Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

Bagikan Artikel ini

Pengetahuan sifatnya seumur hidup. Seorang anak ataupun dewasa tidak hanya membutuhkan pendidikan melalui sekolah. Lingkungan sekitar, pengalaman sangat berpengaruh pada perkembangan tumbuh kembang seseorang. Storytel benar-benar membantu Dewi untuk membuat anak-anak makin suka membaca dan menambah wawasan mereka dengan cara yang menyenangkan.

Apakah itu Storytel?

Storytel adalah platform audiobooks. Makna “audio” dari laman kbbi adalah bersifat dapat didengar. Saat Dewi download di gawai melalui playstore, lalu mencobanya serasa begitu menakjubkan. Baca Buku Online, namun berbeda sensasinya. Perubahan zaman perlu kita ikuti agar bisa menjadi pribadi yang memahami lingkungan sekitar kita. Selain mengikuti, kita pun harus cerdas memilih dan menyaring segala informasi yang akurat.

Informasi dan pengetahuan yang bersifat hoak cukup dapat meresahkan. Jika kita sudah mampu belajar memahami hoak atau tidak, apakah orang-orang sekitar kita sudah mampu membedakannya? Apalagi generasi z, termasuk anak kita dan teman-temannya sudah terbiasa menggunakan gawai sendiri.

Oleh karena itu, penting sekali kita mengarahkan aplikasi apa yang berada dalam gawai mereka. Salah satu platform yang mampu memperkaya bacaan kita adalah Storytel. Platform ini sangat bermanfaat untuk menambah aktifitas positif dalam membaca dan menambah pengetahuan.

Storytel memiliki pilihan bahasa yang bisa membuat nyaman penggunanya. Selain itu ada berbagai macam jenis buku. Tak hanya kita dapat membacanya, kita pun bisa mengikuti cerita di dalam buku dengan cara mendengarkan. Pengisi suara di setiap buku tertera namanya, jadi kalian pun bisa memilih dan menggemari cerita, penulis bahkan pengisi suaranya. Kalau Dewi nih pingin banget dengerin Harry Potter Audiobook, bagaimana kira-kira suaranya ya.

Selama perubahan pendidikan menjadi daring, secara tidak langsung banyak dampak yang kita rasakan. Positifnya kita memiliiki banyak kesempatan untuk semakin dekat dengan anak. Khususnya nih saat belajar daring bersama. Mungkin kita butuh tenaga dan kesiapan mental lebih matang untuk memulai semua aktivitas ini, yang mau tidak mau menambah waktu kita untuk mengajar mereka.

Salah satu contoh yang Dewi temukan pada buku paket si sulung bernama Aura, adalah sebuah cerita tentang “Sura dan Baya.” Dalam proses belajarnya Aura saya minta untuk membaca cerita ini dengan teknik “read a load‘ hingga selesai.

membaca

Seru? Ya, seru. Namun semua menjadi lebih seru lagi saat Dewi dan Aura menemukan adanya cerita ini di dalam storytel.

Kita mulai mencobanya. Ternyata selain membaca langsung, kita bisa menggunakan audio sebagai penunjang. Dari Srotytel kita makin kaya wawasan dan semakin membuat anak-anak tertarik untuk melihat, membaca dan mendengar cerita-cerita lainnya.

Artikel Dewi setelah Launching Buku: Buku Rahasia SEO Moms jadi mini gold

storytel
Saat kami menemukan cerita fabel “Sura dan Baya” seru banget loh!
sumber foto: dokumen pribadi

Dari narasi dan cerita kami semakin paham bagaimana saat Sura dan Baya berkelahi memperebutkan daerah kekuasaannya. Bagaimana mereka mempunyai pendapat masing-masing bahkan diakhir cerita pada akhirnya Sura bersedia pergi atas kekalahannya. Kisah Sura dan Baya ini yang menjadi cerita legendaris asal muasal kota Surabaya.

Baca artikel menarik lainnya: Cara menulis antologi versi Dewi Adikara

Dari narasi audio menambah wawasan dan pengetahuan jadi Menyenangkan

Narasi secara Audio membuat kita semakin mudah mendapatkan hiburan dari bacaan yang kita sukai, sambil melakukan aktivitas santai lainnya. Misalnya dengan perjalanan bersama keluarga, atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Kita juga bisa mencari buku-buku motivasi yang pastinya bisa membuat kita makin semangat menjalani keseharian. Dengan narasi audiobook kita jadi bisa mengurangi penggunaan gawai, karena tanpa melihat kita bisa menikmati cerita yang kita pilih. Apalagi aktivitas ini bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun.

Mengenal Cerita dan menambah wacana Literasi

Membaca buku sambil mendengarkan narasinya sekarang sedang populer. Selain kita bisa mengerjakannya dengan santai, juga memiliki beberapa manfaat dalam membaca buku dengan Audiobook. Menurut Deni Adilla Safitri pada laman online majalahsunday ada lima manfaat membaca buku dengan audiobook:

Menambah kemampuan konsentrasi

Seperti yang kita ketahui membaca membutuhkan fokus dan konsentrasi, sama halnya dengan mendengarkan. Audiobook juga membutuhkan fokus yang tinggi, sehingga kita mampu memahami isi buku yang terungkap secara narasi oleh penyuara. Dengan mendengarkan audiobook pastinya akan mengasah kemampuan kita dalam menyimak dan dapat meningkatkan fokus dan perhatian.

Membantu pelafalan kata (pronunciation)

Membaca melalui platform audiobook adalah salah satu cara yang tepat dalam membantu melafalkan suatu kata, terutama saat kita mempelajari bahasa baru. Kita bisa memerhatikan secara seksama bagaimana cara bicara, kecepatan membaca yang baik, serta intonasi dari narator. Dari situ dapat membantu kita dan anak-anak dalam mempelajari dan menguasai kefasihan bahasa.

Meningkatkan kemampuan mengingat

Dengan mendengarkan audiobook, kita akan mengasah kemampuan berpikir. Dimana isi ceritanya bisa saja tentang setting cerita, nama tokoh, nama tempat, serta jalan ceritanya. Tidak hanya itu, kita pun akan mengasah kemampuan mengingat dalam percakapan narasi berkaitan dengan pemecahan konflik dalam cerita, dan lain lain. Dengan demikian kemampuan kita dalam mengingat menjadi terbiasa dan dapat bermanfaat dalam daya ingat kehidupan kita sehari-hari.

Membantu berpikir kritis dan meningkatkan kemampuan pemahaman

Saat mendengar audiobook, akan ada banyak informasi yang masuk dalam otak kita secara bersamaan. Sehingga membuat kita menganalisis apa yang kita dengar. Kemudian membuat penilaian berdasarkan analisis tersebut. Dari hal ini mampu meningkatkan kemampuan kita dalam berpikir kritis.

Meningkatkan kesehatan mental

Salah satu cara mengurangi kejenuhan adalah dengan membaca. Dengan membaca dan memahami isi cerita dari cerita yang kita sukai akan meningkatkan kesenangan kita. Uniknya, Audiobook ini memberi warna baru dengan suara narasi yang membantu kita semakin memahami dan memudahkan pemahaman kita pada beberapa dialog dan intonasi di dalamnya. Dengan menyenangkan pikiran dan hati membuat kita menjadi lebih tenang, sehingga secara tidak langsung kita menjaga kesehatan mental. Hal lain yang perlu kalian ketahui nih, dengan mendengarkan audiobook sebelum tidur, bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Kalian yang mengalami insomnia, bisa nih mencoba:)

Dalam Storytel, berbagai macam cerita anak bahkan buku-buku dewasa pun tersedia. Dewi penasaran dan juga mencoba dengarkan kisah-kisah menarik yang bisa Dewi nikmati juga. Berikut beberapa contohnya:

Sahabat mau baca dan dengar buku cerita siapa? Audiobook Indonesia Storytel pastinya lengkap.

Fitur-Fitur yang ada di Storytel

Semakin menjelajah di Platform Storytel Audiobooks Dewi semakin jatuh cinta. Bagaimana tidak? Lengkap banget dari kategori buku, dan juga mencatat dengan rapi apa saja buku yang telah Dewi baca. Ada rekomendasi bacaan dari teman, yang bisa bikin baper nih seperti cerita yang sempat trending di tahun Millenial yakni “Dilan”. Selain itu masih ada buku menarik lainnya seperti buku berjudul “Selamat Tinggal”, dan juga buku cerita berjudul “Negeri Lima Menara”.

Kita bedah dulu, fitur-fitur yang ada di Storytel satu-satu yuk!

1. Fitur Profil

Pada Fitur ini kita bisa mencari lebih banyak pengaturan dari platform. Mulai dari info email yang terdaftar, pilihan bahasa, pengaturan tampilan audiobook dan Ebook, buku yang telah kita download, bahkan kita bisa mengatur mode anak, jika memang kita instal platform ini pada hp anak kita.

Pada menu Profil, sahabat juga bisa melihat statistik dari bacaan yang telah kita lihat. Sehingga jika platform ini memang ditujukan pada anak, kita bisa memantau apa yang diminati oleh anak untuk bacaan yang mereka sukai. Bisa jadi mereka mulai menyukai salah satu Novel Fiksi yang ada di storytel.

2. Fitur Rak Buku

Pada Rak Buku, kita bisa menyimpan beberapa Buku yang ingin kita baca. Dari buku Best Seller, atau pun buku-buku yang menurut sahabat cukup ringan untuk menjadi teman penyemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Biasanya buku yang sudah kita dengarkan sampai akhir akan berubah menjadi ada tanda checklistnya.

Pada fitur ini, kita akan menemukan berbagai macam Kategori. Yang Dewi scroll nih begitu banyak Rekomendasi Buku yang terdiri dari berbagai kategori, yaitu:

  • Romance
  • Personal Development
  • Fiction
  • Young Adult
  • E-Book
  • Upcoming Books
  • Classics
  • Kids
  • Crime & Thriller
  • Biography
  • Religion & Spirituality
  • Non Fiction
  • Fantasy & Science Fiction
  • History
  • Poetry & Short Stories
  • Business & Economy
  • Pop Culture
  • Series
  • Podcast
  • Languange ( Pada bagian ini nih, Dewi jadi makin semangat untuk belajar berbagai bahasa negara lain:)

Wah banyak banget ya, rasanya sudah enggak ada alasan lagi deh kalian bingung mau ngabisin waktu dengan hal yang bermanfaat. Kan, sudah ada storytel. Semua ada disini. Enggak bakal deh kalian kehilangan waktu dengan mengerjakan kegiatan yang enggak jelas … hihihi….

4. Fitur Beranda

Jika sahabat masih bingung mencari mana yang akan menjadi favorit kalian untuk menjadi bacaan dan didengarkan. Kalian bisa ke menu fitur Beranda.

Dari Beranda, sahabat juga akan menentukan rekomendasi Audiobook yang bisa kalian download. Coba deh cek deh Beranda kalian bisa jadi menemukan buku menarik seperti: Game of Thrones, buku “Sapiens,” juga bagi kalian pecinta game bisa menemukan buku “Hunger Games”, Audiobook “Mariposa”, Audiobook “Divortiare”, dan lain-lain.

5. Notifikasi

Pada bagian ini, sahabat akan menemukan berbagai notif yang pastinya seperti temen kamu nih yang selalu setia mengingatkan apa saja yang bisa kalian lakukan di platform storytel. Coba tengok di bagian atas sebelah kanan dengan lambang ‘lonceng’.

Hem, begitu menarik bukan? Yuk langsung download mumpung masih harga promo hanya Rp.39.000,-

Aplikasi Storytel untuk iOS

Aplikasi Storytel untuk Android

Referensi:

Platform Storytel berdasarkan pengalaman pribadi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/audio

https://majalahsunday.com/5 manfaat membaca buku dengan audiobook