Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

Bagikan Artikel ini

Seperti biasa, dapur Dewi berbau Madura. Menu Masakan Madura: resep pepes udang dan pepes tongkol (serpang) kali ini menghiasi blog Dewi. Kebiasaan yang sering terjadi sebelum memasak di dapur, ambil gawai lalu chat Mama. Seorang ibu kebanggaan Dewi berasal dari Madura.

Walau sebenarnya Dewi sudah sering masak, tetap saja alasan menanyakan menu adalah salah satu cara untuk menyambung komunikasi sebagai bentuk rasa sayang dan perhatian pada seorang ibu yang sejak kecil begitu tanggap untuk urusan rumah tangga dan gizi anak-anaknya.

Maaf sahabat … pagi-pagi sudah bahas makanan ya, mungkin saja ada yang lagi ingin eksekusi tongkol atau udang yang udah nganggur di kulkas dengan mencoba resep yang satu ini untuk berbuka puasa….

Kali ini kita mengintip Resep pepes udang dan tongkol versi nasi serpang. Pada tahu enggak nasi serpang?

pepes udang pepes tongkol

Kalau mau lebih detail ada di postingan artikel Nasi Serpang Madura. Pada menu pepes serpang, berbeda dengan menu pepes sehari-hari yang biasanya Dewi jadikan menu andalan dan rahasia turun temurun.

Pepes Udang dan pepes tongkol (Serpang)

Udang dan tongkol akan dibuat sendiri-sendiri ya. Tidak dijadikan satu. Namun bumbunya bisa kita buat satu saja lalu dibagi ke dua bahan dasar ini. Menu yang satu ini andalan banget untuk sahur atau pun berbuka, selain menu puasa: Kare Kepiting jawara.

Hasil:

2 bungkus pepes udang
4 bungkus pepes tongkol
Tingkat kepedasan: sedang

Bahan-bahan:

Daun pisang (dibersihkan, dipotong sesuai selera banyaknya porsi).
Udang 2 ons
Tongkol 2 besek (total isi 4 ekor)

Bumbu Dapur:

Cabe besar 3 buah (buang bijinya)
Cabe kecil 2 buah
Bawang putih 5 butir
Kemiri 2
Terasi 2 sdt
Garam sesuai selera
Penyedap rasa secukupnya

Caranya:

Jika sahabat menggunakan blender, jangan lupa potong-potong kecil terlebih dahulu baru masukkan semua bumbu dapur beri air sedikit. Jika diulek manual, tetep dipotong kecil-kecil untuk memudahkan teman-teman untuk menghaluskan semua bumbu tersebut. Bedanya tanpa air, juga pada hasil akhirnya yang manual pastinya lebih kasar.

Bumbu sudah siap. Bagi bumbu sesuai jumlah bahan yang sudah dibagi. Kalau Dewi nih, biasanya untuk tongkol dibungkus per ekor tapi diambil dagingnya saja. Kalau untuk udang kepalanya saja yang dibuang. Kemudian 2 ons bisa di bagi 2. Bungkus dengan daun pisang yang sudah disiapkan. Sematkan lidi di kedua ujungnya. Lalu kukus sampai matang kurang lebih 20-30 menit.

Kalau sudah matang, biasanya bau wangi dari masakan ini langsung menemui indra penciuman kita.

Pepes udang dan tongkol versi serpang nih hasil akhirnya lebih kesat alias kering. Karena dalam nasi serpang ada berbagai menu endess lainnya. Sedangkan pepes yang untuk menu harian biasanya Dewi kasih sedikit air dan kocokan telur, karena dia bakalan sendiri berteman dengan nasi. Jadi rasanya perlu lebih digregetin lagi. Nah, teman-teman tinggal sesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari ya, suka yang garing atau yang sedikit basah.

Kalau masakan madura, umumnya jarang dengan gula dan cenderung dominan asin. Yuk ah makan eksekusi memasak untuk persiapan buka puasa nanti. Kalau mau menu lainnya ada kok di resep masakan sahabat blogger.

Salam menikmati,

Dewi Adikara.

*Tulisan ini dibuat untuk memenuhi keseruan challenge dari Pasukan Blogger Joeragan Artikel edisi Mei 2021, tema Resep Masakan. Semangat & happy Blogging teman-teman:)