Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

Bagikan Artikel ini

SEO Moms Community sharing session kembali di buka tepat di hari Kartini yang kebetulan juga tahun ini memiliki angka cantik 21.04.21. Persiapan kami para admin hanya beberapa hari saja. Keseruan di WAG Admin begitu terkoordinir walau kita para Moms ada saja kegiatannya di dunia nyata. Ya, Kami MOMS. Kami punya prioritas, bahwa keluarga adalah yang utama.

Bahagianya kami, bahwa saat belajar SEO di sini kami benar-benar merasakan kenyamanan. Kami bisa menyesuaikan waktu sebagai Moms untuk tetap belajar dan mampu berkompetisi.

SEO MOMS COMMUNITY

SEO Moms Community (SMC) adalah sebuah komunitas perempuan baik moms dan calon moms dalam belajar basic SEO. SMC dibentuk oleh BangQ sebagai Founder, serta mbak Sari selaku Co-Founder. Komunitas ini adalah sebuah persembahan untuk almarhumah ibunda dari BangQ, yang telah meninggalkan dunia ini di tahun 2019. Qbenk, adalah nama populer yang beredar selain nama BangQ di media sosialnya.

Di tahun 2021 SMC mulai dibagi perwilayah. Dimana kami para koordinator memiliki peran dan hak penuh atas berkembangnya SMC di wilayah masing-masing. Alhamdulillah, kami selalu berusaha menjaga amanah untuk memberikan yang terbaik SMC. Tak hanya sebagai forum belajar, namun kami berharap para member akan semakin terbuka dalam mengelola blog bahkan mendatangkan rezeki baru dengan mempelajari SEO ini.

Sebelumnya saya sebagai koordinator area Madura, namun untuk efektivitas jumlah peserta akhirnya bersatu dalam wilayah Jawa Timur. Saya bersama dengan mbak Rahmah Chemist menjadi koordinator wilayah Jawa Timur.

Area lainnya ada mbak Wiwin Pratiwangini sebagai koordinator wilayah Yogya-Jateng. Ada mbak Arda Sitepu sebagai koordinator wilayah Sumatera. Ada mbak Rizky Masdila koordinator wilayah Bali Nusra. Ada mbak Mugniar koordinator wilayah Sulawesi, dan juga mbak Lidya Fitrian koordinator wilayah kota lainnya atau disebut dengan SEO Moms basic 4. Sayangnya selepas pembentukan wilayah, co Founder mengundurkan diri, namun ia meyakinkan bahwa akan terus mendukung keberadaan SEO Moms Community.

SEO MOMS COMMUNITY

Temu Online pada Hari Kartini

Pada pertemuan ini, alhamdulillah berjalan dengan lancar. Dipimpin oleh moderator cantik, mbak Arda Sitepu. Lebih dari 50 Moms begitu antusias untuk belajar bersama dan aktif dalam camera. Kami pun menghadirkan beberapa member yang ikut open mic untuk menceritakan pengalamannya selama di SMC. Tak hanya itu, sharing session dari para member juga menghiasi bagaimana pengalaman seru dalam mengikuti kontes SEO.

Tak hanya open mic dari para member, kita pun buka sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan dijawab langsung oleh Founder SMC, dan ada kesempatan pula untuk mengajukan pertanyaan kepada member yang menceritakan pengalamannya tadi. Saya kasih bocoran salah satu pertanyaan ya:

Optimasi web untuk lomba SEO atau optimasi keyword ini kayak gimana sih yang aman? Mulai dari penulisan artikel sampai dukungan dari luar blog? – salah satu pertanyaan yang diajukan mbak Husnul Khotimah.

Nah, yang tadi sudah ikutan GMeet udah menyimak jawabannya kan?

Pertanyaan dari mbak Molly, mbak Yanti, mbak Tri (pohon tomat), mbak Annisa, mbak Dian, mbak Helena, mbak Arina, mbak Sari Efendy, mbak Mechta alhamdulillah terjawab dengan sangat jelas oleh BangQ.

Kami para Moms menjadi lebih mudah memahami SEO, padahal dulunya praktik ini identik dengan laki-laki. Ternyata kita bisa ya. Bermula dari kutipan BangQ tentang SEO sehingga membuat kami para Moms mulai menyukai mempelajarinya.

“SEO itu logika dan mudah dipahami, jika kau anggap sulit, sampai kapanpun tidak akan pernah bisa kau kuasai”

Qbenk (M Sahlan)

Betul sekali apa yang disampaikan BangQ. Itulah yang membuat kita jadi begitu antusias untuk belajar dan juga mengajukan pertanyaan. Jadwal yang semua hanya sampai pukul 21.00 menjadi terulur hingga pukul 21.30. Pada materi SEO bangQ kita diajarkan dasar SEO dan juga cara berkompetisi secara sehat di dunia SEO.

Penerapan Ilmu SEO

Alhamdulillah, saya yang sebelumnya belajar blogging dan SEO secara otodidak di tahun 2017 mendapatkan hasil dengan bertemu beberapa klien yang menemukan langsung blog Dewi di google. Di tahun 2020, saya pun semakin mengenal SMC, pembelajaran tentang SEO meningkat drastis saat mulai dibimbing secara perlahan.

Pada akhirnya pun bersyukur banget. Dengan menerapkan ilmu tersebut saya mendapatkan beberapa klien, meningkatkan profesional dalam menulis sesuai praktek SEO dan keberadaan postingan klien di sahabatblogger mencapai di page 1 google. MasyaAllah!

Pada pertemuan kita secara daring, selain kita mendapatkan ilmu dari sharing session, alhamdulillah kamipun membagikan buku yang saya PJ-kan. Sesuai dengan tema bulan ini Kartini. Semangat juang mereka bagai Kartini, ada yang sambil menggendong anak, ada yang sambil temani anak, bahkan saya pun pada detik-detik terakhir ada panggilan dari si bungsu.

Benar-benar mencerminkan semangat belajar dan berjuang deh para Moms di era digital. Gambaran mereka tergambarkan pada buku Kartini Zaman Now.

Buku itu adalah “Kartini Zaman Now” dimana berisi kisah-kisah inspiratif dari para Kartini di era digital khususnya saat terjadi pandemic di tahun 2020. Mereka tidak hanya membuat kisah inspiratif namun juga memiliki quotes yang menjadi penyemangat untuk para pembacanya.

Bagaimana pun sebuah pengalaman sangatlah berharga. Kita bisa mempelajri berbagai pengalaman orang lain dan mengambil hikmah-hikmah dalam menentukan sikap untuk menjadi pribadi yang lebih baik. tak hanya tentang membaca, dalam membentuk lingkaran pun harus demikian. Ciptakanlah aura-aura positif dalam lingkungan sahabat.

Sama halnya dengan belajar SEO. Tidak hanya satu dua orang yang belajar SEO. Lantas apa mereka menjadi sombong karena merasa lebih pintar? No, jangan demikian ya.

Walaupun kita mampu belajar SEO dalam SMC, namun kita tetap ingat ya sahabat:

“Jangan pernah membandingkan teknik SEO antara satu orang dengan yang lainnya. Karena semua dimulai dari praktek diri sendiri”

Dewi Adikara (Melani Pryta Dewi).

Nantikan buku Dewi Adikara,dkk yang akan mengulas lebih dalam tentang “Rahasia SEO Moms”. Buku ini sudah dalam proses penerbit Rumedia. Jika sahabat ingin pesan dari sekarang boleh kok hubungi saya di email atau WA:)

Salam,

Dewi Adikara.