Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

Bagikan Artikel ini

Bagi sebagian orang, istilah video explainer mungkin masih terdengar asing, Tapi, sebagian besar dari kita pasti pernah melihat jenis konten video yang satu ini. Kita lihat yuk Manfaat Video Explainer Untuk Para Blogger. Sebuah ulasan menarik dari https://videos.id/video-explainer

Video explainer merupakan jenis video yang berdurasi singkat (baik dalam bentuk live-action maupun animasi) yang berfokus pada penjelasan tentang suatu konsep maupun ide. Penyampaian dalam video explainer dikenal sangat simpel dan mudah dipahami karena menggunakan visual dan bahasa yang lugas.

Oleh karena itu, banyak marketer yang memanfaatkan jenis video ini untuk fungsi pemasaran dan promosi. Tak hanya marketer saja, para blogger juga ternyata bisa memanfaatkan video explainer untuk tetap eksis di internet

Apa saja sih keuntungan atau manfaat video explainer bagi para blogger?

1. Menaikkan Peringkat di Mesin Pencarian Google

Jika kamu seorang blogger, membuat video explainer atau sekedar menyelamatkannya dalam blog akan membantumu untuk menempati halaman pertama di mesin pencarian Google.

Jika kamu berhasil menaikkan peringkat dan menduduki halaman pertama di mesin pencarian, itu berarti semakin banyak audiens yang akan menemukan blog mu dan mengkonsumsi kontenmu.

Hal yang perlu ingat disini adalah kamu perlu mengoptimalisasi video explainer yang kamu unggah di blog mu. Kamu bisa memberikan judul yang menarik dengan menempatkan kata kunci tertentu, menambahkan transkrip, dan membuat thumbnail yang relevan.

2. Menyampaikan Informasi Dengan Lebih Efektif

Video explainer dikenal karena kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan singkat, padat, dan jelas. Kamu bisa menambahkan animasi sebagai pendukung visual, dan musik latar serta pengisi suara sebagai elemen audio.

Kombinasi dari kedua elemen tersebut akan membantumu untuk merangkum informasi dan menyampaikan kepada para audiens atau pembaca dengan jauh lebih mudah dan pastinya juga jauh lebih menarik.

Tak hanya menguntungkan untuk memasukkan informasi penting dan mengemasnya menjadi penjelasan yang menarik, video explainer juga membantu para audience atau pembaca untuk lebih mudah memahami penjelasan-penjelasan tersebut.

3. Bisa Dibagikan dengan Mudah dan Cepat

Hanya dengan beberapa klik, kamu bisa membagikan video explainer dengan mudah — mulai dari media sosial hingga platform digital lainnya. Hal ini tentu saja membantumu untuk menyampaikan pesan atau informasi untuk orang yang lebih banyak dengan cara yang jauh lebih cepat dan mudah.

Karena video explainer pada umumnya berdurasi pendek, para audiens juga dapat dengan cepat menyerap informasi yang disampaikan dan membagikannya kepada teman atau followers mereka. Semakin banyak video explainer kamu dibagikan, maka akan semakin banyak peluangmu dan blogmu untuk tetap eksis di Internet.

Referensi foto:

https://unsplash.com/photos/n8Qb1ZAkK88