Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

Salah satu makanan turun temurun yang diwariskan almarhum ibunda adalah Espot. Masakan Madura yang katanya nih berasal dari resep masakan Belanda. Hal yang bikin menggugah selera adalah menu ini memiliki ciri khas dengan susu.

Sama halnya dengan Kampanye Kesehatan Empat Sehat Lima Sempurna, yang dilakukan pemerintah  Indonesia sejak tahun 1955 untuk membuat masyarakat memahami pola makan yang benar dan sekarang ini sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat kita.

Sebelum masuk ke resep utama, yuk kita pahami dulu. Apa sih yang membuat susu itu sangat penting untuk menjadi pendamping hidup kita? ciee … pendamping euy! *gigit jari.

Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk-pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna adalah susu sebagai nutrisi tambahan untuk melengkapi gizi yang dibutuhkan manusia.

Susu adalah salah satu minuman dengan kandungan nutrisi yang banyak manfaatnya bagi tubuh, di mana manfaat terbesar dari mengkonsumsi susu adalah untuk kesehatan gigi dan tulang.

Saat ini susu tidak hanya disajikan dalam bentuk susu murni, tetapi ada yang telah melalui proses tertentu, di antaranya adalah kental manis dan susu evaporasi.

Banyak yang mengira bahwa susu evaporasi dan kental manis adalah jenis susu yang sama, padahal kedua berbeda. Aku jadi ingin buat resep dari Tiga Sapi Kental Manis.

Salah satu merk kental manis dan susu evaporasi yang saat ini diminati masyarakat adalah Kental Manis cap Tiga Sapi dan Susu Evaporasi cap Tiga Sapi karena rasanya yang nikmat dan harganya lebih terjangkau.

Tiga Sapi Kental Manis

Kreasi resep Tiga Sapi bisa dengan kental manis loh. Kental manis terbuat dari susu sapi perah yang telah dikurangi kadar airnya ditambah gula murni, melalui proses homogenisasi, dan diperkaya dengan vitamin-vitamin di antaranya Vitamin A, B1 dan D3 yang sangat baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Bahan-bahan Kental manis cap Tiga Sapi adalah sebagai berikut:

– Susu sapi segar

– Susu sapi bubuk skim

– Gula/Sukrosa

– Lemak nabati

– Gula susu/Laktosa

– Vitamin A, B1 dan D3 yang sangat baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh

– Bubuk coklat asli (untuk kental manis rasa coklat)

Beberapa manfaat dari Kental Manis cap tiga Sapi adalah:

– Memberi tambahan rasa gurih dan lezat saat dicampurkan pada minuman (kopi, teh, es campur, dll) atapun makanan (roti, kue, jajanan, puding, dll)

– Menjadi hidangan pendamping makanan seperti pisang bakar, salad buah, biskuit atau crackers

– Menjadi olesan roti tawar

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Kental Manis cap Tiga Sapi adalah:

– Terbuat dari susu sapi murni

– Rasanya yang nikmat

– Mengandung Vitamin, Gizi dan Protein

– Kemasan kaleng yang praktis

– Harganya terjangkau

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Susu evaporasi adalah susu yang kadar airnya telah berkurang sebanyak 60% setelah melalui proses pemanasan tanpa penambahan pemanis, di mana menjadikan teksturnya kental dan dengan tingkat konsentrasi yang tinggi sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

Manfaat Susu Evaporasi

Karena tidak adanya penambahan gula atau pemanis apa pun dan telah melalui proses pemanasan,  Susu Evaporasi cap Tiga Sapi ini tetap mempertahankan kandungan laktosa, mineral, lemak, kalsium, dan vitamin yang terkandung dalam, bahkan menambahkan beberapa nutrisi yang baik untuk antara lain protein, karbohidrat, natrium dan fosfor.

Warna susu evaporasi tidaklah terlalu putih seperti warna susu pada umumnya. Susu evaporasi berwarna agak kekuningan karena terbentuknya karamel saat proses pemanasan.

Susu evaporasi dipercaya lebih sehat dibandingkan kental manis, bahkan beberapa jenisnya termasuk yang rendah lemak, mempunyai kandungan zat gizi yang lebih baik daripada susu sapi segar.

Kelebihan dari Tiga Sapi Susu Evaporasi ini selain kandungan gizi yang lengkap di dalamnya, adalah tidak dikemas dalam kaleng melainkan dikemas dalam wadah Tetra Pak dengan tutup ulir, sehingga lebih memudahkan dalam penyimpanannya. Oh ya, Tiga Sapi Susu Evaporasi ini jadi susu evaporasi pertama yang disajikan dalam kemasan lho Indonesia karena tidak perlu memindahkan ke wadah lain. Harga Susu Evaporasi cap Tiga Sapi ini juga sangat terjangkau dengan kualitas yang terjamin.

Beberapa manfaat Susu Evaporasi cap Tiga Sapi adalah:

– Dapat digunakan sebagai alternatif pengganti santan tanpa khawatir akan naiknya kadar kolesterol, misalnya untuk membuat sayur lodeh, opor, dan makanan bersantan lainnya

– Bisa juga dicampurkan ke dalam masakan untuk menambahkan rasa creamy seperti pada masakan kentang tumbuk (mashed potato), oatmeal, sup, bahkan saus

– Dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan kue atau makanan penutup

– Susu ini bisa juga dikonsumsi langsung atau dicampurkan dalam teh, kopi, atau sereal

Naaahhh, setelah menyimak beberapa manfaat dan kelebihan dari Susu cap Tiga Sapi, ada info penting dan wajib untuk diketahui.

Susu cap Tiga Sapi akan mengadakan Challenge Cerita Tiga Sapi di mana periode kompetisinya dari tanggal 9 September 2022 sampai dengan tanggal 30 September 2022.

Hasil foto bisa diupload dan dikirim ke Official Instagram Tiga Sapi dengan memberikan hashtag #ceritatigasapi dengan ketentuan yang lebih lengkap di akhir artikel. Jangan lupa juga like fanpage Facebook Tiga Sapi.

Aku pun mau ikutan Kreasi resep Tiga Sapi. Yuk disimak Resep endes yang satu ini.

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Resep Espot Madura ala Tiga Sapi

Nah, udah engga sabar kan mau buat resep Espot Madura? Kalau kata iparku nih, resep ini mirip sayur sop. Jadi dia sering makannya dengan nasi. Kalau aslinya sih, makannya tanpa nasi:) Yuk ah, mulai Kreasi resep Tiga Sapi. Resep kali ini pastinya dengan Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis.

Tiga Sapi Kental Manis

Bahan:

200gr daging lulur dalam

2 batang seledri

1kg kentang (dikupas dan dipotong kecil seukuran 3 cm x3 cm)

200 gr wortel (dikupas dan dipotong bagi 2 tipis-tipis)

Haluskan bumbu dasar:

6 butir bawang putih

5 butir bawang merah

1 sdt lada

2 sdt garam

1 sdt penyedap rasa

Cara:

  1. Rebus daging dengan presto. Bisa juga dengan panci biasa, namun lakukan hingg daging empuk.
  2. Matikan kompor. Masukkan potongan kentang. Rebus kembali hingga kentang empuk. Angkat 1/3 kentang, ulek agar menjadi hancur. Cara ini agar ada sensasi kentang yang hancur, dan membuat kuah menjadi lebih kental.
  3. Potong-potong seperti dadu daging yang sudah empuk.
  4. Masukkan 1/2 botol atau 250 gr Tiga Sapi Susu Evaporasi. Hemmm.. nyummy, pasti jadi lebih gurih nikmat.
  5. Masukkan juga 3 sdm Tiga Sapi Kental Manis.
  6. Masukkan potongan wortel dan seledri.
  7. Masukkan semua bahan yang sudah dihaluskan.
  8. Rebus hingga asat dan semua bahan menjadi empuk.
Challenge Cerita Tiga Sapi

Cukup mudah bukan? Rasanya sedap dan gurih. Coba buat di rumah yuk dengan ikut Challenge Cerita Tiga Sapi periode 9 September 2022 sampai dengan 30 September 2022.

Caranya:

  • Follow dulu yuk akun @lezatnyatigasapi dan like fanpage Facebook Tiga Sapi.
  • Kemudian upload testimoni dagangan atau kreasi makanan kalian, yang menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis ataupun Tiga Sapi Susu Evaporasi.
  • Jangan lupa Tag @lezatnyatigasapi dan juga 3 orang temanmu. Akun medsosmu tidak di private ya, sehingga bisa tim juri bisa lihat postingan kalian.
  • Lalu yang terakhir, beri hastag #ceritatigasapi

Hadiahnya nih:

  • Untuk 5 Pemenang yang beruntung akan mendapatkan saldo OVO/Gopay dengan total Rp.5.000.000. Juga akan mendapatkan paket spesial dari Tiga Sapi.

Selain masakan lebih enak, Harga lebih Hemat dan Isi lebih banyak dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi.

Harga Tiga Sapi Susu Evaporasi kemasan 500gr hanya Rp.15.000 sedangkan harga Tiga Sapi Kental Manis kemasan 490gr hanya Rp.12.000. Apalagi cara penyimpanannya mudah, jadi lebih praktis dan ekonomis.

Kreasikan masakanmu menjadi lebih sehat dengan Kreasi resep Tiga Sapi:)

Salam,

Dewi Adikara