Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

Assalamualaikum sahabat!

Sudah tinggal menghitung jam nih untuk merasakan Hari Raya Idul Fitri.

Saya ucapkan:

Mohon maaf lahir dan batin,

Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi para sahabat yang merayakannya.

Semoga kita kembali Fitrah dan selalu Istiqomah dengan perubahan baik yang telah kita capai, Amin….

Sahabat, apa saja sih yang sudah di persiapkan untuk menyambut lebaran?

Pasti kalian sudah pada menyiapkan, namun beberapa hal di bawah bisa jadi pengingat. Siapa tahu ada yang terlewat. Yuk di simak, siapa tahu ada hal yang ketinggalan. 

Baca juga: Siapa kira Youtuber eksis bekerja Go Clean?

1.Kerja bakti membereskan rumah.

Saat lebaran tiba, tak heran kita akan akan memiliki tamu yang datang berkunjung ke rumah. Bisa jadi mereka adalah tetangga, keluarga, sahabat dll. Pastikan kita sudah merapikan rumah agar mereka dapat merasa nyaman untuk bersilaturahmi dengan kita. Jangan sampai niat baik mereka yang berkunjung, menjadi terganggu hanya karena rumah berantakan bahkan kotor.

2. Menyiapkan Kue Kering

Kue merupakan salah satu bentuk sajian yang khas untuk menyambut tamu khususnya di hari Lebaran. Ada berbagai jenis kue. Tiga jajanan favorit saat lebaran bisa kalian buat sendiri di rumah atau beli di supermarket terdekat. 

kue

3. Menyiapkan bahan makanan

Selain menyiapkan Kue, kita juga perlu menyiapkan bahan makanan di kulkas bahkan di freser. Pada hari mendekati lebaran, penjual di pasar biasanya mulai berkurang karena beberapa dari mereka sudah mudik.

Tentu teman-teman tidak ingin kan saat mau buat opor ayam, eh pedagang ayamnya sudah enggak jualan. Ntar masakan lebaran jadi kuahnya opor doang dong, hiks….

Teman-teman, perlu memastikan ke pedagang yang terkait dengan menu utama kalian. Tanyakan kapan terakhir mereka berjualan, untuk kalian pesan untuk beli.  Kalau memang mereka libur lebih cepat, maka cari pedagang lainnya.

Kalau kalian memang tidak menemukan pedagang lain, coba beli dan taruh di freser, sehingga saat hari H untuk eksekusi masakan kalian sudah punya bahan mentah untuk melengkapi lebaranmu;) tapi ini tidak berlaku untuk sayuran ya, kan sayuran butuh yang masih segar.

4. Tentukan waktu Silaturahmi

Penting sekali loh merencanakan waktu pertemuan dengan orang yang mungkin sudah cukup lama tak berjumpa, dengan begini sebuah rencana akan menjadi kenyataan untuk bersilaturahmi.

Waktu pertemuan ini bisa di sesuaikan jauh-jauh hari, karena bulan Ramadhan dan Lebaran begitu banyak rencana pertemuan khususnya dengan keluarga jauh.

Jika teman-teman berencana untuk bertamu ke rumah teman atau saudara, pastikan mereka telah diberi tahu. Jangan sampai kamu ke rumah mereka, ternyata ia tidak ada di rumah. Gigit jari deh!

Dengan memberi tahu keberadaan kalian, ada kemungkinan juga kalian bisa berencana untuk jalan-jalan setelah itu.

5. Siapkan Angpao.

Untuk ulasan tentang Angpao bisa menjadi pilihan, kalau kalian ingin lebih jelasnya bisa melihat artikel yang pernah saya bahas beberapa waktu lalu,  disini Tradisi Lebaran: Apakah Angpao termasuk diantaranya?

6. Perangkat Mudik

Jangan lupa perangkat mudik mulai dari:

  • Baju, rok, celana, jilbab, peci
  • Baju pasangan, baju anak.
  • Pakaian dalam 
  • Perangkat mandi
  • Perangkat sholat
  • Minuman: air mineral, susu, minuman lainnya
  • Makanan: menu yang kalian bawa, snack, makanan si kecil
  • Suplemen dan vitamin
  • Charger, powerbank (penting nih jangan lupa powerbank-nya di cash dulu ya).
  • Jajanan atau oleh-oleh untuk kerabat
  • Amplop THR
  • Tiket mudik, KTP, SIM, Buku Nikah (biasanya berlaku untuk di hotel tertentu)
  • Jam tangan dan accecoris bila perlu.
  • Pampers (bila kalian masih punya bayi atau balita), kalau saya biasanya bawa ini secukupnya, sisanya beli di minimarket terdekat.

Keenam hal diatas sudah kalian persiapkan?

Apa lagi ya yang kurang? Silahkan berbagi di kolom komentar ya sahabat:)

Salam,

Dewi Adikara.