal pada tingkat ini.

Upper Advanced (Level 16)

Upper Advanced merupakan tingkat tertinggi dari pembelajaran dalam EF. Hasil akhirnya kita akan ditunjuk menjadi pembicara di tempat akademik global.

Tolak ukur Dewi untuk mengikuti les bahasa Inggris

Apa itu EF SET?

Tes Bahasa Inggris Standar EF (EF SET) adalah tes bahasa Inggris standar online gratis pertama di dunia untuk pelajar dari semua tingkatan, dari pemula hingga mahir. Sebagai bagian dari EF Education First, kami memanfaatkan warisan keunggulan akademik selama 50 tahun, telah membantu lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia untuk berhasil belajar bahasa Inggris.

Dewi semakin yakin, karena EF dilengkapi dengan EF SET. Mengapa mengikuti EF SET? karena Dewi mendapatkan analisa langsung mengenai kemampuan membaca dan mendengarkan. Setelah menyelesaikan tes, Dewi mendapatkan penilaian akurat dalam kecakapan membaca dan mendengarmu sesuai skala CEFR dalam waktu kurang dari satu jam.

Hasil tes EF SET tidak hanya sesuai dengan standar CEFR, tapi juga dapat disandingkan dengan tes bahasa Inggris lainnya.

Bagaimana cara kerjanya?

1.Daftar untuk mengikuti tes bahasa Inggris selama 15 menit. Pendaftaran gratis.

2.Ikuti EF SET dan selesaikan tes EF SET

3. Tunggu hasilnya.

Baca juga yuk:

Hasil EF Test Dewi:

EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

Bagian Mendengarkan
Komunikasi dasar tentang fakta dalam bahasa Inggris mudah dipahami. Interaksi pribadi yang praktis, pesan lisan, dan pengumuman mudah dipahami. Dapat memahami frasa dan kosakata frekuensi tertinggi yang terkait dengan area yang paling relevan secara pribadi (mis. Informasi pribadi dan keluarga yang sangat mendasar, belanja, area lokal, pekerjaan). Dapat menangkap poin utama dalam pesan dan pengumuman yang singkat, jelas, dan sederhana.

Bagian Membaca
Pada tingkat ini, mudah untuk memahami komunikasi dasar fakta dalam bahasa Inggris tertulis dan untuk memahami komunikasi tertulis yang singkat dan praktis, seperti surat dan memo tentang mata pelajaran sehari-hari. Dapat memahami kalimat dan ungkapan yang sering digunakan terkait dengan area yang paling relevan langsung (mis. Informasi pribadi dan keluarga yang sangat mendasar, belanja, geografi lokal, pekerjaan). Dapat membaca teks yang sangat pendek dan sederhana.
Dapat menemukan informasi spesifik yang dapat diprediksi dalam materi sehari-hari yang sederhana seperti iklan, prospektus, menu dan jadwal, serta dapat memahami surat pribadi yang singkat dan sederhana.

Wooow keren banget sih! ada hasilnya yang bikin deg-deg-an. Dari hasil begini kita jadi memahami kemampuan kita. Penting banget untuk mengasahnya, dengan mengikuti les secara daring.

Kalau begini, kan makin percaya nih untuk mengikuti les bahasa Inggris bersertifikat Internasional. Walau banyak tempat les bahasa inggris Jakarta, mau les bahasa inggris secara daring juga bisa disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/

Percayakan dengan sistem Belajar SMART ENGLISH™

EF SMART ENGLISH adalah sistem belajar yang memungkinkan kita untuk belajar bahasa Inggris yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang juga didukung dengan perangkat aplikasi belajar bahasa Inggris online.

Sistem ini merupakan siklus pembelajaran berisi sertifikasi “learn-try-apply” yang bertujuan untuk membantu para pelajar membangun dan memperkuat kepercayaan diri dalam komunikasi berbahasa Inggris.

LEARN

Platform ini untuk digunakan dan sangat membantu kita dapat belajar bahasa Inggris kapanpun dan di manapun kita berada. Belajar lebih mudah di EF Adults dengan:

  • Akses 24 Jam
  • Pembelajaran Interaktif Khusus
  • Perangkat Pembelajaran Online Antar Platform

TRY

Apa yang telah pelajari dalam bimbingan guru EF akan semakin mudah untuk dikuasai saat di fasilitasi dengan keterampilan dalam berkomunikasi melalui siklus pengetahuan. Ada 2 kelas yang akan mendukung kita berkembang optimal yaitu:

  • Kelas Face-to-face
  • Kelas Workshop

APPLY

Dengan mengikuti kelas Life Club™ dan komunitas bahasa yang mendunia, Kita dapat berkomunikasi lebih percaya diri dengan berbagai budaya multinasional. Dengan begini kita bisa menerapkan apa yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan kita.

Kalau sudah selesai kursus, Dewi mau cobain lagi ah EF SETnya, dijamin makin cas cis cus deh, hihihi….

Jangan katakan terlambat untuk belajar sesuatu. Semakin baik kemampuan berbahasa Inggris, pasti semakin membuka peluang di masa depan kita, baik di dunia kerja, sosialisasi, pendidikan dan juga mengajarkan anak-anak kita untuk mempelajari percakapan bahasa Inggris.

Ibu cerdas, mampu membuat anak menjadi lebih unggul di masa depannya.

Kepoin lebih banyak yuk belajar bahasa inggris online https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/learn/

les bahasa inggris

Nah, aku sudah daftar tinggal nunggu dihubung saja.

Beginilah langkah-langkahnya:

  1. Ketik :https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses
  2. Langsung pilih “Promo bulanan”
  3. Isi data diri, Mudahkan!

Ayo coba simak betapa menariknya belajar online di EF Adults:

Kalau ingin kepoin lebih banyak, bisa seluncuran langsung ke media sosial EF sebagai berikut:

Facebook: ef.englishfirst
Instagram: ef_englishfirst
Twitter: ef_englishfirst
Youtube: englishfirstID

Salam,

Dewi Adikara

Referensi:

https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/centers/
https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/why-ef/
https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/
https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/beginner/
https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/faq/payment-system/