Sahabat Blogger

“Mari saling berbagi kebaikan”

Selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pengingat diri

“Mbak Dew, selamat ya!’ berkali-kali aku dapat ucapan ini, setelah saya memposting salah satu foto dengan frame wisuda STT BAndung XVI di bulan Desember 2021. Heem, rasanya hati ini seperti sedang diuji. Bagaimana tidak, bulan ini juga saya harus menjalankan wisuda tanpa kehadiran suami. Bukan sekadar suami mendampingi saya berwisuda, namun harapannya suami saya pun juga berwisuda dengan saya *begitulah impian yang alm sebutkan 14 hari sebelum kepergiannya.

Acara Wisuda STT Bandung dibuka oleh sambutan dari Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom, M.T. yang menyampaikan beberapa laporan terkait perkembangan STT Bandung, baik di bidang inovasi, prestasi, dan kerjasama dengan institusi dalam maupun luar negeri.

Baca artikel menarik: Deposito dapat Emas? Double untungnya

Acara Wisuda ini dihadiri oleh:

  • Dr. Dadang Hermawan (Yayasan)
  • Prof. Dr. I Made Bandem, MA (Yayasan)
  • Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si., Ak (Yayasan)
  • Drs. Satia Dharma (Yayasan)
  • I Made Marlowe Makarawaja Bandem, B. Bus (Yayasan)
  • Perwakilan PT. Len Industri
  • Perwakilan PT. Jamkrindo
  • Perwakilan PT. Telkom Indonesia
  • PT. Kinenta Indonesia
  • Perwakilan LLDIKTI Wilayah IV

Wisuda yang diadakan secara Hybrid ini, membuat saya kembali merasakan debaran-debaran rasa saat menanti kelulusan dan pada akhirnya menggunakan seragam toga bersama teman-teman. Perasaan haru itu pastinya hinggap di hati para wisudawan STT Bandung hari Minggu, di tanggal 5 Desember 2021.

Wisuda Hybrid ini adalah kombinasi kehadiran wisudawan secara luring dan juga daring via Zoom. Alhamdulillah, saya berkesempatan meliput secara online. Terdengar dari MC acara yang telah mengingatkan berkali-kali bagi  wisuda luring memakai masker, menjaga jarak, dan juga mengenakan sarung tangan. Wajar dimasa pandemi seperti ini “Prokes” yang berjalan cukup ketat untuk menjaga sesama masyarakat.

STT Bandung kali ini melakukan wisuda pada 297 orang bertempat di InterContinental Hotel & Resort Dago Pakar, Bandung. Wisudawan ini terdiri dari Program Studi Teknik Industri sebanyak 130 orang, Teknik Informatika sebanyak 103 orang dan Desain Komunikasi Visual sebanyak 64 orang.

Wisudawan Terbaik pada Wisuda VXI STT Bandung diraih oleh:

  • Teknik Industri: Yuniar Dita Anggraeni, S.T.
  • Teknik Informatika: Kevin Christianto, S.Kom.
  • DKV: Annisa Mawardini, S.Ds.

Nah enggak hanya wisudawan terbaik, namun untuk skripsi terbaik juga diberi apresisi loh pada Wisuda Angkatan XVI:

Siapakah mereka?

  • Teknik Industri oleh Regita Ernawati, S.T., Sandi Riyanto, S.T., Egi Septian Yuli Prasetyo, S.T.
  • Teknik Informatika oleh Marha Shabilla Gumilang, S.Kom, Syahidan Arrizaldy Sidik, S.Kom, Ihsan Nurhakim Asiz, S.kom
  • DKV oleh Andini Yudhistyaningrum, S.Ds, Gusty Wijaya, S.Ds, Septian Riyadus Solihi, S.Ds

Sementara, Penghargaan Pemenang Innovation Challenge Day 2021: SKUT Bandung, VABUS BOT APPS dan LAUNDRYKU. Tidak hanya itu sahabat, Favorit  Innovation Challenge Day 2021 jatuh pada: Albi Mudakar Nasyah, Rudianto, Reza Herdiansyah, Firlie Muhamad Ghifar, dan Muhammad Dila yang mengusung judul Aidertech.

Memang tidak diragukan STT Bandung menciptakan pribadi-pibadi tangguh dan berprestasi. Tidak hanya mahasiswanya, dosennya pun ikut andil dalam berkembangan STT Bandung ini.

STT Bandung mendukung 170 dosennya untuk senantiasa meningkatkan kompetensi. Sekitar 10 dosen yang akan maju menempuh pendidikan doktoral di dalam dan luar negeri melalui beasiswa LPDP dan berbagai beasiswa lainnya dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ristek.

Prestasi kampus STT Bandung seperti misalnya adalah mereka membuat program 1000 vaksin bersama TNI Kodam Siliwangi. Program ini dalam rangka memutus rantai pandemi Covid-19 dan turut serta Program Vaksin Nasional yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum.
Untuk contoh-contoh prestasi lainnya dari STT Bandung berupa workshop, diskusi, dan seminar yang semuanya diselenggarakan secara daring.

Baca juga yuk:

Heeemm, Hal-hal membanggakan lainnya apa lagi ya?

STT Bandung mendapatkan hibah peralatan Teknologi Informasi, nilainya pun enggak nain-main. Yakni senilai Rp 1.5 milyar untuk semua program studi, yangdi dapatkan dari KemenDikBud sebagai apresiasi Program Kompetisi Kampus Merdeka.
STT Bandung memperoleh bantuan dana CSR senilai Rp 162 juta rupiah dari PT. PLN berupa dana pendidikan mahasiswa dan bantuan fasilitas laboratorium. Program studi dari Teknik dan Desain di STT Bandung juga makin mendapatkan sambutan positif dan rekan-rekan, baik tingkat Nasional bahkan tingkat Internasional seperti Singapura dan Jepang.

Acara Wisuda dan kelulusan di 5 Desember 2021

Terlihat wajah-wajah yang tetap senang dan begitu ceria pada acara wisuda kali ini, Walaupun beberapa dari mereka berwisuda menggunakan gawai/tab.

Setelah lulus, mereka dibekali Sertifikasi Internasional agar mampu bersaing dalam memperoleh pekerjaan. Tidak hanya itu, STT Bandung memberikan layanan bimbingan Karir atau disebut Unit Career Development

STT Bandung juga telah tergabung dalam  Indonesia Career Center  Network (ICCN). ICCN ini merupakan sebuah wadah atau sarana berbagi pengetahuan, pengalaman, konsultasi, dan pengelolaan pusat karir perguruan tinggi. ICCN dapat meningkatkan peran layanan profesionalisme di masing-masing perguruan tinggi. STT Bandung juga bekerja sama dengan perguruan tinggi lainnya seperti, ITB, IPB, UI, ITS, Binus University untuk mewujudkan peningkatan karir para mahasiswa dan alumni masing-masing perguruan tinggi tersebut. Selain itu, STT Bandung juga bekerja sama dengan 108 BUMN dan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi.

Bersaing di Zaman Revolusi Industri 4.0

            STT Bandung cukup serius dalam kontestasi inovasi bisnis di Era Revolusi Industri 4.0. Buktinya, STT Bandung telah membentuk Lembaga baru yaitu, Pusat Inovasi Bisnis dan Ekonomi Kreatif (P-IBEK). Lembaga P-IBEK ini fokus pada pengembangan inovasi dan inkubasi bisnis bagi mahasiswa dan alumni yang memiliki passion untuk membangun usaha pada berbagai bidang.

Saat ini terdapat berbagai produk inovasi yang sedang dalam tahap prototyping, yaitu: Argumented Reality Tecnology for Education (ARHENA), Transplater Padi Prototype 3, Smart Water  System, Game Board Hotania, Pengupas Kulit Cherry Kopi (Cascara).

Dalam waktu dekat terkhir, P-IBEK mengadakan kompetisi Innovation Challenge Day (ICD) 2021 dengan tema “Inovasi untuk Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi”.

Dari kegiatan tersebut, menghasilkan 10 besar pemenang yaitu, Oversize-Swa Design Tecnology, Aplikasi Pasar Pengepul (Papul), Aplikasi Skut Bandung, Vabuss Bot Apps, Aplikasi Panen Tani, Aquaponic Portable, Laundryku, Aiidertech, Aplikasi Siap Tani, dan Aplikasi Valoka. Dengan terwujudnya berbagai produk inovasi ini, diharapkan mampu mengurai dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

Nah, sahabat tunggu apa lagi. Jika ada rekan atau kerabat yang bingung mau masuk kuliah mana, rasanya STT Bandung pilihan yang patut dipertimbangkan.

Salam,

Dewi Adikara

#WisudaXVI

#ErickThohir

#STTBandung

#2022GoesToUniversity

#KampusMerdeka

#CampusofFutureLeader ⁣

#CampusofTechnology⁣

#CampusofCreativity ⁣

#CampusofDesign

#⁣CampusofInnovation